Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan IKIP Gunungsitoli 2021 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di IKIP Gunungsitoli Sumatera Utara (TERBARU). Hai sahabat skul, senang rasanya karena hingga hari ini kami masih bisa tetap konsisten membawakan artikel yang harapan kami bisa bermanfaat untuk kita semua. Pada srtikel yang kini kami bawakan akan membahas mengenai daftar fakultas dan jurusan disemua universitas yang ada di Indonesia. Sebelumnya kami juga telah membuat artikel yang isinya mengenai soal dan pembahasan UTBK dan Ujian Mandiri.

Hal sangat penting yang harus calon maba lakukan sebelum masuk dunia perkampusan yaitu menentukan Jurusan perkuliahan dengan tepat. Dengan kita bergabung dalam Jurusan yang sesuai, maka itu akan membantu kita dalam menjalankan perkuliahan nantinya. Memilih Program Studi yang tepat berarti kita memilih Prodi yang sesuai dengan keahlian yang kita miliki.

Bukan hanya saat memilih Jurusan, tetapi saat memilih Universitas kita juga harus mempersiapkan pilihan itu dengan tepat dan matang. Bila kita masuk menjadi bagian Universitas yang tepat dalam arti lokasi dan biaya kuliahnya yang sesuai dengan keinginan dan keadaan kita, maka itu akan membantu mempermudah kita dalam menempuh pendidikan.

daftar fakultas jurusan ikip gunungsitoli

Mengenal Apa Itu Jurusan dan Fakultas

Sebelum melanjutkan topik utama kita yang membahas tentang daftar Fakultas dan Jurusan di IKIP Gunungsitoli yang ada di Kota Gunungsitoli ini, kami akan mengajak kalian untuk sedikit memahami tentang apa itu Jurusan dan juga Fakultas.

1. Jurusan

Menurut pengertian yang dipaparkan dalam KBBI, jadi Jurusan ialah "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Berdasarkan tafsiran tersebut bisa diartikan juga bahwa Jurusan adalah sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Seni Kriya, Statistika, Sistem Informasi dsb.

2. Fakultas

Menurut pengertian yang dipaparkan dalam KBBI, jadi Fakultas ialah "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". berdasarkan tafsiran tersebut bisa diartikan juga bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi beberapa jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial yang didalamnya terdapat Jurusan seperti Pendidikan Ekonomi, Pendidikan PKN dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UDINUS, UNSRI, UNS) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Agama Islam, Fakultas Saintek, Fakultas Ekonomi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Sistem Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer).

Tentang IKIP Gunungsitoli

Untuk kita yang tinggal di Provinsi Sumatera Utara, pasti tidak asing dengan deretan Perguruan Tinggi yang menjadi favorit disana yaitu ada UPMI Medan, UQB, UTND dsb. Namun bukan hanya kampus tersebut, ada lagi kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu ada Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Gunungsitoli atau sering disebut dengan singkatan IKIP Gunungsitoli.

IKIP Gunungsitoli adalah salah satu universitas yang bersetatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini didirikan tepatnya di Jalan Yos Sudarso No. 118/E-S, Ombolata Ulu, Gn. Sitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Indonesia.

IKIP Gunungsitoli didirikan tanggal 15 November 1965 yang berada dibawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Nias. Pada mulanya kampus ini menyelenggarakan pendidikan dengan Sistem Paket (Tingkat) Sarjana Muda, dan juga mengelola 3 buah fakultas dan 4 jurusan.

Kemudian berdasarkan SK Mendikbud RI tahun 1979 dan Surat Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah I tertanggl 11 Juli 1984, IKIP Gunungsitoli menyelenggarakan pendidikan dengan Sistem Kredit Semester (SKS).

Daftar Fakultas dan Jurusan Di IKIP Gunungsitoli

Sampai sekarang IKIP Gunung Sitoli membuka sebanyak 5 Fakultas dan terdapat beberapa pilihan Program Studi yang cukup bervariasi yang seluruhnya merupakan Program Sarjana. Berikut merupakan daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di IKIP Gunungsitoli.

1. Fakultas Ilmu Pendidikan
  • S1 Bimbingan dan Konseling

2. Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial
  • S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • S1 Pendidikan Ekonomi

3. Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Biologi

4. Fakultas Pendidikan dan Seni
  • S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris

5. Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
  • S1 Pendidikan Teknik Bangunan

IKIP Gunung Sitoli merupakan kampus yang berprestasi, salah satunya ialah dimana kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia yang mana hal tersebut menjadikan persaingan di IKIP Gunung Sitoli selalu melonjak. Dengan adanya artikel ini semoga bisa memberikan pemahaman kita terkait daftar Fakultas dan Jurusan di IKIP Gunung Sitoli.

Itulah pemaparan kami tentang daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus ini. universitas yang ada di nias, latar belakang, syarat pendaftaran, nim mahasiswa, akreditasi kampus ikip gunungsitoli, forlap, alamat, sisfo, biaya kuliah, jurusan yang ada di ikip gunungsitoli.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya

Baca :
Show comments