Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Politeknik Negeri Batam 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Politeknik Negeri Batam (POLIBATAM). Helo sobat skul, senang sekali perasaan kami dapat kembali memaparkan sebuah tulisan yang harapan kami bisa bermanfaat untuk kita semua. Lain dari biasanya dimana bahasan sebelumnya banyak mengulik tentang soal dan pembahasan UNBK, UTBK, hingga Ujian Mandiri di beberapa kampus, kali ini kami akan menginformasikan mengenai daftar fakultas serta jurusan di perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan oleh kita calon mahasiswa baru sebelum terjun dalam lingkup perkampusan, salah satu hal penting tersebut ialah memilih jurusan dan kampus tujuan dengan tepat. Bila kita masuk dalam kampus dan jurusan yang tepat dalam artian pilihan kita sesuai dengan bidang prodi dan lokasi kampus yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, maka itu bisa menjadi senjata bagi kita dalam melancarkan berjalannya studi yang kita tempuh.

daftar jurusan di pnb batam

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum mengarah pada bahasan terkait daftar program studi apa saja yang dibuka oleh Politeknik Negeri Batam yang ada di Kota Batam ini, alangkah lebih baiknya untuk kita mengetahui terlebih dahulu tentang fakultas dan juga jurusan.

1. Jurusan

KBBI memberikan arti terhadap Program Studi sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Atas penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Sekretari, Perpustakaan dan Kearsipan, Ilmu Hukum dsb.

2. Fakultas

KBBI memberikan arti terhadap fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Atas penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Geografi, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UHO, UDINUS, Universitas Narotomo) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Farmasi, Fakultas Peternakan). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknologi Pangan, Teknologi Hasil Perikanan).

Tentang STAIN Sultan Abdurrahman

Untuk kita yang beralamatkan di Provinsi Kepulauan Riau, pasti tidak asing dengan jajaran nama-nama kampus favorit yang ada disana seperti UNIBA, UMRAH, Uniersitas Internasional Batam dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Politeknik Negeri Batam atau lebih akrab disebut dengan singkatan POLIBATAM.

POLIBATAM adalah perguruan tinggi yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Perguruan Tinggi ini beralamatkan tepatnya di Jl. Ahmad Yani, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

Politeknik Negeri Batama diresmikan oleh Mendiknas RI berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional bulan Oktober 2000. Pada mulanya kampus ini berlokasikan di Batu Ampar dan masih menyandang status sebagai perguruan tinggi swasta. Hingga akhirnya sekarang Polibatam telah memiliki gedung sendiri di Batam Center sejak tahun 2006. Kemudian semenjak Tahun 2010 statusnya dikembangkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Daftar Jurusan Di Polibatam

Sampai detik ini Polibatam telah membuka sebanyak 4 buah jurusan. Berikut ini merupakan daftar Program Studi yang dibuka oleh Politeknik Negeri Batam.

1. Jurusan Manajemen Bisnis. Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi yaitu :
  • D3 Akuntansi (Diploma 3)
  • D4 Akuntansi Manajerial (Sarjana Terapan)
  • D4 Administrasi Bisnis Terapan (Sarjana Terapan)
  • D4 Logistik Perdagangan Internasional (Sarjana Terapan)
  • D4 Business Administration (International Class Program) (Sarjana Terapan)

2. Jurusan Teknik Elektro. Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi yaitu :
  • D3 Teknik Elektronika (Diploma 3)
  • D3 Teknik Instrumentasi (Diploma 3)
  • D3 Teknik Elektronika Manufaktur (Diploma 3)
  • D4 Teknik Robotika (Sarjana Terapan)
  • D4 Teknik Mekatronika (Sarjana Terapan)
  • D4 Teknik Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi (Sarjana Terapan)

3. Jurusan Teknik Informatika. Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi yaitu :
  • D3 Teknik Informatika (Diploma 3)
  • D3 Teknik Geomatika (Diploma 3)
  • D4 Teknik Multimedia dan Jaringan (Sarjana Terapan)
  • D4 Animasi (Sarjana Terapan)
  • D4 Rekayasa Keamanan Siber (Sarjana Terapan)

4. Jurusan Teknik Mesin. Jurusan ini dibagi lagi menjadi beberapa Program Studi yaitu :
  • D3 Teknik Mesin (Diploma 3)
  • D3 Teknik Perawatan Pesawat Udara (Diploma 3)
  • D3 Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal (Diploma 3)

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) merupakan pengakuan terhadap Capaian Pembelajaran (CP) yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal / pendidikan nonformal / informal, dan atau pengalaman kerja pada jenjang pendidikan tinggi, dimulai pada level 3 KKNI (program D1) hingga jenjang kualifikasi KKNI level 9 (Program Doktor). RPL terdiri dari beberapa Program Studi diantaranya :
  • Administrasi Bisnis Terapan (Sarjana Terapan)
  • Akuntansi Manajerial (Sarjana Terapan)
  • Teknik Multimedia dan Jaringan (Sarjana Terapan)
  • Teknik Mekatronika (Sarjana Terapan)

Politeknik Negeri Batam adalah salah satu peguruan tinggi favorit yang ada di Provinsi Kepulauan Riau yang mana hal itu membuat persaingannya di sekolah tinggi ini setiap tahunnya semakin naik. Dengan adanya tulisan ini kami berharap semoga bisa menambah pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Batam.

Itulah tadi pemaparan yang bisa kami sampaikan untuk kali ini. sbmpn politeknik batam jurusan penerbangan, universitas negeri batam, golongan ukt, learning, pengajuan ukt, sim polibatam, umpn, registrasi, login, paket polibatam, biaya kuliah di poltek batam, soal tes masuk, daftar ukt, pendaftaran politeknik negeri batam, keunggulan, peringkat, akreditasi jurusan politeknik negeri batam kelas karyawan.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments