Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIKES Merangin (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Merangin. Hola sahabat skul, salah satu hal penting yang mestinya dipersiapkan oaleh calon mahasiswa sebelum lanjut berkuliah adalah memilih universitas dan juga jurusan yang sesuai dengan keahlian dan minat kita. Sebagai modal kita untuk menentukan pilihan jurusan yang tepat, kami berikan sedikit referensi kepada kalian terkait daftar jurusan yang ada pada satu sekolah tinggi di Kabupaten Merangin yaitu STIKES Merangin.

daftar jurusan stikes Merangin

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum menjabarkan lebih lanjut mengenai list program studi di STIKES Merangin yang ada di Kabupaten Merangin ini, akan kami paparkan sedikit mengenai definisi dari Jurusan dan fakultas.

1. Jurusan

Telah disebutkan dalam KBBI, dimana jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan tadi dapat kami simpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Perbankan Syariah, Pendidikan Olahraga, Statistika dsb.

2. Fakultas

Telah disebutkan dalam KBBI, dimana fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari penjelasan tadi dapat kami simpulkan bahwa Fakultas adalah bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Teknik Metalurgi, Teknik Industri, Teknik Elektro Gigi dsb.

Agar mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNTIRTA, UMSU, UNSRI) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Ilmu Gizi, Keperawatan, Kebidanan).

Tentang STIKES Merangin

Tercatat terdapat beberapa sekolah tinggi favorit di Jambi seperti halnya STKIPAD Jambi, STIES Al-mujaddid, STIA Nusa, STIKBA Jambi dll. Hal itu membuat daya saing masuk perguruan tinggi di provinsi Jambi selalu tinggi disetiap tahun penerimaan mahasiswa. Selain sekolah tinggi yang telah disebutkan tadi, ternyata di Jambi masih ada sekolah tinggi yang juga memiliki peminat yang cukup tinggi salah satunya ialah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Merangin atau biasa disebut STIKES Merangin.

STIKES Merangin merupakan salah satu sekolah tinggi yang berstatuskan sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini berdiri di Jl. Bangko-Kerinci Km.6 Kungkai, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi, Indonesia.

Pada mulanya kampus ini dinamakan Akademi Kebidanan Merangin (AKBID Merangin) yang berdiri sejak 31 Januari 2003 dibawah naungan Yayasan Haji Soeheily Qari. Setelah beberapa tahun berlalu akhirnya pada tahun 2011 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional, maka AKBID Merangin ditingkatkan statusnya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Merangin (STIKES Merangin).

Daftar Jurusan STIKES Merangin

Hingga kini STIKES Merangin baru membuka 3 jurusan yang masih aktif. Tanpa berbasa - basi lagi, langsung saja berikut kami paparkan list program studi yang dibuka di STIKES Merangin Jambi.
  1. D3 Farmasi
  2. D3 Kebidanan
  3. S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Kampus ini merupakan kampus dibidang ilmu kesehatan yang cukup ternama dan memiliki banyak peminat di Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Merangin. Hal tersebut menjadikan persaingan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ini setiap tahunnya selalu meningkat cukup signifikan. Hadirnya artikel ini kami harap semoga dapat menjadi jembatan kalian dalam mendalami informasi terkait daftar jurusan di STIKES Merangin Jambi. akademi kebidanan, siadak, pendaftaran stikes merangin, bangko.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments