Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Melanjutkan S2 (Magister)

Daftar Isi [show]

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Melanjutkan S2

Soalskul.com - Manfaat dari melanjutkan S2 / Magister. Menempuh pendidikan setinggi-tingginya merupakan cita-cita ya dimiliki semua orang. Bagi mereka yang sadar akan pentingnya pendidikan tentunya akan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi hingga lingkup perkampusan.

Dalam dunia kampus kita akan difokuskan terhadap bidang yang kita minati untuk dikembangkan seperti bidang IT, Bisnis, Teknik, Keguruan dsb. Dalam berkuliah ada 3 jenjang yang familiar bagi kita yaitu Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral (S3).

Kebanyakan dari kita merasa galau bahkan tidak tertarik untuk melanjutkan pendidikan kejenjang S2 setelah mendapatkan gelar sarjananya. Namun perlu kalian tahu ada beberapa keuntungan loh yang bisa kita dapatkan bila kita melanjutkan pendidikan kejenjang magister ini. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini ya.
Baca Juga : Jalur Seleksi Masuk ITS Untuk Lulusan SMA/SMK

Apasih Magister (S2) itu?

Tak lengkap ya rasanya bila kita tidak tau arti dari magister itu sendiri. Menurut KBBI magister diartikan sebagai "Gelar akademis pada tingkat strata dua sebelum gelar doktor" atau lebih jelasnya magister bisa definisikan sebagai gelar yang diberikan pada mahasiswa lulusan program pendidikan Magister (S2) yang umumnya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 tahun bagi kita untuk lulus.

Berbeda dengan sarjana, hasil akhir yang diharuskan dibuat oleh seorang lulusan magister yaitu adalah tesis. Perbedaan yang mencolok antara program sarjana dan magister yaitu dimana dalam program magister kita akan dihadapkan dengan program studi yang lebih menjurus dibandingkan prodi yang ada dalam sarjana.

7 Alasan Mengapa S2 Itu Penting

Dibawah ini kami sajikan beberapa alasan penting mengapa kamu wajib banget melanjutkan S2 setelah lulus dari jenjang Sarjana.

1. Menjadikanmu Lebih Unggul

Memiliki gelar pendidikan merupakan hal yang diinginkan kebanyakan orang. Gelar sarjana mungkin dulu bisa cukup menjadi kebanggaan tersendiri, namun semakin berjalannya waktu lulusan sarjana semakin banyak ditemui. Oleh karenanya dengan kita melanjutkan kejenjang S2 tentunya akan membuat kamu menjadi lebih unggul dibandingkan kebanyakan lulusan sarjana sekarang ini.

2. Mengembangkan Pola Pikir

Dengan kita melanjutkan kejenjang S2, tentunya kita akan mendapatkan manfaat besar dari sisi pola pikir yang semakin terlatih dan berkembang sehingga rencana besar kita akan lebih akurat dan kemungkinan berhasil juga akan semakin meningkat.

3. Mendalami Ilmu Yang Diminati

Setelah lulus dari jenjang sarjana tentunya kita telah dibekali ilmu dari bidang yang kita inginkan. Dengan kita melanjutkan pendidikan kejenjang magister, kita akan lebih dihadapkan terhadap ilmu dalam bidang yang benar-benar kita minati yang tidak dijelaskan secara rinci dalam jenjang sarjana.
Baca Juga : Soal Dan Pembahasan Sifat Koligatif Larutan (TERLENGKAP)

4. Kesempatan Mendapatkan Jabatan Dan Gaji Yang Lebih Tinggi


Tak heran, sebuah perusahaan akan lebih memilih lulusan magister daripada lulusan sarjana, karena dari segi pencapaiannya lulusan magister memiliki pengalaman yang lebih baik disisi teori hingga praktiknya. Maka bukan hal yang mengherankan bila lulusan magister biasanya mendapatkan jabatan dan gaji yang lebih baik daripada lulusan sarjana.

5. Kesempatan Di Usia Muda

Alasan selanjutnya kenapa kita harus melanjutkan gelar S2 karena kita masih muda dan dalam usia kita sekarang ini belum memiliki kesibukan yang terlalu berat, sehingga hal tersebut bisa kita manfaatkan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang magister ini.

6. Perkembangan Zaman Yang Semakin Maju

Dengaan perkembangan zaman yang semakin maju, tentunya dunia ini perlu tenaga ahli yang lebih banyak memiliki pengetahuan dan pengalaman dibidangnya. Sehingga kita juga harus mengikuti perkembangan zaman tersebut dengan terus belajar.

7. Membanggakan Orang Tua

Yang terakhir yaitu membanggakan orang tua. Nah dengan kita berhasil lulus dengan gelar magister tentunya hal tersebut bisa menjadi hadiah yang indah bagi orang tua kita dan memberikan kebanggaan bagi mereka karena mereka berhasil membawa kalian lulus dengan predikat magister.
Baca Juga : Manfaat Exposure International Bagi Mahasiswa

Kesimpulan

Itulah tadi sedikit yang bisa kami sampaikan terkait mengapa S2 itu penting bagi kita. Tak ada salahnya kita melanjutkan pendidikan kejenjang S2 karena dengan hal tersebut akan membawakan dampak yang baik untuk kita. Nantikan artikel menarik dan bermanfaat lainnya ya!! pertimbangan, pertanyaan dan jawaban wawancara, latar belakang, syarat melanjutkan s2 beda jurusan, perlukah, buat apa, apa alasan lanjut kuliah, mengambil, manfaat s2 bagi wanita.

Show comments