Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STAI Ahsanta Jambi 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Agama Islam Ahsanta Jambi. Halo sahabat skul, kabar gembira bagi kita semua dimana dalam hal ini akan ada seleksi penerimaan mahasiswa kembali dalam waktu dekat, tentuya hal ini begitu dinantikan oleh kita semua para pejuang kampus baik negeri maupun swasta sekalipun. Sebelum masuk kampus, ada banyak hal yang mestinya gencar untuk kita persiapkan, salah satunya adalah memilih program studi dengan tepat sesuai keahlian kita. Pada artikel ini bahasan yang akan kita sampaikan membahas terkait daftar jurusan di STIE Ahsanta Jambi.

daftar jurusan di stai ahsanta jambi

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Untuk para pejuang kampus penting bagi kita mendalami dari bermacam-macam prodi sebelum berkuliah. Sebelum menguraikan secara rinci tentang daftar jurusan di STAI Ahsanta yang ada di Kota Jambi ini, akan kami sampaikan dahulu mengenai apa itu fakultas dan program studi.

1. Jurusan

Didalam KBBI didefinisikanlah jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Pendidikan Guru MI, Ilmu Hadist, Bimbingan Konseling dsb.

2. Fakultas

Didalam KBBI didefinisikanlah fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Pertanian yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Budidaya Perairan, Agroteknologi, Agribisnis dsb.

Agar mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNSAM, UNWIKU, UI) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, FKIP). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Geografi, PGSD, Pendidikan Matematika).

Tentang STAI Ahsanta Jambi

Untuk kita yang berada di Provinsi Jambi, akan tidak asing dengan deretan kampus favorit disana seperti halnya STIKBA Jambi, UNBARI, AMIK DP Kerinci dsb. Akan tetapi bukan hanya kampus - kampus tersebut saja yang dikenal sebagai kampus favorit, ada juga kampus lain yang menyandang gelar sebagai kampus favorit disana yakni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ahsanta Jambi atau lebih sering disingkat STAI Ahsanta Jambi.

STAI Ahsanta Jambi adalah sebuah kampus yang menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki Indonesia. Perguruan Tinggi ini beralamatkan tepatnya Jl. Fatah Laside, Kebun Handil, Kec. Jelutung, Kota Jambi, Jambi, Indonesia.

STAI Ahsanta Jambi adalah sebuah institusi perguruan tinggi islam di tanah jambi yang berada dibawah naungan Yayasan Ahsanta Jambi. Kampus ini telah berdiri sejak tahun 2010 dengan dikeluarkannya SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI tertanggal 10 Juni 2010.

Daftar Jurusan Di STAI Ahsanta Jambi

Hingga saat ini STAI Ahsanta telah menghadirkan sebanyak 7 buah jurusan yang aktif. Tanpa berlama-lama lagi berikut merupakan daftar jurusan yang dibuka oleh STAI Ahsanta.
  1. S1 Hukum Tata Nrgara (Syiasah)
  2. S1 Manajemen Pendidikan Islam
  3. S1 Ekonomi Syariah
  4. S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
  5. S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  6. S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  7. S1 Tadris Bahasa Inggris

STAI Ahsanta Jambi bisa dibilang merupakan sebuah sekolah tinggi agama islam yang cukup favorit di Provinsi Jambi yang mana hal tersebut menjadikan daya saing di STIE Ahsanta ini setiap tahunnya selalu melonjak. Dengan hadirnya artikel ini kami harap semoga dapat menambah informasi kita terkait daftar Jurusan yang ada di STAI Ahsanta Jambi.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments