Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan Universitas Palembang (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Palembang (UNPAL). Halo sobat skul, sebelum melanjutkan dalam jenjang perkuliahan, ada hal-hal penting yang mestinya disiapkan dengan sangat matang oleh kita sebagai calon mahasiswa. Yang harus kita persiapkan salah satunya adalah melakukan pilihan atas jurusan yang tepat sesuai bakat dan minat yang kita punya. Dengan kita berada dalam program studi dan kamupus yang tepat, maka dapat dipastikan berlangsungnya perkuliahan yang kita lalui akan semakin gampang dan lebih maksimal. Ulasan ini akan membahas tentang daftar fakultas dan jurusan di salah satu universitas di kota palembang yaitu Universitas Palembang.

daftar fakultas dan jurusan di unpal palembang

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelum kita lanjut membahas terkait list fakultas dan program studi di Universitas Palembang yang ada di Kota Palembang ini, akan kami bawa kalian untuk sedikit mengenal apa itu arti dari fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

Definisi yang disematkan dalam KBBI mengartikan bahwa jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". dari penjelasan yang telah disebutjan dapat diartikan juga bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Ilmu Komunikasi, Ilmu Gizi, Ilmu Perpustakaan dsb.

2. Fakultas

Definisi yang disematkan dalam KBBI mengartikan bahwa fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". dari penjelasan yang telah disebutkan dapat diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang didalamnya terdapat Program Studi seperti Pendidikan Guru SD, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan BK dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNHAS, UNNES, UMN Al Washliyah) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Saintek). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Agroteknologi, Akuakultur, Agribisnis).

Sekilas Tentang Universitas Palembang

Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terkenal akan sektor pendidikannya selain Provinsi Jawa Tengah, Semarang, Magelang dll. Salah satu kampus hits di Sumatera Selatan diantaranya UKB Palembang, UIN Raden Fatah, UNITAS Palembang dll. Akan tetapi bukan kampus itu saja yang sering menjadi rebutan para pejuang kampus di Sumatera Selatan, ada juga kampus lain yang tak kalah favorit yaitu Universitas Palembang atau lebih akrab disebut dengan singkatan UNPAL.

UNPAL Palembang adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang cukup populer yang dimiliki Indonesia. Kampus ini berlokasikan di Jl. Darmapala No.1A, Bukit Besar, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Berdirinya Universitas Palembang tak lepas dari sebuah yayasan yang menaunginya yaitu Yayasan Perguruan Tinggi Sriwijaya yang mana yayasan ini didirikan sejak 21 Februari 1981. Pada tanggal 8 Agustus 1981, yayasan ini dirubah namanya menjadi Yayasan Perguruan Tinggi Palembang (YPTP).

Pada awal pengoprasiannya, yayasan ini mendirikan dan menaungi 4 buah sekolah tinggi diantaranya ada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP), dan Sekolah Tinggi Ilmu Teknik (STIT). Setelah berjalannya waktu, akhirnya keempat sekolah tinggi tersebut digabung dalam sebuah wadah berbentuk universitas yang dinamakan Universitas Palembang.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UNPAL Palembang

Hingga sekarang UNPAL telah membuka sebanyak 4 buah Fakultas dan terdaftar beberapa pilihan jurusan yang lumayan lengkap yang seluruhnya merupakan program sarjana. Langsung saja berikut daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di UNPAL Palembang.

1. Fakultas Ekonomi
  • S1 Manajemen
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris

2. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum

3. Fakultas Pertanian
  • S1 Agroteknologi

4. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Elektro

Itulah tadi sedikit yang bisa kami paparkan terkait daftar fakultas dan juga jurusan di Universitas Palembang (UNPAL), semoga ulasan ini bisa memperkaya pemahaman kita terkait kampus ini. jurusan akreditasi, pendaftaran, fakultas ekonomi, hukum, biaya universitas palembang ica ica, jadwal kuliah, rektor, fakultas teknik, jurnal, akreditasi unpal, jurusan di mdp, universitas tridinanti palembang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments