Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STMIK AMIK Riau 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di STMIK AMIK Riau. Hei sahabat skul, pada kesempatan ini topik yang kami bawakan akan berbeda dari sebelumnya dimana sebelumnya banyak mengulik tentang soal dan pembahasan UTBK hingga Seleksi Mandiri dibeberapa perguruan tinggi. Nah, dalam tulisan ini pembahasan yang kami berikan yaitu terkait daftar Fakultas dan Jurusan disemua perguruan tinggi di Indonesia.

Penting untuk kita sebagai calon mahasiswa sebelum berkecimpung dalam lingkup perkampusan untuk memilih Program Studi dan juga Perguruan Tinggi dengan tepat dan juga cermat. Dengan kita masuk dalam Jurusan dan Universitas yang tepat tersebut, tentunya hal itu akan membuat perkuliahan yang kita lewati nantinya berjalan dengan lebih nyaman dan maksimal.

daftar jurusan di stmik amik riau

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas mengenai daftar jurusan yang dibuka oleh STKIP AMIK Riau yang ada di kota Pekanbaru ini, akan kami terangkan terlebih dahulu mengenai apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Sesuai pengertian yang tersemat didalam KBBI, Jurusan adalah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Dari pemaparan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Arsitektur, Teknik Geofisika, Biologi dsb.

2. Fakultas

Sesuai pengertian yang tersemat didalam KBBI, Fakultas adalah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dari pemaparan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknologi Kelautan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (ITS, UNP, Gunadarma) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Teknik Industri, Fakultas Saintek, FASILKOM). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Desain Interior, Desain Komunikasi Visual).

Tentang STMK AMIK Riau

Bagi kita yang berada disekitar Provinsi Riau, akan tidak asing dengan jajaran nama kampus yang menjadi favorit disana seperti STIE Purna Graha, UNRI, STKIP Aisyiyah dsb. Namun selain kampus itu, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Riau (STMIK Riau) dan Akademi Manajemen Informatika Komputer Riau (AMIK Riau) atau lebih akrab disebut dengan singkatan STMIK AMIK Riau.

STMIK AMIK Riau merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Universitas ini beralamatkan tepatnya di Jl. Purwodadi Indah KM.10, Sidomulyo Barat, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau, Indonesia.

Kampus ini berdiri dibawah naungan Yayasan Komputasi Riau (YKR). Kampus ini didirikan dengan menggabungkan dua perguruan tinggi komputer pertama yang ada di Provinsi Riau, yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Riau (STMIK Riau) dan Akademi Manajemen Informatika Komputer Riau (AMIK Riau).

STMIK Riau berdiri sejak 1996, sedangkan AMIK Riau berdiri sejak 1990. Dalam rangka meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan mutu pelayanan, maka pada tahun 2006 dilakukan peleburan atas kedua kampus ini menjadi satu yaitu STMIK AMIK Riau berdasarkan Keputusan Mendiknas RI.

Daftar Jurusan Di STMIK AMIK Riau

Sampai sekarang ini STMIK AMIK Riau baru membuka sebanyak 4 buah Jurusan. Berikut merupakan daftar Program Studi yang dibuka oleh STMIK AMIK Riau.
  1. S1 Teknik Informatika
  2. S1 Sistem Informasi
  3. S1 Teknologi Informasi
  4. S1 Manajemen Informatika

STMIK AMIK Riau adalah kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya nampak dimana kampus ini merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang membuat persaingan di STMIK AMIK Riau ini setiap tahunnya selalu meningkat naik. Dengan adanya pembahasan ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STMIK AMIK Riau.

Itulah tadi pemaparan kami tentang kampus ini. pendaftaran, akreditasi kampus, e learning, daftar hadir dosen, kepanjangan stmik amik riau, alamat, jurusan, ebaak, krs online, biaya kuliah stmik amik riau pekanbaru, forlap dikti, pengumuman, logo, registrasi stmik amik riau ac id.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments