Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beasiswa Berklee College of Music, Wujudkan Mimpi Bermusikmu!

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Sekilas tentang Berklee College of Music Scholarship. Apakah kamu sedang mencari sekolah musik terbaik di dunia? Apakah kamu tertarik bila ditawari beasiswa untuk menimba ilmu di kampus musik terbaik tersebut? Dengan Berklee College of Music Scholarship mungkin akan menjawab semua pertanyaanmu.

Berklee College of Music merupakan salah satu universitas dibidang musik yang paling terkenal dan populer di seluruh dunia. Kampus ini memiliki sejarah dan pencapaian yang cukup membanggakan dimana lebih dari 250 Grammy Awards berhasil diraih oleh para alumninya.

Setiap tahunnya Berklee memberikan lebih dari $60 juta dalam bentuk beasiswa dan hibah institusional kepada para mahasiswanya baik dari Berklee College of Music, Berklee Valencia, Boston Conservatory di Berklee, Berklee New York City, hingga Berklee Online.

Beasiswa Berklee College of Music

Beasiswa Untuk Entering Students

Baik mahasiswa jenjang sarjana maupun pascasarjana secara otomatis akan dipertimbangkan untuk mendapatkan “Beasiswa Berbasis Prestasi” sebagai bagian dari proses seleksi mahasiswa saat mendaftar ke College, Conservatory dan Berklee NYC.

Adapun untuk beasiswa jenjang sarjana akan diberikan sepanjang 8 semester dan akan mendapatkan perpanjangan secara otomatis asalkan siswa memenuhi syarat dan ketentuan dari beasiswa tersebut.

Beasiswa Untuk Continuing Students

Sedangkan untuk mahasiswa jenjang sarjana yang ingin melanjutkan akan dipertimbangkan secara otomatis untuk mendapatkan beasiswa Thrive dan penghargaan divisi.

Beasiswa Thrive merupakan sebuah beasiswa yang dirancang bagi mahasiswa berprestasi secara akademik, memiliki masalah keuangan, dan merupakan kandidat yang bisa lulus tepat waktu yang ingin melanjutkan masa studinya. Penghargaan divisi akan diberikan pada setiap mahasiswa Berklee College of Music yang berprestasi secara akademik.

Jenis Beasiswa di Berklee College of Music

Dibawah ini terdapat beberapa jalur beasiswa yang ada di Berklee College of Music diantaranya:

1. Merit-Based Scholarships

Merit-Based Scholarships atau beasiswa berbasisi prestasi merupakan sebuah beasiswa yang diperuntukan untuk kamu yang memiliki skil dan kemampuan yang mumpuni. Berklee melakukan perjalanan ke lebih dari 50 kota diseluruh Amerika Serikat, Amerika Selatan, Asia, dan Eropa untuk mencari seniman berbakat yang ingin melanjutkan studi dibidang musik.

2. Klinik Berklee on the Road

Pada beberapa kesempatan setiap tahunnya Berklee menyelenggarakan program pengajaran dan pertunjukan diseluruh dunia. Pada kesempatan ini setiap mahasiswa berkesempatan untuk dipilih mendapatkan beasiswa berdasarkan kinerja mereka selama program berlangsung.
Baca Juga : Tips Wawancara Beasiswa New Zealand ASEAN Scholarship (NZAS)

3. Presidential Scholarship

Setiap tahunnya Berklee memilih musisi terbaik untuk menerima beasiswa ini. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, fasilitas rumah dikampus, biaya makan dll yang dapat diperpanjang selama 4 tahun masa studi.

4. Donor Scholarships and Endowed Funds

Berklee memiliki beberapa beasiswa yang didanai oleh donatur tertentu. Beasiswa ini biasanya akan diberikan secara otomatis selama proses penerimaan. Selama tahun akademik berjalan, beberapa siswa yang memiliki beasiswa standar akan digantikan oleh donatur dan endowed fund.

5. City Music College Scholarship

Beasiswa pendidikan penuh dalam jumlah terbatas akan diberikan setiap tahun kepada peserta program Berklee City Music . Mahasiswa harus menunjukkan prestasi dan kebutuhan finansial untuk dipertimbangkan dalam mendapatkan beasiswa ini.

6. Outside Scholarship

Berklee menghadirkan beasiswa sumber luar untuk membantu calon pendaftar dalam mencari beasiswa dari pihak ketiga. Siswa akan didorong untuk mengeksplorasi dan melamar beasiswa swasta yang diberikan secara lokal atau nasional.

7. Thrive Scholarship

Seperti yang telah disampaikan diatas sebelumnya, beasiswa ini merupakan beasiswa yang dirancang untuk mahasiswa jenjang sarjana berprestasi secara akademik, memiliki masalah keuangan, dan merupakan kandidat yang bisa lulus tepat waktu yang ingin melanjutkan masa studinya.

Adapun tujuan dari program ini adalah untuk membantu meringankan beberapa tekanan keuangan yang dihadapi para mahasiswa yang melanjutkan dan membantu mereka mendapatkan kelulusan dengan dukungan beasiswa.
Baca Juga : Tips & Trik Memilih Beasiswa S2 Luar Negeri

   • Kriteria Seleksi Beasiswa Thrive

  1. Menjadi mahasiswa sarjana Berklee College of Music atau Boston Conservatory di mahasiswa sarjana Berklee dalam semester ketiga, keempat, kelima, atau keenam;
  2. Berada di jalur untuk menyelesaikan program mereka dalam waktu delapan semester/empat tahun;
  3. Mempertahankan IPK kumulatif minimal 3.0;
  4. Mempertahankan persentase penyelesaian minimal 94 persen;
  5. Midak sedang menjalani tindakan disipliner atau masa percobaan; dan
  6. Telah menunjukkan kebutuhan finansial (Profil FAFSA dan/atau CSS harus ada dalam arsip; siswa Konservatori harus memenuhi syarat untuk Federal Pell Grant).

  • Ketentuan dan Kebijakan Beasiswa Thrive

  1. Beasiswa Thrive berlaku untuk studi sarjana di kampus Boston atau Valencia.
  2. Siswa harus mempertahankan IPK kumulatif 3.0 atau lebih tinggi.
  3. Siswa harus mempertahankan setidaknya 94 persen persentase penyelesaian (sks selesai dibagi dengan kredit percobaan).
  4. Siswa harus mendaftar minimal 15 jam kredit per semester. (Pengecualian mungkin diminta.)
  5. Siswa harus memenuhi jumlah kredit yang diperoleh yang diperlukan untuk menjadi mahasiswa semester ketiga-keenam.
  6. Siswa harus berpartisipasi dalam konsultasi keuangan dan akademik yang berkelanjutan, serta program perencanaan karir yang relevan, untuk memastikan mereka berada di jalur yang tepat untuk lulus tepat waktu.
  7. Siswa harus menunjukkan kebutuhan finansial berdasarkan analisis FAFSA dan/atau Profil CSS yang dikirimkan. FAFSA harus diserahkan setiap tahun pada tanggal 1 Mei untuk menunjukkan kebutuhan keuangan yang berkelanjutan. Profil CSS hanya dikirimkan satu kali.
  8. Untuk siswa Conservatory, mereka harus memenuhi syarat untuk Federal Pell Grant dan/atau menjadi peserta dalam program Black Scholars Initiative.
  9. Beasiswa dibatasi untuk sisa gelar setiap siswa, tidak melebihi delapan semester dari pendaftaran penuh waktu kecuali satu jurusan secara resmi membutuhkan lebih dari delapan semester (misalnya, terapi musik dan pendidikan musik). Pendaftaran semester mulai terakumulasi dari semester pertama pendaftaran mahasiswa di perguruan tinggi.
  10. Beasiswa dapat diperpanjang untuk tahun akademik berikutnya asalkan persyaratan di atas terpenuhi dan penerima memiliki reputasi akademik dan disiplin yang baik.
  11. Jumlah total dana beasiswa Berklee dapat berkisar hingga, tetapi tidak melebihi biaya kuliah.
Baca Juga : Tips Memilih Universitas Terbaik Untuk Beasiswa AAS

Penutup

Nah itulah tadi sedikit ulasan yang bisa kami sampaikan terkait beasiswa Berklee College of Music. Terdapat setidaknya 7 beasiswa yang ditawarkan kampus ini untuk menjaring mahasiswa berprestasi diseluruh dunia untuk terus mendapatkan skill dibidang musik.

Show comments