Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan Universitas Baturaja (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Baturaja (UNBARA). Hola sobat skul, pada ulasan kali ini bahasan kami akan sedikit berbeda dari sebelumnya dimana biasanya kmi banyak mengulas mengenai soal dan pembahasan ujian masuk perguruan tinggi hingga soal UNBK. Nah kali ini kami akan mengulik mengenai daftar fakultas dan jurusan di semua universitas di Indonesia. Universitas yang akan kita gali informasinya hari ini adalah merupakan salah satu universitas yang ada di Sumatera Selatan  tepatnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yaitu Universitas Baturaja. Langsung saja simak pembahasannya.

daftar fakultas dan jurusan di unbara

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas lebih lanjut tentang list fakultas dan program studi di Universitas Baturaja yang ada di Kabupaten OKU ini, akan kami bawa kalian untuk sedikit mengenal apa itu arti dari fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

Definisi di KBBI mengartikan bahwa jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". dari penjelasan yang telah disebutkan diatas dapat diartikan juga bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Ilmu Politik, Manajemen Perpajakan, Ilmu Perpustakaan dsb.

2. Fakultas

Definisi di KBBI mengartikan bahwa fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". dari penjelasan yang telah disebutkan diatas dapat diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Kedokteran yang didalamnya terdapat Program Studi seperti Pendidikan Dokter, Ilmu Biomedik, Profesi Dokter dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNMER Madiun, UNISMA, UMI Medan) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ushuluddin). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan).

Sekilas Tentang Universitas Baturaja

Provinsi Sumatera Selatan ialah salah satu provinsi dengan sektor pendidikan yang cukup terkenal yang tak kalah denganprovinsi lainnya seperti ada Provinsi Jawa Timur, Bali, Jawa Barat dll. Ada banyak sekali kampus di Sumsel, salah satunya adalah UNISTI, POLSRI, Universitas Palembang dll. Akan tetapi bukan kampus itu saja yang sering menjadi rebutan para pejuang kampus di Sumatera Selatan, ada juga kampus lain yang tak kalah favorit yaitu Universitas Baturaja atau lebih akrab disebut dengan singkatan UNBARA.

UNBARA adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkenal yang dipunyai Indonesia. Kampus ini beralamatkan di Jl. Ratu Penghulu No.2301, Karang Sari, Baturaja, Tj. Baru, Kec. Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Indonesia. Universitas Baturaja telah berdiri sejak tanggal 8 Juli 1999.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UNBARA

Hingga sekarang UNBARA telah membuka sebanyak 5 buah Fakultas dan terdaftar beberapa pilihan jurusan yang lumayan lengkap mulai dari diploma, sarjana hingga magister. Berikut adalah daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di UNBARA.

1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
  • S1 Teknologi Pendidikan
  • S1 Bahasa Inggris

2. Fakultas Ekonomi
  • S1 Manajemen
  • S1 Ekonomi Pembangunan
  • S1 Ekonomi Akuntansi

3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • S1 Ilmu Komunikasi
  • S1 Ilmu Pemerintahan

4. Fakultas Teknik dan Komputer
  • D3 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Lingkungan
  • S1 Ilmu Komputer

5. Fakultas Pertanian
  • S1 Agroteknologi
  • S1 Agribisnis
  • S2 Ekonomi Pertanian

Itulah tadi sedikit yang bisa kami bahas terkait daftar fakultas dan juga jurusan di Universitas Baturaja (Unbara), semoga ulasan ini bisa memperkaya pemahaman kita terkait kampus ini. jurusan di stai baturaja, struktur organisasi, nama dosen, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, akreditasi, jurusan di, biaya kuliah universitas baturaja, akreditasi, sejarah, jurusan yang ada di unbara teknik sipil, biaya kuliah di, siakad, pengumuman, pendaftaran unbara.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments