Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Ranking di Excel Serta Contohnya: Gunakan Rumus Ini

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Cara mencari ranking di Excel dengan rumus atau formula khusus memang banyak orang yang ingin mengetahuinya. Rumus ranking Excel memang menjadi salah satu fungsi wajib yang harus kita ketahui dalam mengoperasikan microsoft Excel.

Mengolah data dan menentukan ranking di Microsoft Excel bisa menjadi tantangan bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang baru memulai atau tidak terbiasa dengan berbagai fungsi yang tersedia.

Salah satu masalah umum dalam mengoperasikan Excel ialah bagaimana mengurutkan data dan menentukan ranking pada setiap entri secara otomatis dan akurat.

Hal ini sangatlah penting untuk memulai melakukan analisis data seperti menentukan peringkat penjualan produk, performa karyawan, atau hasil ujian siswa.

Untungnya Microsoft Excel menyediakan beberapa formula yang sangat berguna khususnya untuk melakukan ranking, seperti fungsi RANK, RANK.EQ, dan RANK.AVG.

Fungsi-fungsi tersebut memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengurutkan data dan menentukan ranking dari suatu nilai dalam satu set data.

Lantas bagaimana cara mencari ranking di Excel? Berikut kami jelaskan rumus serta contoh penggunaannya secara detail dalam ulasan dibawah ini.

komputer membka microsoft excel untuk ranking data

Cara Mencari Ranking di Excel Versi Terbaru

Excel memiliki rumus atau formula khusus yang bisa digunakan untuk menentukan ranking dari banyak data berdasarkan paramerte yang kita inginkan.

Adapun rumusuntuk mengurutkan ranking Excel versi terbaru mulai dari 2010, 2013, 2016, 2019, 2021 hingga 365, cukup gunakan formula RANK yang dapat dimanfaatkan untuk menentukan peringkat atau urutan suatu nilai dalam suatu daftar atau rentang data.

Formula RANK dalam excel dibagi ke dalam beberapa jenis sesuai dengan penggunaanya. Berikut jenis pembagiannya.

  • RANK atau RANK.EQ = Menampilkan hasil ranking terhadap nilai yang sama. Rumus RANK.EQ merupakan rumus pengganti untuk fungsi RANK.
  • RANK.AVG = Jika ada nilai yang sama, hasil ranking akan diambil rata-rata nya dari beberapa nilai yang sama tersebut.

Adapun rumus atau formula RANK, RANK.AVG dan RANK.EQ di Microsoft Excel mempunyai aturan penulisan (sintaks) yang sama yang dapat dilihat dalam penjelasan dibawah.

=RANK(nilai, rentang_nilai, [berulang])

  1. Nilai: Diisi dengan sebuah nilai yang akan diranking.
  2. Rentang_nilai: Diisi kumpulan nilai yang akan di ranking untuk acuan.
  3. Berulang: Diisi nilai antara 1 atau 0. Gunakan 0 untuk mengatur ranking dari nilai besar ke terkecil dan gunakan 1 untuk ranking nilai terkecil ke terbesar.

Contoh Cara Ranking di Excel dengan Formula RANK (RANK.EQ)

Berikut contoh cara mencari ranking di Excel dengan rumus RANK (RANK.EQ). Mengurutkan sebuah data sebagai ranking di Excel sangat mudah dilakukan. Gunakan rumus RANK atau RANK.EQ. untuk melakukannya. Misalkan kita ingin mencari ranking dari data Excel dalam gambar dibawah.

contoh data siswa di excel untuk di ranking dengan rumus RANK atau RANK.EQ

Tampak dalam tabel data siswa di ranking berdasarkan nilai terbesar. Untuk membuat ranking Excel seperti diatas, gunakan rumus dan cara seperti dalam gambar dibawah.

Dalam gambar terlihat ada 2 siswa yang mendapat ranking 4. Hal ini terjadi karena ada 2 siswa yang memiliki nilai 70.

rumus excel untuk membuat ranking dengan formula RANK atau RANK.EQ

Pada gambar diatas, kita dapat mencari ranking siswa berdasarkan nilai mereka. Cara membaca rumusnya B2 didalam kurung diisi nilai yang akan diranking, B2:B6 diisi rentang nilai dalam kasus ini rentang nilainya antara B2 sampai B6, terakhir 0 untuk mendapatkan ranking dari nilai terbesar.

Baca: Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Excel

Contoh Cara Ranking di Excel dengan Formula RANK.AVG

Berikut contoh cara mencari ranking di Excel dengan rumus RANK.AVG. Gunakan formula RANK.AVG untuk membuat ranking Excel menampilkan hasil pembagian ranking pada nilai yang sama. Kamu bisa melihat contoh penggunaannya seperti data di bacaw.

contoh data siswa di excel untuk di ranking dengan rumus RANK.AVG

Tampak dalam tabel diatas untuk Silvi dan Nia mendapatkan ranking 4.5. Hal ini terjadi karena mereka berdua memiliki nilai yang sama yaitu 70.

Inilah perbedaan formula RANK.AVG bila dibandingkan rumus RANK (RANK.EQ). Contoh penggunaan formula ini di excel bisa dilihat dalam gambar dibawah.

rumus excel untuk membuat ranking dengan formula RANK.AVG

Cara membaca rumusnya yaitu B2 didalam kurung diisi nilai yang akan diranking, B2:B6 diisi rentang nilai dalam kasus ini rentang nilainya antara B2 sampai B6, dan 0 untuk mendapatkan ranking dari nilai terbesar.

Catatan: Panduan ini bisa kamu pelajari kembali dalam dokumentasi resmi Microsoft tentang Fungsi RANK diama disana kamu akan mendapatkan tutorial serta contoh yang lebih lengkap.

Baca: Cara Convert PDF ke Excel Online dan Offline

Cara Mengurutkan Ranking di Excel 2007

Bagi kamu yang menggunakan versi Microsoft Excel tahun 2007, kamu tidak bisa menggunakan rumus Excel diatas. Sebagai gantinya kamu dapat memanfaatkan fitur filter yang memang sudah sejak lama hadir. Berikut cara membuat ranking di Excel 2007.

  1. Langkah pertama kamu seleksi dulu semua heading tabel yang ada.
  2. Jika sudah lanjut buka menu “Data”.
  3. Lanjut klik menu “Filter” maka otomatis heading tabel akan muncul ikon segitiga kecil tepat diampingnya.
  4. Klik saja ikon segitiga kecil tersebut.
  5. Akan terbuka sebuah popup kemudian pilih opsi dari besar ke kecil atau sebaliknya.
  6. Dengan begitu data dalam tabel akan diranking sesuai kebutuhan mu.

Kesimpulan

Cara membuat ranking di Excel memang mudah dilakukan. Kamu bisa gunakan rumus RANK untuk melakukan ranking data di versi Excel baru muali dari 2010, 2012, 2016, 2019, 2021.

Namun bila kamu menggunakan versi Excel 2007, alternatifnya adalah dengan mengaktifkan fitur filter seperti diatas untuk mencari ranking.

Show comments