Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan Universitas Pahlawan 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP). Hallo sahabat skul, teramat senang perasaan kami karena hingga kini kekonsistenan kami dalam menghadirkan artikel yang bermanfaat bisa tetap terjaga. Artikel yang kami bawakan kali ini akan lain dari sebelumnya dimana sebelumnya banyak berisikan terkait soal dan pembahasan Ujian Mandiri di beberapa kampus mulai dari kedinasan hingga non kedinasan. Nah, untuk sekarang topik yang akan dibawakan membahas terkait daftar fakultas dan jurusan di semua kampus yang ada di Indonesia.

Menjadi bagian dari Jurusan dan Universitas yang tepat merupakn satu hal yang penting bagi kita yang inging menjadi mahasiswa. Dengan kita masuk dalam prodi dan kampus yang tepat dan sesuai dengan apa yng kita inginkan, maka hal itu akan membantu kita dalam menjalankan perkuliahan dengan perasaan nyaman sehingga hasil studi yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

daftar fakultas jurusan universitas pahlawan

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum membahas lebih jauh tentang daftar fakultas dan jurusan di Universitas Pahlawan yang ada di Kabupaten Kampar ini, kami akan memberitahu sedikit tentang apa itu Jurusan dan Fakultas.

1. Jurusan

Dari penjelasan yang dituliskan dalam KBBI, jadi jurusan diartikan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan pemaparan tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Profesi Ners, Ilmu Hukum, Kewirausahaan dsb.

2. Fakultas

Dari penjelasan yang dituliskan dalam KBBI, jadi fakultas diartikan sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tersebut bisa diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Sains dan Teknologi yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Teknik Informatika, Teknik Sipil, Biologi dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UIN Yogyakarta, UPI, UKWMS) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Kesehatan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Gizi, Keperawatan, Kebidanan).

Tentang Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Untuk kita yang beralamatkan disekitaran Provinsi Riau, pasti akan tidak asing dengan nama-nama universitas favorit disana seperti UNIKS, UIR, UPP dsb. Akan tetapi bukan hanya kampus tersebut, ada pula kampus lain yang juga merupakan kampus favorit disana yaitu Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai atau lebih akrab disebut dengan singkatan Universitas Pahlawan (UP).

Universitas Pahlawan adalah perguruan tinggi yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Jl. Tuanku Tambusai No.23, Bangkinang, Kec. Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia. Universitas Pahlawan merupakan kampus yang berada dibawah naungan Yayasan Pahlawan Tuanku Tambusai Riau.

Berdirinya kampus ini merupakan peleburan dari dua sekolah tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Tuanku Tambusai yang berdiri sejak tahun 2006, dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pahlawan Tuanku Tambusai yang berdiri sejak tahun 2012. Kemudian pada tahun 2017 akhirnya penggabungan dua sekolah tinggi ini disetujui dan berubahlah namanya menjadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UP

Hingga kini Universitas Pahlawan membuka sebanyak 6 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan prodi yang cukup bervariasi mulai dari Diploma hingga Sarjana. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Pahlawan (UP).

1. Fakultas Kesehatan
  • D3 Keperawatan
  • D3 Kebidanan
  • D4 Kebidanan
  • S1 Keperawatan
  • S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • S1 Gizi
  • Profesi Ners

2. Fakultas Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  • S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD)
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Bahasa Ingrris
  • S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjaskesrek)

3. Fakultas Sains dan Teknologi
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Informatika

4. Fakultas Hukum
  • S1 Hukum

5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • S1 Kewirausahaan
  • S1 Ekonomi Syariah

6. Fakultas Peternakan dan Kehutanan
  • S1 Peternakan
  • S1 Kehutanan

Universitas Pahlawan merupakan kampus yang berprestasi, maka tidak heran persaingan di UP setiap tahunnya selalu meningkat. Dengan hadirnya artikel ini semoga bisa menambahkan wawasan kita terkait daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. akreditasi kampus, bidik misi, alamat, pendaftaran universitas pahlawan tuanku tambusai negeri atau swasta, sains, biaya kuliah, akreditasi jurusan, jurusan yang ada di universitas pahlawan tuanku tambusai, moodle, login iraise universitas pahlawan.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments