Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memunculkan Panel Navigasi Word Untuk Cari Kata, Heading dan Halaman

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara memunculkan panel navigasi di Word sangat mudah dilakukan. Menampilkan navigation pane Word bisa menggunakan keyboard untuk cara pintas nya atau lewat tab view untuk cara manual.

Tak jarang dalam satu kondisi kita perlu mencari sebuah kata, kalimat, halaman atau heading tertentu dalam dokumen Microsoft Word. Bila kita memutuskan untuk mencarinya secara manual dengan scroll tiap halaman tentu akan sangat memakan waktu apalagi bila lembar dokumennya sangat banyak.

Dengan fitur panel navigasi, kita bisa menemukan kata, kalimat, heading atau halaman di Word dengan cepat. Buat kamu yang ingin tau cara memunculkan dan mengunakan panel navigasi Word, yuk simak pembahasan dibawah.

lembar microsoft word menampilkan panel navigasi

Apa Itu Panel Navigasi Word dan Apa Saja Fiturnya?

Secara sederhana panel navigasi atau navigation pane di Microsoft Word merupakan sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk bisa mencari dan menemukan sebuah kata, kalimat, halaman, hingga heading dengan lebih cepat.

Dalam panel navigasi, ada beberapa bagian atau fitur yang dapat kamu gunakan. Berikut beberapa fitur serta kegunaan dari panel navigasi di Word.

  1. Headings: Menampilkan daftar judul, bab, atau subab dalam dokumen yang telah di beri heading style. Kamu bisa menggunakan tab Heading ini agar dapat berpindah ke bab atau subab yang diinginkan dengan cepat.
  2. Page: Menampilkan daftar halaman di dokumen Word dengan tampilan preview yang lebih kecil berdasarkan urutan halaman..
  3. Results: Menampilkan hasil pencarian dalam dokumen setelah melakukan input kata kunci bisa dalam bentuk kata atau kalimat.

Cara Menampilkan Panel Navigasi di Microsoft Word

Panel navigasi di Microsoft Word bisa digunakan untuk mencari kata, halaman hingga heading dengan lebih cepat. Ada beberapa cara untuk memunculkan panel navigasi di Word mulai dari menggunakan keyboard hingga lewat tab videw. Ikuti panduan dibawah untuk selengkapnya.

Lewat Keyboard

Untuk menampilkan fitur navigation pane di Word memanfaatkan keyboard kamu bisa tekan saja tombol CTRL + F pada halaman word yang sudah terbuka. Nantinya fitur tersebut akan terbuka dan kamu akan disuguhi mulai dari fitur headings, pages dan results. Selengkapnya ikuti tutorial ini.

  1. Buka dulu file Word yang kamu miliki.
  2. Jika sudah berhasil terbuka, langsung tekan saja tombol CTRL + F.
  3. Fitur panel navigasi akan terbuka biasanya berada di sisi kiri layar.

Lewat Menu View

Ada juga cara mengaktifkan menu navigasi di Word secara manual yaitu lewat menu View. Disana mengatur berbagai macam tampilan Microsoft Word salah satunya panel navigasi ini. Berikut cara mengaktifkannya.

  1. Pastikan kamu sudah membuka file Word nya.
  2. Lanjut masuk ke tab “View” dibagian atas layar.
  3. Lalu cari tulisan "Navigation Pane" yang ada di grup "Show".
  4. Jika sudah ketemu, tinggal centang aja deh fitur tersebut.
  5. Jika sduah tercentang maka panel navigasi akan muncul.
Panduan ini sudah dibahas lengkap dalam dokumentasi resmi micosoft tentang menggunakan panel navigasi di word. Kamu bisa kunjungi saja halaman tersebut untuk mempelajarinya.

Office 2007

Buat kamu yang menggunakan Microsoft Word versi lama seperti versi tahun 2007, tentu masih tetap bisa memunculkan panel navigasi untuk mencari kata, halaman hingga heading dalam sebuah dokumen dengan cepat.

Sayangnya dalam versi Word 2007, kita tidak bisa menggunakan tombol CTRL + F untuk membuka navigation pane karena justru akan terbuka halaman Find & Replace. Untuk memunculkannya kamu bisa gunakan tab View seperti diatas.

Office 2010 dan Versi Lebih baru

Nah jika kamu sudah menggunakan Microsoft Office versi terbaru seperti versi 2010, 2013, 2016, 2019, 365, 2021, cara mengaktifkan panel navigasinya bisa menggunakan kedua cara diatas baik melalui menu View maupun menggunakan kombinasi keyboard CTRL + F.

Baca: Cara Menghapus Halaman Kosong di Word yang Sudah di Page Break

Penutup

Panel navigasi merupakan sebuah fitur yang bisa membantu kita menemukan sebuah kata, kalimat, halaman, hingga heading di Microsoft Word dengan cepat.

Secara umum untuk memunculkan fitur panel navigasi di kebanyakan versi Word bisa dengan menekan tombol CTRL + F pada keyboard atau lewat tab View. Namun untuk Word 2007, kamu hanya bisa melakukannya lewat tab view seperti panduan diatas.

Show comments