Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan UPMI Medan 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan (TERBARU). Hello sahabat skul, amat senang rasanya karena hingga sekarang kami masih dapat untuk tetap konsisten memberikan informasi yang harapannya bisa bermanfaat untuk kita semua. Pada pembahasan yang kami bawakan ini akan membahas mengenai daftar fakultas dan jurusan disemua Perguruan Tinggi di Indonesia. Pada tulisan sebelumnya kami juga telah membawakan bahasan yang isinya mengenai soal dan pembahasan Ujian Mandiri dan UTBK.

Hal yang penting bagi calon mahasiswa lakukan sebelum merambah dunia kampus yaitu menentukan Jurusan dengan tepat. Dengan masuknya kita dalam Prodi yang sesuai makan itu akan membantu dalam mensukseskan jalannya pendidikan kita. Memilih prodi yang tepat berarti kita melakukan pilihan atas jurusan yang sesuai dengan bidang yang kita kuasai.

Bukan hanya saja dalam menentukan Prodi, saat menentukan kampus kita juga harus persiapkan dengan pilihan yang tepat. Dengan kita masuk dan menjadi bagian dari kampus yang tepat dalam artian lokasi kampus dan biaya kuliahnya yang sesuai, maka dengan itu akan membantu mempermudah kita dalam menjalankan perkuliahan.

daftar fakultas jurusan upmi medan

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum memulai bahasan utama kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia yang ada di Kota Medan ini, kami akan mengajak kalian untuk sedikit memahami apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Menurut penjelasan yang dipaparkan KBBI, jadi Jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut tafsiran tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Arsitektur, Ilmu Administrasi Negara, Geografi dsb.

2. Fakultas

Menurut penjelasan yang dipaparkan KBBI, jadi Fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut tafsiran tersebut bisa diartikan juga bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi beberapa jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FKIP yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Pendidikan Biologi, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNIMED, UIN Bandung, ITB) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, FKIP). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Elektronika, Teknik Elektro, Teknik Kimia).

Tentang Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Untuk kita yang tinggal disekitar Provinsi Sumatera Utara, pasti tidak asing dengan deretan Perguruan Tinggi yang menjadi favorit disana yaitu ada POLIMED, IT DEL, UHN dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yang mana lokasinya berada di Kota Medan yaitu ada Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia atau sering disebut dengan singkatan UPMI Medan.

Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia adalah salah satu universitas yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. Teladan No.15, Teladan Bar., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

UPMI berdiri dibawah pengawasan dan pembinaan Kopertis Wilayah 1 Sumatera Utara. Adapun Badan Hukum penyelenggara kampus ini adalah Yayasan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Syahruddin (YUPMI-S) yang didirikan tanggal 1 November 2010.

Berdirinya UPMI merupakan penggabungan dari beberapa sekolah tinggi yang berada dibawah kordinasi YUPMI-S yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Pertanian, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, dan Sekolah Tinggi Teknik.

Berdasarkan SK Mendikbud RI tertanggal 17 Desember 1991 maka keempat sekolah tinggi tersebut dilebur menjadi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di UPMI

Sampai sekarang UPMI Medan membuka sebanyak 7 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Program Studi yang cukup bervariasi mulai dari Sarjana hingga Magister. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

1. Fakultas Ilmu Administrasi
  • S1 Ilmu Administrasi Negara
  • S2 Ilmu Administrasi

2. Fakultas Ekonomi
  • S1 Manajemen

3. Fakultas Hukum
  • S1 Ilmu Hukum
  • S2 Ilmu Hukum

4. Fakultas Pertanian
  • S1 Agroteknologi

5. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Elektro

6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris

7. Fakultas Ilmu Komputer
  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknologi Informasi

UPMI Medan merupakan kampus yang berprestasi, prestasi yang membanggakan nampak dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di UPMI Medan selalu melonjak. Dengan adanya artikel ini semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

Itulah pembahasan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. pendaftaran, rektor, fakultas, akreditasi upmi medan, jurusan, s2, brosur, biaya kuliah di upmi medan kelas karyawan, akreditasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments