Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Wawancara Beasiswa New Zealand ASEAN Scholarship (NZAS)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Tips dan trik lolos interview / wawancara beasiswa New Zealand ASEAN Scholarship (NZAS). Ada banyak sekali beasiswa kuliah keluar negeri seperti Amerika, China, Australia, New Zealand dsb. Salah satu beasiswa yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa termasuk mahasiswa Indonesia adalah Beasiswa NZAS di New Zealand.

Pilihan yang tepat bagi kita melanjutkan pendidikan ke New Zealand. Negara ini memiliki keunggulan yang bisa menjadi modal kenyamanan selama belajar seperti penggunaan bahasa inggris bagi semua warga New Zealand, destinasi wisata yang menakjubkan, peringkat ke-2 negara Peace Index, dan yang paling penting negara ini merupakan salah satu negara dengan pengelolaan sumber daya energi panas bumi dan energi terbarukan terbaik, jadi cocok bnget buat kamu yang ingin menimba ilmu khususnya dibidang SDA.

New Zealand ASEAN Scholarship (NZAS) adalah beasiswa yang dikeluarkan oleh Ministry of Foreign Affairs and Trade (MFAT) Selandia Baru bagi calon mahasiswa dari negara-negara di Asia Tenggara yang ingin melanjutkan studi kejenjang S2 dan S3 di New Zealand. Tujuan beasiswa ini adalah untuk membekali calon pemimpin berkualitas dengan keahlian dan pengetahuan yang mumpuni bagi negara asalnya.

Dengan kita berhasil lolos beasiswa NZAS, kita akan mendapat beberepa keuntungan salah satunya diberi uang sebagai biaya hidup perpekan sebesar NZD 491, Settelment allowance sebesar NZD 3000, asuransi kesehatan (Student safe), pelatihan bahasa inggris dll.

Tips Wawancara Beasiswa New Zealand ASEAN Scholarship (NZAS)

Siapa saja sih yang bisa apply beasiswa NZAS?

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia minimal 18 tahun saat dimulainya masa study di Selandia Baru
  3. Telah tinggal di Indonesia selama minimal 2 tahun terakhir
  4. Memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan rencana study > 12 bulan full-time atau > 24 bulan part-time
  5. Bersedia kembali ke Indonesia selama minimal 2 tahun setelah studi di Selandia Baru
Baca Juga : Cara Menggunakan Fitur Emoji Reaksi, GIF, dan Agenda Google Meet

Rangkaian proses seleksi beasiswa NZAS

Ada 5 proses seleksi yang akan kamu lalui pada beasiswa NZAS diantaranya yaitu:
  1. Administration process (Online application)
  2. Psychometry & Psychotest
  3. Interview
  4. Predeparture training
  5. University’s admission

Topik utama yang ditanyakan saat Interview NZAS

Setelah kamu lolos pada tahapan Psychometry & Psychotest, selanjutnya kamu akan menghadapi tes interview. Ada 4 topik utama yang akan ditanyakan saat interview beasiswa NZAS diantaranya adalah:
  1. Perkenalan diri (Studi sebelumnya, Pengalaman kerja, pengalaman organisasi dan volunteer, Pengalaman kepemimpinan, Life goals).
  2. Pengetahuan tentang New Zealand (Demographic info, Alasan memilih NZ sebagai tujuan studi, Cara mengatasi kemungkinan perbedaan budaya).
  3. Pengetahuan tentang studi yang kamu pilih (Universitas, Jurusan, Alasan memilih Universitas dan Jurusannya, Pengetahuan dan keterampilan yang ingin kamu dapatkan).
  4. Kontribusi untuk Indonesia (Apa yang kamu rencanakan setelah lulus, Bagaimana cara kamu menerapkan ilmu yang didapat untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia).
Baca Juga : 9 Tips Membuat CV Untuk Beasiswa NZAS Baik & Benar

Tips dan Trik Menghadapi Interview NZAS

Setelah kita tau kira-kira pertanyaan apa yang akan kita dapat, kita perlu membuat strategi untuk menghadapi sesi wawancara nanti. Berikut adalah beberapa tips dan trik agar kalian bisa lolos interview NZAS.
  1. Lakukan penelitian dan pengamatan menyeluruh tentang New Zealand, universitas, jurusan, proposal penelitian, rencana masa depan dsb.
  2. Bacalah esai lamaran kamu sebelum interview
  3. Spesifik (jangan memberikan jawaban yang tidak jelas)
  4. Praktis (Cepat, akurat, tidak bertele-tele)

Kesalahan umum saat sesi wawancara

Ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan saat sesi wawancara NZAS diantaranya:
  1. Pengetahuan yang tidak memadai terkait rencana studi dan kontribusi kalian di masa depan.
  2. Jawaban yang kurang jelas dan tidak spesifik
  3. Bertele-tele dalam menjawab pertanyaan
Catatan : Interview dilakukan dalam bahasa inggris.
Baca Juga : Tips Menentukan Universitas Terbaik Untuk Beasiswa NZAS

Penutup

Itu tadi Pembahasan kami mengenai tips dan trik apa saja yang bisa dilakukan oleh kita agar lolos seleksi wawancara pada program New Zealand ASEAN Scholarship (NZAS). Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu teman-teman dalam memantapkan diri menghadapi sesi wawancara NZAS. pengalaman, pendaftaran beasiswa new zealand nzas scholarship s1 indonesia.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Tips Wawancara Beasiswa New Zealand ASEAN Scholarship (NZAS)"