Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan ITENAS Bandung 2020 (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas Dan Jurusan Di Instiut Teknologi Nasional Bandung (TERBARU). Hallo sobat skul, kembali lagi dengan kami. Pada beberapa tulisan sebelumnya kami telah banyak membahas informasi seputar kumpulan soal UTBK dan soal ujian masuk sekolah kedinasan Lain halnya untuk sekarang, kali ini kami akan menginformasikan sesuatu hal yang juga cukup menarik yaitu tentang daftar fakultas dan jurusan di kampus-kampus yang ada di Indonesia.

Dalam memilih jurusan kita akan merasakan kebimbangan yang amat membingungkan. Tak heran  karena dalam menentukan jurusan kita akan dihadapkan dengan banyak sekali pilihan yang memiliki karakter dan fokus yang berbeda-beda. Dalam menentukan sebuah jurusan kita harus memperhatikan jurusan mana yang sesuai dengan bidang dan kemampuan kita. Dengan memilih jurusan yang tepat, makah hal tersebut akan mempermudah kita dalam menjalani perkuliahan dan memberikan suasana nyaman sehingga dalam berkuliah bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Satu hal yang juga tak kalah penting dari menentukan jurusan, yaitu kita harus cermat pula dalam menentukan Universitas tujuan kita. Dengan masuknya kita ke dalam kampus yang memang sudah kita mimpikan dari awal, hal tersebut akan memberikan semangat tersendiri bagi kita selama berkuliah sehingga akan mempermudah kita dalam kegiatan pembelajarannya.

daftar fakultas dan jurusan itenas

Mengenal Apa Itu Fakultas dan Jurusan

Sebelum masuk topik utamanya yaitu daftar fakultas dan jurusan di Institut Teknologi Nasional Bandung, kami akan mengajak kalian terlebih dahulu untuk mengenal tentang fakultas dan jurusan. Ini dia penjelasannya.

1. Fakultas

Fakultas dalam KBBI memiliki arti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Fakultas yaitu bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan yang didalamnya terdapat jurusan seperti halnya Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Geodasi dsb.

2. Jurusan

Jurusan dalam KBBI memiliki arti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Jurusan yaitu sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Jurusan Perencanaan Wilayah dan Tataruang/Planologi, Desain Produk, Teknik Kimia dsb.

Untuk mempermudah pemahaman kita, jadi Perguruan Tinggi (ITB, UII, UNPAD) menjadi wadah bagi Fakultas (Fakultas Kelautan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kehutanan). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Program Studi yang memiliki satu frekuensi (Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Industri).

Tentang Institut Teknologi Nasional Bandung

Untuk kita yang berdomisili disekitaran Kota Bandung, pasti tidak asing lagi dengan kampus-kampus favoritnya yaitu ada ITB, UPI, UNPAD dsb. Namun diantara kampus favorit tersebut, ada pula salah satu kampus yang juga menjadi favorit disana yaitu ada Institut Teknologi Nasional Bandung atau yang lebih akrab disebut dengan singkatan ITENAS Bandung.

Institut Teknologi Nasional Bandung adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini berlokasikan tepatnya di Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Berdirinya Itenas tak luput dari jasa yang telah diberikan oleh Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi. Berdasarkan SK Dewan Pengurus yayasan ini pada 14 Desember 1972 maka didirikanlah Akademi Teknologi Nasional (Atenas) sebagai cikal bakal dibenuknya Itenas Bandung.

Lalu pada tanggal 3 Januari 1984 dikeluarkannya SK Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi kembali yang menyatakan perubahan nama kampus ini dari yang sebelumnya Akademi menjadi Institut Teknologi Nasional Bandung hingga sekarang ini.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di ITENAS Bandung

Hingga sekarang ITENAS memiliki 3 Fakultas yang terdapat beberapa pilihan Program Studi didalamnya. Berikut adalah daftar Fakultas dan Jurusan yang ada di Institut Teknologi Nasional Bandung.

1. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Kimia
  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Sistem Informasi
  • S2 Teknik Mesin
  • S2 Teknik Industri

2. Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan (FTSP)

  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Geodesi/Geoinformatika
  • S1 Perencanaan Wilayah dan Tataruang/Planologi
  • S1 Teknik Lingkungan
  • S2 Teknik Sipil

3. Fakultas Seni Rupa Dan Desain (FSRD)

  • S1 Desain Interior
  • S1 Desain Produk
  • S1 Desain Komunikasi Visual
  • S1 Arsitektur

Ada banyak prestasi yang berhasil ditorehkan oleh ITENAS Bandung, salah satu prestasinya yang membanggakan adalah sebagai salah satu Kampus terbaik di Indonesia yang sekaligus membuat persaingan di ITENAS yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan kita terkait Fakultas dan Jurusan yang ada di Institut Teknologi Nasional Bandung.

Itulah tadi daftar Fakultas dan prodi yang ada di kampus ini. akreditasi, pendaftaran, biaya kuliah di itenas bandung, akreditasi perguruan tinggi, biaya kuliah institut teknologi nasional bandung, beasiswa, kalender akademik, pengumuman pmdk itenas bandung.

Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa share ke teman kalian ya

Baca :
Show comments