Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STKIP Ahlussunnah 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di STKIP Ahlussunnah Bukittinggi (TERBARU). Helo sobat skul, senang rasanya bisa hadir kembali dikesempatan kali ini dengan tetap konsisten menyajikan sebuah tulisan yang harapannya pembahasan yang diberikan menarik untuk dibaca dan bisa bermanfaat untuk kita semua. Pada beberapa artikel yang kami paparkan dibeberapa waktu lalu banyak membahas terkait soal dan pembahasan UTBK dan Ujian Mandiri. Untuk lebih lengkapnya bisa kalian cari dikolom pencarian.

Sebelum hijrah menuju dunia perkuliahan, penting bagi kita menentukan Jurusan kuliah dan menentukan Perguruan Tinggi sebagai tempat menempuh pendidikan nantinya dengan tepat dan tentunya cermat. Dengan kita masuk dalam Jurusan dan Perguruan Tinggi yang sesuai, maka itu akan membuat berjalannya perkuliahan yang kita lalui terlaksana dengan perasaan nyaman dan maksimal.

daftar jurusan stkip ahlussunnah bukittinggi

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum mengulik tentang daftar Jurusan yang ada di STKIP Ahlussunnah yang ada di Bukittinggi ini, kami akan membawa kalian untuk memahami apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Sesuai definisi yang ditulis dalam KBBI, Jurusan diartikan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi,  jurusan manajemen;". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Arkeologi, Teknik Industri, Farmasi dsb.

2. Fakultas

Sesuai definisi yang ditulis dalam KBBI, Fakultas diartikan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Berdasarkan penjelasan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Sains dan Teknologi yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Kimia, DKV, Sistem Informasi dsb.

Agar mempermudah saat memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UISU, UNSYIAH, UNPAD) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Bahasa dan Sastra). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Sastra Inggris, Sastra Mandarin, Sastra Jepang).

Tentang STKIP Ahlussunnah

Bagi kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Barat, akan tidak asing dengan jajaran nama-nama kampus yang menjadi favorit disana seperti STKIP Payakumbuh, UNU Sumbar, UNAND dsb. Namun selain kampus itu, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ahlussunnah Bukittinggi atau lebih akrab disebut dengan singkatan STKIP Ahlussunnah.

STKIP Ahlussunnah merupakan salah satu kampus yang berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. Diponegoro No.8, Tarok Dipo, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia.

STKIP Ahlussunnah didirikan oleh sebuah yayasan yaitu Yayasan Ahlussunnah pada bulan Juni 1984. Pada awal didirikannya kampus ini mendapatkan izin sebagai STIPS, hingga akhirnya mengalami perubahan status menjadi STKIP.

Daftar Jurusan Di STKIP Ahlussunnah

Hingga sekarang ini STKIP Bukittinggi membuka sebanyak 5 buah Program Studi. Berikut adalah daftar Program Studi yang dibuka oleh STKIP Ahlussunnah Bukittinggi.
  1. S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
  2. S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
  3. S1 Pendidikan Biologi
  4. S1 Pendidikan Geografi
  5. S1 Pendidikan Matematika

STKIP Ahlussunnah merupakan satu dari banyak kampus yang berprestasi, salah satu prestasinya terlihat dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang membuat persaingan di STKIP Bukittinggi ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Dengan hadirnya tulisan ini kami harap semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Jurusan yang ada di STKIP Ahlussunnah Bukittinggi.

Itulah tadi pemaparan kami terkait daftar fakultas dan jurusan dikampus ini. universitas sabtu minggu, swasta, yang ada di bukittinggi, siadak, akreditasi, portal, pendaftaran, biaya kuliah stkip ahlussunnah bukittinggi, jurusan yang ada, pendaftaran stkip bukittinggi.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments