Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UNITAS Palembang (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Tamansiswa Palembang. Apa kabar sobat skul, pada artikel kali ini bahasan kami akan berbeda dari sebelumnya dimana biasanya kami banyak mengulas terkait soal dan pembahasan ujian masuk perguruan tinggi hingga soal dan pembahasan UNBK. Nah kali ini kami akan mengulik mengenai daftar fakultas dan jurusan di semua universitas di Indonesia. Universitas yang akan kita cari tahu informasinya adalah merupakan salah satu universitas yang ada di Sumatera Selatan  tepatnya di Kota Palembang yaitu Universitas Tamansiswa Palembang. Langsung saja simak pembahasannya.

daftar fakultas dan jurusan di unitas palembang

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas tentang list fakultas dan program studi di Universitas Taman Siswa yang ada di Kota Palembang ini, akan kami bawa kalian untuk sedikit mengenal apa itu arti dari fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

Pengertian di KBBI mengartikan bahwa jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". dari penjelasan yang telah disebutkan diatas dapat diartikan juga bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Teknologi Hasil Pertanian, Ekonomi Syariah, Ilmu Politik dsb.

2. Fakultas

Pengertian di KBBI mengartikan bahwa fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". dari penjelasan yang telah disebutkan diatas dapat diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat Program Studi seperti Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Elektronika dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNIKA St. Thomas, ITM Medan, UNMER Madiun) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Administrasi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Dokter, Ilmu Biomedik, Profesi Dokter).

Sekilas Tentang UNITAS Palembang

Provinsi Sumatera Selatan ialah salah satu provinsi sektor pendidikan yang cukup tersohor yang tak kalah dengan provinsi lainnya seperti Riau, Lampung, Gorontalo dll. Ada banyak perguruan tinggi hits di Sumsel, salah satunya adalah UNABARA, POLSRI Sriwijaya, UNISTI dll. Akan tetapi bukan kampus itu saja yang sering menjadi rebutan untuk para pejuang kampus di Sumsel, ada juga kampus lain yang tak kalah favorit dari sebelumnya, salah satunya yaitu Universitas Tamansiswa Palembang atau lebih akrab disebut dengan singkatan UNITAS Palembang.

UNITAS Palembang adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkenal yang ada di Indonesia. Kampus ini beralamatkan di Jl. Taman Siswa No.261, Kepandean Baru, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Adanya Universitas Tamansiswa cabang palembang ini tak lepas dari sosok pelopor pendidikan di Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara yang pada tanggal 3 Juli 1992 membangun sebuah universitas oleh beliau dengan nama Perguruan Nasional Tamansiswa di Yogyakarta.

Semakin berkembangnya sektor pendidikan di Indonesia, akhirnya Perguruan Tinggi Tamansiswa mulai dibangun diberbagai kota di Indonesia mulai dari Jawa hingga Sumatera. Berdirinya Perguruan Tinggi Tamansiswa cabang Palembang dimulai sejak tanggal 3 Juli 1932.

Setelah melewati rintangan yang begitu panjang, akhirnya perguruan tinggi ini berkeinginan untuk ditingkatkan statusnya menjadi sebuah Universitas. Setelah mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak, akhirnya pada tahun 1989 Universitas Tamansiswa Palembang resmi dibangun.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UNITAS Palembang

Hingga sekarang Universitas Taman Siswa Palembang telah membuka sebanyak 5 buah Fakultas dan terdaftar pilihan jurusan yang lumayan lengkap mulai dari sarjana hingga magister. Berikut adalah daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di UNITAS Palembang.

Program Sarjana

1. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum

2. Fakultas Ekonomi
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • S1 Ilmu Pemerintahan

4. Fakultas Pertanian
  • S1 Agroteknologi

5. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Kimia
  • S1 Teknik Mesin

6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris


Program Pascasarjana
  • S2 Ilmu Pemerintahan

Itulah tadi yang bisa kami berikan terkait daftar fakultas dan jurusan di Universitas Tamansiswa (UNITAS) Palembang, semoga ulasan ini bisa memperkaya pemahaman kita terkait kampus ini. biaya persemester universitas palembang, akreditasi unitas palembang, rektor, alamat, lambang, penerimaan mahasiswa baru universitas tamansiswa palembang, akreditasi, pendaftaran, biaya, jurusan universitas taman siswa palembang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments