Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal dan Pembahasan SPMB UNSOED (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Kumpulan Soal dan Pembahasan SPMB UNSOED (TERBARU). Hallo sobat skul, kembali lagi dengan kami yang terus berusaha menyajikan banyak manfaat untuk kalian semua. Kali ini kami akan menyajikan topik yang sangan menarik dan banyak sekali dicari oleh orang-orang khususnya para pejuang kampus yaitu soal dan pembahasan tentang UM atau Ujian Mandiri dari universitas yang ada di Indonesia.

Bagi para siswa yang baru lulus SMA sederajat pasti kebanyakan akan melewati seleksi masuk universitas lewat jalur SNMPTN bagi yang terpilih berdasarkan pemilihan siswa atas kuota sekolah yang terbatas, dan SBMPTN lewat seleksi bersama tingkat nasional.

Ujian mandiri bisa dibilang salah satu langkah selanjutnya untuk masuk universitas pilihan setelah dilaksanakannya SNMPTN dan juga SBMPTN.  Setelah mengalami kegagalan dari kedua jalur tersebut, kebanyakan diantara mereka yang masih bersemangat untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi ini, akan mengikuti seleksi yang disebut Ujian Mandiri ini.

Nama Ujian Mandiri sendiri berbeda-beda disetiap kampusnya. Walaupun ada yang tetap menamakannya Ujian Mandiri (UM), tetapi berbeda dengan beberapa kampus ini yaitu ada UGM yang menamakan Ujian Mandirinya menjadi UTUL UGM, UNSOED yang menamainnya SPMB UNSOED, dan ada juga UI yang menamai Ujian Mandirinya menjadi SIMAK UI.

download soal spmb unsoed

Tentang SPMB UNSOED

Pada kesempatan ini kami akan menyajikan kumpulan soal dan pembahasan dari Ujian mandiri yang diselenggarakan oleh salah satu Universitas terbaik di Indonesia yaitu Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED).

Ujian Mandiri yang diselenggarakan Oleh UNSOED dinamakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). UNSOED sendiri masih memberikan kesempatan bagi pelajar yang ingin masuk kedalam kampusnya yang telah gagal dalam beberapa seleksi sebelumnya lewat seleksi mandiri ini.

Nama Jenderal Soedirman diambil dari salah seorang tokoh yang berjasa dalam memerdekakan Indonesia yaitu Panglima Besar Jenderal Soedirman. Nama ini diambil untuk mengenang jasa-jasa beliau yang semasa hidupnya banyak mengabdi untuk kemerdekaan negara Indonesia.

Universitas Jenderal Soedirman merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang paling bergengsi di Jawa bahkan di Indonesia yang didirikan pada 23 September 1963. Kampus ini berlokasi tepatnya di Kota Purwokerto, Jawa Tengah.

Selain lokasinya yang jauh dari keramaian, nuansa dingin di kampus ini sangat mendukung kegiatan pembelajaran karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet.

UNSOED merupakan universitas yang berstatus sebagai PTN menjadikan kampus ini semakin diidam-idamkan oleh seluruh pelajar di Indonesia. Dari banyak prodi yang ada di UNSOED, beberapa diantaranya dinobatkan sebagai prodi terfavorit, diantaranya yang paling favorit adalah Pendidikan Dokter Umum, Farmasi, Kedoteran Gigi, Teknik Sipil, Hubungan Internasional, dan Ilmu Hukum.

Bagi kalian yang tidak mendapatkan kesempatan melalui jalur SNMPTN dan masih bimbang dengan hasil UTBK, kalian bisa mengikuti SPMB UNSOED ini. Soal yang nantinya diujikan dalam SPMB UNSOED bisa dibilang mirip dengan soal pada SBMPTN.

Oleh karena itu agar kita bisa lolos SPMB UNSOED, alangkah baiknya kita sering melakukan latihan soal dari SPMB UNSOED tahun sebelumnya dan bila perlu, kita juga bisa mengasah kemampuan kita dengan berlatih soal SBMPTN tahun sebelumnya agar persiapan kita semakin matang.

Jalur Seleksi SPMB UNSOED

Ada 2 jalur seleksi pada SPMB UNSOED, yaitu :
  • SPMB UTBK
Pola penerimaan yang dilakukan dengan menggunakan kembali nilai UTBK dan melakukan satu kali tes yaitu Tes Tertulis Wawasan Kebangsaan. SPMB UTBK diperuntukan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Reguler dan Internasional) dan Diploma.
  • SPMB Non UTBK
Pola penerimaan yang dilakukan  melalui 2 jenis tes yaitu Tes Kemampuan Akademik dan Tes Wawasan Kebangsaan. SPMB non UTBK diperuntukan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Internasional) dan Diploma.

Pembagian Kelompok SPMB UNSOED

Adapun kelompok ujian dalam SPMB UNSOED dibagi menjadi 3 kelompok diantaranya :
  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  • Kelompok Ujian Siosial dan Humaniora (Soshum)
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) 

Setiap peserta ujian bisa memilih salah satu kelompok ujian yang ada baik Saintek, Soshum, maupun Campuran.

Materi yang diujikan pada SPMB UNSOED

Adapun materi tertulis yang harus di kerjakan bagi para peserta untuk Jalur SPMB UTBK hanya membutuhkan nilai UTBK yang telah kita miliki sebelumnya dan menambahkan 1 jenis tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sedangkan untuk Non UTBK tipe soal yang harus dikerjakan adalah :

1. Kelompok Saintek
  • Tes Kemampuan Akademik (TKA) : Matematika Saintek, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) : Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945, dan Bahasa Indonesia

2. Kelompok Soshum
  • Tes Kemampuan Akademik (TKA) : Matematika Soshum, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sejarah, Geografi
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) : Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945, dan Bahasa Indonesia

3. Kelompok Campuran
  • Tes Kemampuan Akademik (TKA) : Campuran dari TKA Saintek dan Soshum
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) : Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945, dan Bahasa Indonesia

Kumpulan Soal dan Pembahasan SPMB UNSOED

Tanpa basa-basi lebih lama lagi, berikut kami paparkan soal dan pembahasan dari SPMB UNSOED berdasarkan tahun pelaksanaannya :

1. SPMB UNSOED Tahun 2009

Soal dan pembahasan SPMB UNSOED tahun 2009 kami ambil dari berbagai sumber di internet. Untuk mengunduhunya silahkan ikuti tautan di bawah ini klik tombol Download yang tersedia.


2. SPMB UNSOED Tahun 2010

Soal dan pembahasan SPMB UNSOED tahun 2010 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


3. SPMB UNSOED Tahun 2014

Soal dan pembahasan SPMB UNSOED tahun 2014 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


4. SPMB UNSOED Tahun 2015

Soal dan pembahasan SPMB UNSOED tahun 2015 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


5. SPMB UNSOED Tahun 2016

Soal dan pembahasan SPMB UNSOED tahun 2016 kami ambil dari berbagai sumber diinternet. untuk melanjutkan pengunduhan silahkan klik tombol Download dibawah ini.


Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini bisa berguna bagi kalian yang membutuhkan soal-soal SPMB UNSOED ini dan semoga kalian bisa masuk Universitas yang diinginkan. semoga bermanfaat.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, mohon beritahu kami bila ada link yang error dikolom komentar.

Baca :
Show comments