Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STAI Ma'arif Sarolangun (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'arif Sarolangun Jambi. Hei sobat skul, ada kabar gembira bagi kita semua dimana akan ada penerimaan mahasiswa baru kembali dalam beberapa waktu dekat lagi, kabar ini tentuya sangat ditunggu oleh kita semua para pejuang kampus. Sebelum berkuliah, ada beberapa hal yang mestinya gencar untuk kita mulai persiapkan, salah satunya ialah memilih jurusan dengan sesuai berdasarkan keahlian yang kita miliki. Pada artikel ini pembahasan yang akan kita sampaikan mengulik terkait daftar jurusan di STAI Ma'arif Sarolangun Jambi.

daftar jurusan di stai ma'arif sarolangun

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Untuk para calon mahasiswa, penting bagi kita memilih program studi yang tepat sesuai keahlian kita. Sebagai modal kita memilih jurusan yang tepat, berikut kami sampaikan mengenai apa itu fakultas dan program studi sebelum masuk pembahasan tentang jurusan di STAI Ma'arif Jambi yang ada di Kabupaten Sarolangun ini.

1. Jurusan

Menurut KBBI jurusan memiliki definisi sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Kedokteran Gigi, Perbandingan Agama, Hukum Keluarga Islam dsb.

2. Fakultas

Menurut KBBI fakultas memiliki definisi sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Komunikasi yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Manajemen Informatika, Teknik Informatika dsb.

Agar mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UIN Bandung, UII, UMUSLIM) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Kebidanan, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat).

Tentang STAI Ma'arif Sarolangun Jambi

Provinsi Jambi memiliki banyak sekali kampus favorit seperti STAI Al-Anawar Kuala, STAI Ahsanta, STIE SAK dll yang membuat persaingannya meningkat setiap tahunnya. Selain kampus favorit tersebut, ternyata masih ada juga salah satu kampus yang memiliki peminat yang cukup tinggi disana yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma'arif Sarolangun Jambi atau lebih sering disingkat STAI Ma'arif Jambi.

STAI Ma'arif Jambi adalah salah satu kampus yang menyandang status sebagai PTA Islam Swasta yang dimiliki Indonesia. Perguruan Tinggi ini beralamatkan tepatnya Jl. Lintas Sumatera KM. 11, Desa Bukit, Kec. Pelawan, Kab. Sarolangun, Jambi, Indonesia. Kampus ini merupakan sekolah tinggi yang berada dibawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Al-Hasani Sarolangun. Kampus ini telah berdiri sejak tanggal 10 Juni 2010.

Daftar Jurusan Di STAI Ma'arif Sarolangun

Sampai saat ini STAI Maarif Sarolangun baru menghadirkan sebanyak 4 buah jurusan yang aktif. Tanpa berlama-lama lagi berikut daftar jurusan yang dibuka oleh STAI Ma'arif Jambi.
  1. S1 Pendidikan Bahasa Arab
  2. S1 Ekonomi Syariah
  3. S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  4. S1 Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syahsiyah)

STAI Ma'arif Sarolangun Jambi bisa dibilang merupakan salah satu sekolah tinggi agama islam yang cukup digandrungi di Provinsi Jambi yang mana hal itu membuat daya saing di STAI Maarif Jambi ini setiap tahunnya selalu melonjak naik. Dengan dibuatnya artikel ini kami harap semoga dapat menambah informasi kita terkait daftar Jurusan yang ada di STAI Maarif Sarolangun Jambi. akreditasi stis darul ulum sarolangun, logo, brosur, pendaftaran stai ma'arif jambi.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments