Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat HP Menjadi Webcam Laptop Untuk Google Meet

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Cara mudah dan lengkap disertai gambar membuat HP sebagai webcam / kamera laptop untuk Google Meet. Holla sobat skul, jumpa lagi nih bareng kami yang tentunya hadir dengan membawakan ulasan yang bermanfaat dan terupdate pastinya.

Beberapa ulasan kami telah banyak membahas seputar trik dan tips dalam menggunakan zoom meeting hingga menggunakan google form. Pada ulasan kami kali ini akan sedikit berbeda dimana pembahasannya akan mengulik seputar google meet.

Banyak diantara teman-teman yang akhir-akhir ini request untuk dibuatkan tutorial cara menggunakan kamera hp agar bisa menjadi kamera di laptop untuk melakukan video conference khususnya pada aplikasi Google Meet.

Tak heran, hingga kini setiap aktifitas kita memang masih harus dibatasi karena adanya pandemi Covid-19. Meskipun demikian kita masih tetap harus produktif dengan tetap melakukan kewajiban kita seperti bersekolah hingga bekerja.

Cara Membuat HP Menjadi Webcam / Kamera Laptop Untuk Google Meet
Untungnya sekarang sudah banyak aplikasi video conference yang bisa kita gunakan untuk melakukan meeting atau pembelajaran secara online seperti Google Meet. Sayangnya dalam melakukan rapat online kita sering kali mengalami beberapa kendala salah satunya kamera device kita yang memiliki resolusi yang rendah sehingga hasil yang dikirimkanpun kurang jelas.

Kendala lain yang biasa kita alami yaitu audio atau kamera komputer yang tidak bisa menangkap suara dan gambar kita dikarenakan kesalahan pada driver.

Nah untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan smartphone yang kamu miliki untuk bisa terhubung dengan laptop dan menggantikan fungsi kamera dan audio di laptopmu. Caranya cukup mudah dimana kamu cukup menginstal sebuah aplikasi yaitu DroidCam sebagai medianya. Untuk cara menginstal, setting, dan menggunakan aplikasi ini kamu bisa simak ulasan lengkapnya dibawah ya!!

Persyaratan Sebelum Mengikuti Tutorial

  1. Instal “DroidCam” di smartphonemu.
  2. Instal “DroidCam Client” di PC / Laptopmu.
  3. Setting mode USB Debugging pada HP.
  4. Siapkan kabel USB.
Baca Juga : Contoh Soal Tes Deret Angka Dalam Psikotes

Cara Download dan Instal DroidCam di HP dan Laptop

Sebelumnya kamu harus menginstal aplikasi DroidCam terlebih dahulu baik di laptop maupun di HP. Adapun cara download dan cara setting aplikasinya bisa kamu lihat pada tutorial dibawah.

1. Cara Instal DroidCam dan Setting USB Debugging di HP

Dibagian ini kami akan menjelasan cara menginstal aplikasi dan setting mode USB Debugging pada handphonemu. Adapun caranya simak selengkapnya dibawah ya!!

Langkah 1 : Untuk menginstal DroidCam di HP, kamu cukup cari di Play Store kemudian langsung klik instal.

Langkah 2 : Setelah instalasi berhasil, selanjutnya kamu harus mengaktifkan mode USB Debugging pada Hpmu dibagian pengaturan. (Untuk pengaturan mode USB Debugging berbeda-beda pada setiap merek Handphone)

Langkah 3 : Untuk mengaktifkan Mode USB Debugging di HP Xiaomi pertama kamu bisa masuk kemenu setting terlebih dahulu.

Langkah 4
: Masuk kedalam “About phone”.

Langkah 5 : Pada opsi “MUI version” tekan berulang setidaknya 7x hingga muncul keterangan developer mode aktif.

Langkah 6 : Bila sudah aktif langkah selanjutnya kamu bisa kembali kemenu setting dan cari opsi “Additional Setting”.

Langkah 7 : Pilih opsi “Developer Options”

Langkah 8 : Dan terakhir aktifkan opsi “USB Debugging”.

2. Cara Download dan Instal DroidCam Client di Laptop

Dibagian ini kami akan menjelaskan cara download dan instal aplikasi DroidCame Client di laptop, adapun caranya simak selengkapnya dibawah ya!!

Langkah 1 : Cari keyword “DroidCam Client” di pencarian google.

Langkah 2 : Akan muncul beberapa hasil pencarian kemudian pilih halaman “Dev47Apps”. Untuk lebih cepatnya kamu bisa langsung masuk ke halaman download ini.

Langkah 3 : Setelah masuk kedalam halaman, kamu bisa langsung klik tombol download yang tersedia.

langkah 3 download droidcam laptop

Langkah 4 : Setelah aplikasi berhasil di download, kamu bisa langsung melakukan instal aplikasi tersebut seperti biasa dengan klik next untuk setiap instruksi yang diberikan.
Baca Juga : Cara Menggunakan Fitur Picture in Picture Google Meet di Laptop

Cara Setting dan Menggunakan DroidCame pada HP dan Laptop

Setelah sebelumnya kamu sudah berhasil menginstal DroidCame baik di HP maupun di PC serta berhasil mengaktifkan mode USB debugging. Langkah selanjutnya kami akan menjelaskan cara menggunakan DroidCam agar membuat kamera HP menjadi webcam / kamera laptop untuk Google Meet.

Langkah 1 : Hubungkan HP dan Laptop dengan menggunakan kabel USB.

Langkah 2 : Buka aplikasi DroidCam di Hpmu hingga muncul keterangan alamat IP.

Langkah 3 : Buka DroidCam Client di Laptopmu.

Langkah 4 : Disediakan 3 opsi cara menghubungkan hp dan laptop kemudian pilih opsi USB. (dengan menggunakan USB maka tampilan video akan semakin stabil)

langkah 4-7 membuat hp menjadi kamera laptop

Langkah 5 : Centang dibagian video dan audio agar hp bisa menangkan baik video maupun audio pada laptop.

Langkah 6 : Klik ikon refresh sehingga muncul nama device (HP) kalian.

Langkah 7 : Langkah selanjutnya klik “start”.

Langkah 8 : Sekarang kamu sudah bisa menggunakan kamera hpmu untuk terhubung dengan Google meet pada laptop. Selanjutnya masuk kehalaman rapat google meet.

Langkah 9 : Setelah berada di dalam room google meet, kamu harus melakukan beberapa penyetingan terlebih dahulu. Masuk ke menu “setting”.

Langkah 10 : Pilih opsi “Video” kemudian rubah dibagian kamera menjadi “DroidCam”.

langkah 10-11 membuat hp menjadi kamera laptop

Langkah 11 : Pilih opsi “Audio” kemudian rubah dibagian mikrofon menjadi “DroidCam”

Langkah 12 : Kamu juga bisa mengatur kamera depan atau belakang HP yang akan ditampilkan di laptop. Caranya klik ikon kamera dibagian kanan atas aplikasi DroidCam di Hpmu dan pilih opsi yang disediakan.

langkah 12 membuat hp menjadi kamera laptop
Baca Juga : Cara Merekam Layar Google Meet dengan ZD Soft Screen Recorder

Penutup

Mudah bukan cara membuat HP menjadi kamera laptop untuk video conference dengan google meet hehee. Cukup dengan menggunakan aplikasi DroidCam kamu bisa membuat Hpmu menjadi kamera sekaligus audio di laptop. aplikasi, cara setting kamera, droidcam untuk, tidak terdeteksi google meet di, pakai hp, cara menjadikan, membuat hp menjadi webcam, kamera dengan usb laptop.

Show comments