Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat yang Bisa Kamu dapat Dalam Pengabdian Masyarakat

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Pemuda merupakan sebuah tonggak perubahan bagi negara. Harapan besar negara ini terhadap para pemuda untuk bisa menjadikan Indonesia negara yang luar biasa. Dalam dunia pendidikan, para pemuda khususnya mahasiswa sering dijuluki Agent of Exchange yang bisa mengubah lingkungan masyarakat kearah yang lebih baik.

Tugas mahasiswa adalah menerapkan ilmu yang mereka dapatkan selama menempuh pendidikan tinggi untuk perubahan bagi masyarakat langsung. Dengan adanya teknologi mempermudah kita dalam melakukan riset pengabdian terkait jenis, strategi, hingga lokasi yang cocok untuk melakukan pengabdian.

Ada beberapa jenis pengabdian masyarakat yang sering dilakukan oleh para pemuda khususnya mahasiswa seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN), Program Bina Desa, dan PKM.

Dalam pengabdian masyarakat, mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam masyarakat bukan program yang dibuat dari persepsi mahasiswa itu sendiri. Adapun program yang dibuat bertujuan untuk menyelesaikan masalah lingkungan, sosial, ekonomi, dan politik didaerah terkait.

Bagi kebanyakan orang mungkin menganggap pengabdian masyarakat merupakan sebuah kegiatan yang membosankan, buang-buang tenaga, dan tidak ada untungnya bagi diri sendiri.

Namun kalian jangan salah, ada banyak sekali hal positif yang akan kamu dapat bila melakukan pengabdian masyarakat loh, untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

6 Manfaat yang Bisa Kamu dapat Dalam Pengabdian Masyarakat
Baca Juga : 6 Ekstensi Chrome Wajib Untuk Google Meet (TERBARU)

1. Memperbanyak Relasi

Dalam melakukan pengabdian terhadap masyarakat kamu pasti akan saling berhubungan dengan banyak orang mulai dari tim, tokoh pemerintahan setempat hingga masyarakat sekitar.

Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menjalin relasi dengan banyak orang, sehingga komunikasi akan semakin terbuka bila kita nantinya akan membuat sebuah perubahan baru.

2. Memberi Dampak Positif Bagi Masyarakat

Apapun jenis pengabdiannya, pasti tujuan dari pengabdian tersebut adalah membuat perubahan yang lebih baik bagi masyarakat. Entah dampak perubahannya langsung atau tidak, banyak atau sedikit, besar atau kecil, akan tetapi dengan pengabdian pasti akan membawa hal positif bagi masyarakat.

Harapan dari dilaksanakannya pengabdian terhadap masyarakat adalah adanya perubahan kearah yang lebih baik mulai dari karakteristik hingga kebiasaan masyarakat itu sendiri.

3. Mempelajari Hal Baru

dalam melakukan pengabdian masyarakat, kita akan belajar banyak sekali hal baru disana seperti kebudayaannya, bahasanya, karakteristik hingga kebiasaan orang-orang didaerah tersebut, belajar berkomunikasi dengan orang yang berusia lebih tua atau muda, belajar sopan santun secara langsung, belajar menghargai orang, belajar peka terhadap lingkungan dsb.

Dengan hal tersebut bisa memberi dampak yang baik untuk kita khususnya dari segi pengalaman. Karena pengalaman tersebut hanya akan kita dapat bila melakukan pengabdian.

Baca Juga : Tips Memilih Kuliah di Luar Negeri Vs Dalam Negeri, Bagus Mana?

4. Menumbuhkan Sifat Simpati dan Empati

Dalam melakukan pengabdian masyarakat akan sangat berpengaruh terhadap kepekaan kita pada lingkungan. Dengan terjun ketengah-tengah masyarakat dan berbaur secara langsung, maka hal tersebut akan menjadikan kita lebih kritis dan perduli terhadap keadaan yang ada dalam lingkungan masyarakat sehingga rasa simpati dan empati dalam diri kamu akan terbentuk.

5. Menumbuhkan Sifat Sabar

Selain menumbuhkan sifat simpati dan empati, dengan adanya pengabdian ini kamu juga akan dilatih sifat sabarnya. Akan ada banyak kemungkinan kamu diuji kesabarannya disini mulai dari ide atau opinimu yang ditolak, rencanamu yang tidak terealisasikan, sabar menghadapi berbagai karakter masyarakat yang berbeda-beda dsb.

Hal itu sangat berharga sekali untuk bisa menumbuhkan sifat sabar kita yang akan berguna dikemudian hari, sehingga kamu akan lebih bijak dalam berbagai keadaan.

6. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Tak diragukan lagi dengan pengabdian masyarakat kamu akan dilatih kemampuannya dalam berkomunikasi dengan masyarakat setempat.

Kamu akan dituntut berinteraksi dengan semua orang tanpa memandang usia, latar belakang, hingga jabatan yang berbeda-beda. Disini kamu akan dilatih untuk lebih berani dalam menyampaikan aspirasi dan menyalurkannya untuk sebuah perubahan yang nyata.

Baca Juga : Tentang Beasiswa AWS Dicoding: Cloud and Back-End Developer Scholarship

Penutup

Nah, itu dia manfaat yang bisa kamu dapatkan bila kamu melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat adalah hal yang wajib dilakukan bagi kita para pemuda untuk memberikan dampak positif, merubah kearah yang lebih baik terhadap masyarakat.

Karena kita para pemuda merupakan Agent Of Change bagi lingkungan. pengertian, konsep, contoh pengambian kepada masyarakat oleh mahasiswa, alasan memilih divisi, tujuan dan manfaat pengabdian kepada masyarakat bagi dosen.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "6 Manfaat yang Bisa Kamu dapat Dalam Pengabdian Masyarakat "