Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STKIP Abdi Pendidikan 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh (TERBARU). Hei sobat skul, senang rasanya bisa berjumpa lagi dikesempatan kali ini dengan tetap konsisten menyajikan sebuah tulisan yang harapan kami pembahasannya menarik untuk dibaca dan bisa bermanfaat untuk kita semua. Pada beberapa pembahasan yang kami sandingkan beberapa waktu lalu banyak membahas terkait soal dan pembahasan Ujian Mandiri dan juga UTBK. Untuk lebih lengkapnya bisa cari dikolom pencarian.

Sebelum hijrah dalam lingkungan perkampusan, penting bagi calon mahasiswa menentukan Jurusan kuliah dan memilih Perguruan Tinggi sebagai tempat menempuh pendidikan nantinya dengan tepat dan juga cermat. Dengan masuknya kita dalam Jurusan dan Perguruan Tinggi yang tepat, maka itu akan membuat berlangsungnya perkuliahan yang kita lalui terlaksana dengan nyaman dan maksimal.

daftar jurusan stkip abdi pendidikan

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum beranjak menuju pembahasan utama kita mengulik tentang daftar Jurusan yang ada di STKIP Abdi Pendidikan yang ada di Payakumbuh ini, kami akan membawa kalian untuk memahami apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Sesuai definisi yang tertulis dalam KBBI, Jurusan memiliki arti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Ilmu Politik, Ilmu Keperawatan, Arkeologi dsb.

2. Fakultas

Sesuai definisi yang tertulis dalam KBBI, Fakultas memiliki arti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Peternakan yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Kesehatan Hewan, Peternakan, Teknologi Hasil Perikanan dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNILA, UNAND, UNSYIAH) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Lingkungan, Teknik Elektro, Teknik Kimia).

Tentang STKIP Abdi Pendidikan 

Bagi kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Barat, akan tidak asing dengan nama-nama kampus yang menjadi favorit disana seperti Poltekkes Padang, UNDHARI, UBH Padang dsb. Namun selain kampus itu, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh atau lebih akrab disebut dengan singkatan STKIP YAP Payakumbuh.

STKIP Payakumbuh merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Padang Tiakar Hilir, Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia.

Pada mulanya kampus ini didirikan di Bukittinggi pada tahun 1984. Setelah menghadap ke Kopertis Wilayah I Medan, akhirnya Kopertis memberikan izin untuk berdirinya STKIP Abdi Pendidikan pada tahun 1984 di Bukittinggi.

Atas permintaan Walikota Payakumbuh yang menginginkan STKIP Abdi Pendidikan secara keseluruhan dipindahkan ke Payakumbuh, maka kampus ini akhirnya dialihkan dari Bukittinggi ke Payakumbuh tahun 1999.

Daftar Jurusan Di STKIP Payakumbuh

Hingga sekarang ini STKIP YAP Payakumbuh membuka sebanyak 5 buah Program Studi. Berikut adalah daftar Program Studi yang dibuka oleh STKIP YAP Payakumbuh.
  1. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  4. S1 Pendidikan Sejarah
  5. S1 Pendidikan Biologi

STKIP Yayasan Abdi Pendidikan merupakan satu dari banyak kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang membuat persaingan di STKIP Payakumbuh ini setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Dengan hadirnya tulisan ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STKIP YAP Payakumbuh.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan dikampus ini. alamat, akreditasi, siadak, jurusan stkip abdi pendidikan payakumbuh, stt, biaya kuliah, pendaftaran, jurusan di stkip payakumbuh.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments