Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STAI Ibnu Sina Batam 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam. Hello sobat skul, masuk dalam jurusan dan universitas impian merupakan sebuah hal yang dicita - citakan oleh kebanyakan mahasiswa. Dengan kita menjadi bagian dari jurusan dan universitas yang tepat tentunya akan membuat studi yang kita jalankan berjalan dengan lancar dan lebih maksimal.

Pada beberapa kesempatan lalu kami telah banyak membahas tentang soal dan pembahasan UTBK hingga ujian mandiri di beberapa perguruan tinggi. Tentu kurang pas rasanya bila kami hanya menyajikan soal dan pembahasan tersebut tanpa memaparkan daftar jurusan dan fakultas disebuah universitas. Oleh karenanya kali ini bahasan yang akan kami bawakan akan membahas apa saja si jurusan dan fakultas yang dibuka oleh sebuah perguruan tinggi. Adapun perguruan tinggi yang kami bahas kali ini yaitu STAI Ibnu Sina Batam.

daftar jurusan di stai ibnu sina

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Memahami apa itu jurusan dan fakultas sebelum melanjutkan ke jenjang perkuliahan dirasa penting bagi kita calon mahasiswa karena hal tersebut akan mengarahkan kita pada pilihan yang tepat atas fakultas dan jurusan tersebut. Berikut penjelasan sedikit terkait fakultas dan jurusan.

1. Jurusan

KBBI menyematkan definisi kepada jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Atas penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Bimbingan dan Konseling, Ilmu Hukum, Ekonomi Pembangunan dsb.

2. Fakultas

KBBI menyematkan definisi kepada fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Atas penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Bahasa dan Sastra yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Etnomusikologi, Sastra Jepang, Sastra Inggris dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UPGRIS, UNIDA, UGM) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas MIPA). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris).

Tentang STAI Ibnu Sina Batam

Untuk kita yang bertempat tinggal di Provinsi Kepulauan Riau, pasti akan tidak asing dengan jajaran nama-nama kampus favorit disana seperti STIE Ibnu Sina, Universitas Ibnu Sina, STT Ibni sina dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Sina Batam atau lebih akrab disebut dengan singkatan STAI Ibnu Sina.

STAI Ibnu Sina Batam adalah sekolah tinggi yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Sekolah Tinggi ini beralamatkan tepatnya di Jl. Teuku Umar, Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

STAI Ibnu Sina merupakan salah satu perguruan tinggi yang berdiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam (YAPISTA). Yayasan ini sudah dibangun sejak tanggal 14 Juli 1977. Hingga tahun 1992 YAPISTA sudah mengasuh beberapa sekolah dibeberapa jenjang mulai dari TK, SD, SMP, SMK dan ada pula STIE Ibnu Sina. Atas dasar ikut serta dalam peningkatan mutu sumber daya manusia dibidang agama islam maka dibentuklah STAI Ibnu Sina oleh YAPISTA.

Daftar Jurusan Di STAI Ibnu Sina Batam

Hingga kini STAI Ibnu Sina Batam baru membuka sebanyak 3 buah jurusan. Berikut merupakan daftar jurusan yang dibuka oleh STAI Ibnu Sina Batam.
  1. S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
  2. S1 Muamalah / Hukum Ekonomi Syariah (HESy)
  3. S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

STAI Ibnu Sina merupakan sebuah peguruan tinggi favorit yang ada di Provinsi Kepulauan Riau yang mana hal tersebut menjadikan persaingannya di STAI Ibnu Sina Batam ini setiap tahunnya semakin melonjak naik. Dengan adanya tulisan ini kami berharap semoga bisa menambah pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STAI Ibnu Sina Batam. stt, biaya stikes ibnu sina batam, brosur, siakad, jurusan stai, stie, universitas ibnu sina batam, jurusan k3, biaya kuliah, pendaftaran ibnu sina batam.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments