Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Fitur Lihat Jawaban Sebelumnya Google Form

Daftar Isi [show]

Cara Membuat Fitur Lihat Jawaban Sebelumnya Google Form

Soalskul.com - Cara membuat formulir Google Form agar responden bisa melihat jawaban sebelumnya yang sudah dikirim. Holla sobat skul, seneng banget nih sekarang kami masih tetap bisa konsisten dengan membawakan artikel yang menarik dan bermanfaat tentunya hehee.

Pada beberapa artikel sebelumnya kami sudah banyak sekali membahas tips n trik seputar Google Form. Nah untuk artikel kali ini kami juga masih memiliki tips n trik Google Form yang belakangan ini banyak direquest untuk di buatkan tutorialnya yaitu tentang cara memunculkan fitur di Gform agar responden bisa melihat jawaban sebelumnya yang sudah dikirim.

Fitur lihat jawaban sebelumnya memang dibeberapa kesempatan dibutuhkan oleh beberapa orang untuk memastikan apakah jawaban yang dikirimkan sesuai dengan apa yang diharapkan ataupun tidak.

Selain itu fitur lihat jawaban sebelumnya ini juga biasa digunakan oleh guru atau dosen pada saat mereka membuat soal ujian agar para siswa bisa melihat jawaban mereka sebelumnya sehingga bisa dijadikan acuan untuk pembelajaran selanjutnya.

Pada Google Form rupanya ada loh fitur agar membuat formulir yang kita buat bisa dilihat kembali jawabannya setelah kita kirim. Nah untuk cara yang lengkap dan mudahnya kamu bisa langsung simak pembahasannya dibaawah ya!!

Baca Juga : Contoh Soal Dan Pembahasan Dimensi Tiga (TERLENGKAP)

Cara Membuat Gform Agar Responden Bisa Melihat Jawaban Sebelumnya

Dibawah sini ada 8 langkah cara agar kamu bisa memunculkan fitur lihat jawaban sebelumnya setelah tanggapan dikirim..

Langkah 1 : Buka dahulu Google Form melalui Gdrive lalu dibagian kiri atas klik tanda “+” yang bertuliskan “NEW” kemudian pilihlah opsi “Google Form”. Untuk cara yang lebih gampang kamu bisa klik secara langsung link Google Form ini.

Langkah 2 : Seperti biasa langkah selanjutnya kamu bisa masukan judul, deskripsi, dan soal / pertanyaannya.

Langkah 3 : Setelah formulir selesai dibuat, sekarang tinggal masuk ke menu setting.
Langkah 4 : Maka kamu akan dibawa ke halaman baru yang berisikan berbagai jenis pengaturan didalamnya.

Langkah 5 : Untuk membuat formulir agar responden bisa melihat jawaban sebelumnya yang sudah dikirim, caranya sangatlah mudah yaitu dengan Aktifkan fitur "Kumpulkan alamat email". 

Langkah 6 : Dibagian "Mengirim salinan jawaban responden" rubah opsinya menjadi "Selalu" atau "Bila diminta". 

Langkah 7 : Peserta akan otomatis menerma hasil jawaban ke email yang didaftarkan saat mengisi formulir bila memilih opsi "Selalu". 

Langkah 8 : Peserta akan diberi opsi tambahan di akhir formulir apakah mereka mau dikirimi salinan jawaban ke email bila memilih opsi "Bila diminta". 

Langkah 9 : Proses selesai dilakukan sekarang tinggal kita mengirim link formulir yang sudah kita buat dengan klik “Kirim” dibagian pojok kanan atas halaman.

Hasilnya bila kamu sudah selesai mengirim jawaban, maka kamu bisa melihat hasil jawaban yang telah kamu isi di email yang dikirimkan oleh Google Form.
Baca Juga : Cara Lengkap Share Screen Google Meet di Laptop & HP

Kesimpulan

Itu tadi tutorial dari kami untuk membuat formulir di Google Form agar responden bisa melihat hasil jawaban yang telah mereka kirim sebelumnya. Rupanya tidak sesusah yang dibayangkan bukan, Gform sebenarnya sudah memberikan banyak fitur menarik dan berguna bagi para pengguna, sekarang tinggal kita tahu cara menggunakannya atau tidak.

Semoga ulasan kami kali ini bisa membantu teman-teman semua dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami saat ini. Jangan lupa nantikan artikel menarik dan bermanfaat lainnya yaa!!. Cara mengetahui kunci jawaban di microsoft teams, cara melihat hasil jawaban teman di google form yang kita buat, ctrlu, dengan inspect element, yang pernah kita kirim.

Show comments