Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word yang Sudah di Page Break

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Hallo sobat skull, jumpa lagi nih bareng kita yang akan membahas tentang cara menghapus halaman kosong di Microsoft Word yang tidak bisa dihapus. Beberapa orang pasti pernah mengalami masalah terdapat halaman kosong di Word yang tidak bisa dihapus? Lantas apa penyebabnya? dan bahaimana cara mengatasinya? 

Jangan khawatir karena dalam artikel ini kami akan beri kalian panduan lengkap dan mudah cara menghapus halaman kosong di Word yang susah dihapus baik di Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 hingga yang terbaru.

Setelah melakukan beberapa kali penyesuaian pada file Word, tak jarang kita mendapati halaman kosong yang tidak bisa dihapus meskipun sudah dicoba berkali-kali dengan berbagai cara. Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan karena dapat merusak susunan dokumen menjadi tidak rapi.

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word yang Sudah di Page Break

Penyebab Halaman Kosong di Word Tidak Bisa Dihapus

Hal umum yang menyebabkan adanya halaman di word yang kosong dan tidak bisa dihapus karena pada halaman tersebut terdapat page break atau next page.

Kedua fitur ini seringkali dimanfaatkan untuk membuat halaman Word agar terbagi menjadi beberapa section. Pembagian section ini biasanya dilakukan saat kita ingin membuat nomor halaman berbeda disetiap lembar Word. Sehingga untuk menghapus halaman kosong di Word caranya adalah dengan menghapus format page break tersebut.

Baca: Beasiswa AWS Dicoding Cloud and Back-End Developer Scholarship

Cara Hapus Halaman di Word yang Kosong dan Tidak Bisa Dihapus

Halaman kosong di Microsoft Word yang tidak bisa dihapus biasanya terjadi setelah kita melakukan beberapa kali page break saat membuat penomoran berbeda. Untuk menghapus halaman kosong yang tidak bisa dihapus caranya sangat segerhana. Ikuti panduan yang sudah kami ulas dibawah ini.

  1. Pertama buka dulu file Word nya yang terdapat halaman kosong tidak bisa dihapus.
  2. Kemudian masuk ke menu “Home”.
  3. Di dalam grup "Paragraph", kamu buka menu “Paragraph Mark” dengan ikon ¶ atau tekan tombol Ctrl + Shift + 8.
  4. Setelah itu maka secara otomatis akan terlihat ikon paragraph mark disetiap akhir kalimat.
  5. Kemudian scroll ke bawah pada halaman Word lalu cari garis panjang bertuliskan “Section Break (Next Page)” yang berada antara section 1 dan section 2 atau section lainnya.
  6. Jika sudah ketemu, lalu klik 1 kali pada tulisan tersebut dan klik lagi tombol “Delete” pada keyboard.
  7. Bila proses penghapusan diatas sudah dilakukan, sekarang halaman kosong tadi sudah berhasil dihapus.
  8. Terakhir tekan Ctrl + Shift + 8 untuk mengembalikan tampilan Word seperti semula.

Kesimpulan

Halaman di Word yang kosong dan tidak bisa dihapus biasanya terjadi setelah kita melakukan page break saat ingin membuat nomor halaman berbeda. Halaman kosong tersebut muncul karena kita memiliki section yang berbeda. Untuk mengatasinya kita bisa menghapus section tersebut seperti panduan diatas. cara menghapus halaman kosong di word yang tidak bisa dihapus hp, 2010, yang ada header, sudah page break, 2007, macbook.

Show comments