Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STKIP PGRI Sumbar 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di STKIP PGRI Sumatera Barat (TERBARU). Hello sobat skul, senang rasanya bisa berjumpa kembali dikesempatan ini dengan tetap konsisten memaparkan sebuah artikel yang harapan kami pembahasan yang diberikan menarik untuk dibaca dan bisa bermanfaat. Dibeberapa artikel yang kami paparkan beberapa waktu lalu banyak mengulik terkait soal dan pembahasan Ujian Mandiri dan UTBK. Untuk lebih lengkapnya bisa kalian cari dikolom pencarian.

Sebelum kita menuju dalam dunia perkampusan, alangkah penting bagi kita menentukan Jurusan perkuliahan dan menentukan Perguruan Tinggi sebagai tempat menempuh pendidikan nantinya dengan tepat dan juga cermat. Bila kita menjadi bagian dari Jurusan dan Perguruan Tinggi yang sesuai, maka itu akan mengantarkan kita pada proses perkuliahan yang nyaman sehingga menghasilkan hasil yang maksimal.

daftar jurusan stkip pgri sumatera barat

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum mengulik terkait daftar Jurusan yang ada di STKIP PGRI Sumatera Barat yang ada di Kota Padang ini, kami akan membawa kalian untuk memahami apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Sesuai definisi yang dituliskan oleh KBBI, Jurusan diartikan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Arkeologi, Sastra Inggris dsb.

2. Fakultas

Sesuai definisi yang dituliskan oleh KBBI, Fakultas diartikan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Teknik Mekatronika, Teknik Industri, Teknik Kimia dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (ITM, UQB, UMSU) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Agama Islam, FKIP, FEB). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan IPA, Pendidikan Informatika, PGSD).

Tentang STKIP PGRI Sumatera Barat

Bagi kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Barat, akan tidak asing dengan jajaran nama-nama kampus yang menjadi favorit disana diantaranya STKIP Ahlussunnah, UMMY, UMSB dsb. Namun selain kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia Sumatera Barat atau lebih akrab disebut dengan singkatan STKIP PGRI Sumbar.

STKIP PGRI Sumatra Barat merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. Gn. Pangilun, Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

Kampus ini didirikan berdasarkan atas surat izin Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah I tertanggal 22 Mei 1984. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 1986, STKIP PGRI Sumbar ditingkatkan statusnya dari izin operasional menjadi terdaftar.

Daftar Jurusan Di STKIP PGRI Sumbar

Hingga sekarang ini STKIP PGRI Padang membuka sebanyak 14 buah Program Studi. Berikut adalah daftar Program Studi yang dibuka oleh STKIP PGRI Sumbar.
  1. S1 Pendidikan Biologi
  2. S1 Pendidikan Sejarah
  3. S1 Pendidikan Geografi
  4. S1 Pendidikan Matematika
  5. S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  6. S1 Bimbingan & Konseling
  7. S1 Pendidikan Sosiologi 
  8. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  9. S1 Pendidikan Ekonomi
  10. S1 Pendidikan Informatika
  11. S1 Pendidikan Fisika
  12. S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  13. S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
  14. S1 Pendidikan Akuntansi

STKIP PGRI Padang merupakan satu dari banyak kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang menghantarkan persaingan di STKIP PGRI Sumbar ini setiap tahunnya selalu melonjak. Dengan hadirnya tulisan ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STKIP PGRI Sumatera Barat.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan dikampus ini. jurusan di stkip adzkia padang, kalender akademik, alamat, akreditasi prodi geografi, biaya kuliah stkip pgri sumbar, daftar ulang, jurusan, biaya kuliah, pendaftaran stkip pgri padang, lirik mars, jurusan, uppl, baak, akreditasi, pendaftaran, portal stkip pgri sumbar, e learning stkip pgri sumatera barat.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments