Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIT YPI Kerinci (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah YPI Kerinci. Hei sobat skul, ada kabar baik bagi kita semua dimana akan ada penyeleksian mahasiswa baru kembali dalam beberapa waktu dekat ini, kabar baik ini pasti sangat ditunggu oleh kita para pejuang kampus yang sudah lama menantikan pengenyam pendidikan di bangku perkuliahan. Sebelum berkuliah, ada beberapa hal yang mestinya gencar untuk kita mulai persiapkan, salah satunya ialah memilih jurusan dengan sesuai berdasarkan keahlian yang kita miliki. Pada artikel ini pembahasan yang akan kita sampaikan mengulik terkait daftar jurusan di STIT YPI Kerinci.

daftar jurusan di stit ypi kerinci

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Untuk para calon mahasiswa, penting bagi kita memilih prodi yang tepat sesuai bakat yang kita miliki. Sebagai modal kita memilih prodi yang sesuai, berikut kami paparkan mengenai apa itu fakultas dan program studi sebelum masuk pembahasan utamanya tentang jurusan di STIT YPI Kerinci yang ada di Kota Sungaipenuh ini.

1. Jurusan

Menurut KBBI jurusan memiliki definisi yaitu "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Pendidikan Dokter, Ilmu Politik, Teknik Mesin dsb.

2. Fakultas

Menurut KBBI fakultas memiliki definisi yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Berdasarkan uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Ilmu Al Quran dan Tafsir, Bimbingan Konseling Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam dsb.

Agar mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (ISI Denpasar, UKI Jakarta, UIN Bandung) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah).

Tentang STIT YPI Kerinci

Provinsi Jambi memiliki banyak sekali kampus favorit seperti halnya STAI Ma'arif Jambi, STIKBA Jambi, STAI Al-Anawar Kuala dll yang membuat persaingannya melonjak setiap tahunnya. Selain kampus favorit tersebut, ternyata masih ada juga salah satu kampus yang memiliki peminat yang cukup tinggi disana yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Yayasan Pendidikan Islam Kerinci atau lebih sering disingkat STIT YPI Kerinci.

STIT YPI adalah salah satu kampus yang menyandang status sebagai PTA Islam Swasta yang ada di Indonesia. Perguruan Tinggi ini beralamatkan tepatnya di Jl. Ade Irma Suryani, Dusun Empih, Desa Sumur Anyir, Kec. Sungai Bungkal, Kota Sungaipenuh, Jambi, Indonesia. Kampus ini tergolong kampus yang sudah lama berdiri, pasalnya kampus ini sudah berdiri sejak tanggal 31 Maret 1989 lalu.

Daftar Jurusan Di STIT YPI Kerinci

Sampai saat ini STIT YPI Kerinci baru membuka sebanyak 2 buah jurusan yang aktif. Tanpa berlama-lama lagi berikut daftar jurusan yang dibuka oleh STIT Yayasan Pendidikan Islam Kerinci.
  1. S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
  2. S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

STIT YPI Kerinci bisa dibilang merupakan salah satu sekolah tinggi agama islam yang cukup terkenal di Provinsi Jambi yang mana hal itu membuat daya saing di STIT yang ada di Kerinci ini setiap tahunnya selalu naik. Dengan dibuatnya tulisan ini kami harap semoga dapat menambah informasi kita terkait daftar Jurusan yang ada di STIT Yayasan Pendidikan Islam Kerinci.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments