Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Kuliah di Luar Negeri Vs Dalam Negeri, Bagus Mana?

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Tips memilih kuliah di luar negeri atau dalam negeri. Setiap orang pasti memiliki keinginan yang besar untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Wajar saja karena dengan berkuliah kesempatan kita untuk mendapatkan kesuksesan akan lebih terbuka.Karena dengan berkuliah kita akan mendapatkan begitu banyak keuntungan yang bisa menunjang kita agar menjadi orang yang lebih baik khususnya dari segi ilmu dan pola pikirnya.

Dalam melanjutkan pendidikan, tak jarang dari kita lebih memilih universitas yang ada di dalam negeri dibandingkan luar negeri. Tentunya ada keuntungan juga bila kita memilih berkuliah di dalam negeri seperti contoh gampangnya biaya studi dan biaya hidup yang mungkin lebih bisa untuk di pres, akses pulang ke kampung halaman yang lebih mudah dsb.

Namun bukan berarti berkuliah di dalam negeri merupakan pilihan yang terbaik bagi semua orang dalam melanjutkan pendidikan. Diluar negeri juga memiliki kelebihannya tersendiri seperti misalnya melatih kita untuk hidup lebih mandiri, meningkatkan kemampuan bahasa asing dengan lebih signifikan, mendapat teman baru dari penjuru dunia dsb.

Tips Memilih Kuliah di Luar Negeri VS Dalam Negeri
Baca Juga : Kumpulan Soal dan Pembahasan SIMAMA Poltekkes (TERBARU)
Setiap pilihan kamu dalam menentukan kuliah baik didalam maupun diluar negeri merupakan hasil pertimbangan dari berbagai aspek dan memiliki konsekuensinya masing-masing. Oleh karenyanya kamu tidak bisa asal memilih.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk membantu kamu dalam menentukan pilihan mau berkuliah di dalam negeri atau diluar negeri. Berikut ulasannya!

1. Memilih Jurusan dengan Kualitas Terbaik

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan kamu yaitu menentukan jurusan sesuai bidang yang kamu kuasai dengan kualitas yang terbaik. Kamu bisa mulai mempertimbangkan jurusannya dengan membandingkan mata kuliah apa yang akan didapat, dosen pengajarnya, hingga kelengkapan fasilitas yang dimiliki dari jurusan yang akan kamu pilih.

2. Target Kerja Setelah Lulus

Dalam menentukan target kerja setelah lulus merupakan pertimbangan yang juga tak kalah penting harus kita perhatikan. Ada dua pilihan disini, mau bekerja di dalam negeri atau diluar negeri.

Bila kamu mau bekerja di dalam negeri, memilih berkuliah di Indonesia rasanya merupakan pilihan yang lebih tepat. Karena dengan kamu berkuliah disini, kamu akan mendapatkan kurikulum yang telah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia, mulai dari budayanya hingga mempelajari masalah yanga ada disini.
Baca Juga : Tips & Trik Memilih Beasiswa S2 Luar Negeri
Sementara bila kamu ingin bekerja diluar negeri, berkuliah disana bisa menjadi pilihan yang tepat karena kamu bisa memperluas koneksi hingga mengenal lebih dalam tentang dunia kerja Internasional yang akhirnya kesempatan kerja diluar negeri juga akan semakin terbuka.

Namun bila kita bekerja diluar negeri bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan pekerjaan di Indonesia, begitu juga sebaliknya. Akan tetapi setiap negara memiliki fokus dan budayanya masing-masing sehingga kita harus mempertimbangkan fokus dari jurusan dan budaya dari setiap negara yang dipilih.

3. Kondisi Keuangan

Hal lain yang juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan yaitu masalah keuangan. Disini kamu harus mempertimbangkan biaya kuliah dan biaya hidup yang diperlukan. Kamu bisa memulai dengan memperhitungkan biaya kuliah yang dibutuhkan untuk setiap semesternya.

Kemudian kamu juga harus mempertimbangkan biaya hidup selama kamu disana mulai dari tempat tinggal, biaya makan, transportasi dsb. Setelah itu kamu bisa menghitung biaya keseluruhan dan mencocokannya dengan keuangan yang kita punya sehingga akan didapat kampus yang tepat.

Akan tetapi, kamu jangan berkecil hati bila keuanganmu tidak mencukupi dan jangan menjadikan ini sebagai penghambat kamu dalam berkuliah. Untuk menutupinya kamu bisa mencari beasiswa hingga bekerja part time.

4. Kesiapan Mental Untuk Hidup Mandiri

Baik diluar negeri ataupun didalam negeri kamu memiliki kemungkinan yang besar loh untuk hidup mandiri. Jadi penting baget buat kamu untuk mempersiapkan diri lebih mantap untuk hidup mandiri nantinya. Yang harus kamu pertimbangkan, ada dimana sih posisimu saat ini untuk masalah kemandirian?

Bila kamu orang yang kurang mandiri, kamu bisa memilih melanjutkan pendidikan di dalam negeri saja, karena bila kita mengambil studi di luar negeri, kamu akan dituntut untuk mandiri lebih ekstra tentunya dengan beradaptasi memperhatikan budaya negara tersebut.
Baca Juga : 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Melanjutkan S2 (Magister)

Penutup

Itulah tadi tips yang bisa kami berikan terkait bagaimana memilih universitas mau di luar negeri atau di dalam negeri. Baik berkuliah didalam negeri ataupun diluar negeri sama baiknya. Karna setiap pembelajaran pasti akan mendapatkan manfaat yang berguna untuk diri kita sendiri bahkan lingkungan.

Jadi pilihlah pilihan yang terbaik sesuai kebutuhan dan kemampuan kamu. Semoga ulasan kami yang singkat ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kalian semua. mahasiswa indonesia, kelebihan dan kekurangan, resiko, lebih baik kuliah s1 di luar negeri atau dalam negeri, fakta, sistem, perbedaan kuliah s2 di indonesia dan luar negeri, universitas luar negeri yang banyak orang indonesia.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Tips Memilih Kuliah di Luar Negeri Vs Dalam Negeri, Bagus Mana?"