Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Google Form Untuk Quiz atau Tugas

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Tutorial cara membauat soal di Google Form mudah dan lengkap. Hallo guys, kali ini kami akan membahas ulasan yang banyak di request oleh teman-teman yaitu tentang cara membuat soal di Google Form yang mudah dan lengkap.

Google Formulir atau biasa disebut google Form adalah sebuah layanan yang diberikan google untuk membuat survey atau tanya jawab dengan konsep Formulir online yang disa di custom sesuai dengan kebuthan yang ada.

Google Form sebenarnya bukan produk baru yang diberikan oleh Google, akan tetapi layanan ini semakin tenar semenjak munculnya pandemi covid-19 sebagai media untuk terus bisa melakukan aktifitas selama work from home (WFH).

Adapun kegunaan Google Form yang biasa digunakan diantaranya adalah untuk membuat ujian, quiz, formulir pendaftaran, kuesioner, meminta pendapat orang lain dsb. Meskipun begitu ternyata masih banyak orang yang merasa kebingungan dengan cara membuat dan mengoperasikan Google Form.

Nah oleh karena itu cocok banget buat kamu yang menemukan artikel ini karena disini kami telah menjelaskan secara detail bagaimana cara membuat dan mengoperasikan Google Form dengan ulasan yang mudah dan tentunya lengkap. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan dibawah ya!!

tutorial membuat google form

Baca juga : Kumpulan Soal dan Pembahasan SCPC IPDN (TERBARU)

Cara Membuat Google Form yang mudah dan lengkap

  1. Pastikan kamu memiliki akun Google (Gmail)
  2. Setelah itu kamu masuk ke halaman Google Drive menggunakan akun gmail mu
  3. Di bagian kiri atas ada icon “+” bertuliskan “NEW” lalu klik maka akan muncul beberapa pilihan layanan Google
  4. Pada pilihan layanan Google tersebut cari “Google Form” dan klik lalu kamu akan diarahkan ke halaman pengisian GForm
Untuk cara yang lebih mudah kamu bisa langsung menuju link berikut Google Form dan klik pada salah satu templatenya atau tanpa template.
Baca juga : Aplikasi Video Conference Terbaik dan Terpopuler Untuk Meeting Online

Cara Mengisi Google Form

Setelah kamu berhasil masuk ke halaman pengisian dan telah memilih template yang diinginkan, ikuti langkah dibawah untuk mengisinya :
  1. Masukan judul + deskripsi dari formulir yang akan kamu buat
  2. Masukan pertanyaan pada kolom pertanyaan yang ada dan tambahkan gambar (optional)
  3. Pilih metode menjawab pertanyaan dengan klik dibagian kanan disamping pertanyaan (pilihan ganda, checkbox, jawaban panjang, drop down dsb)
  4. Tambahkan jawaban pada opsi yang ada dan jika ingin menambahkan opsi jawaban kamu bisa klik “tambahkan opsi” dan tambahkan gambar untuk setiap opsi (optional)
  5. Untuk metode menjawab pilihan ganda atau checkbox kamu bisa menambahkan fitur “add other / tambahkan lainnya” agar responden bisa menjawab secara bebas
  6. Untuk mewajibkan pertanyaan dijawab klik icon “wajib diisi / Required” di bagian bawah pertanyan (optional).
  7. Untuk menambahkan pertanyaan baru klik icon “+” disebelah kanan halaman
  8. Untuk membagi pertanyaan menjadi beberapa section kamu bisa klik “add section / tambahkan section” disebelah kanan halaman
  9. Untuk memperbagus tampilan formulir kamu bisa klik icon palet dibagian header
  10. Jika formulir selesai dibuat kamu bisa melakukan preview dengan klik icon mata dibagian header
  11. Jika sudah selesai klik tombol “Send / Kirim” pada bagian header
  12. Pilih metode pembagian formulir “Send Via” dimana icon surat untuk pengiriman melalui email dan icon rantai untuk pengiriman dalam bentuk link/tautan atau kamu juga bisa membagikan formulir melalui embed ke website.

Cara Membuat Answer Key atau Menambahkan Masukan Jawaban

Disini kamu juga bisa membuat kunci jawaban yang benar untuk soal berbasis pilihan ganda ataupun multiple choice caranya adalah :
  1. Klik icon “Setting / Setelan” dibagian header
  2. Setelah muncul pop up klik “kuis / Quizzes”
  3. Klik “make this a quize / jadikan ini sebagai kuis”
  4. Pada pertanyaan yang telah dibuat klik “Answer key / Tambahkan masukan jawaban”
  5. Pilihlah jawaban yang tepat pada soal tersebut kemudia kamu juga bisa menambahkan besaran poin pada jawaban yang dipilih
  6. Klik “Done / Selesai”
  7. Ulangi langkah yang sama untuk soal yang lain.
Membuat Google Form ternyata tidak sulit kan? Hehee. Semoga ulasan kami bisa membantu kamu dalam membuat pertanyaan di Google Form dengan lebih mudah. doc, cara melihat hasil, membuat pertanyaan bercabang, soal essay, online di google form di hp, pdf, whatsapp, tanpa aplikasi, excel, untuk ujian, cara membuat quiz, tugas, jadwal di google form di laptop.
Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa share keteman-teman kalian ya!!
Show comments