Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Olimpiade OSN Kimia SMA 2023 PDF dan Kunci Jawaban

Daftar Isi [show]

Soalskul.com -  Pasti kalian sedang mencari soal OSN SMA kimia tahun 2023 bukan? Kalian datang pada artikel yang tepat karena disini kita sudah menyiapkan link download khusus soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) kimia SMA 2023 PDF beserta kunci jawaban dan pembahasannya mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

Tahun ini Olimpiade Sains Nasional akan kembali diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk semua jenjang pendidikan termasuk SMA/MA/Sederajat.

OSN memang selalu rutin diselenggarakan setiap tahunnya guna menemukan putra dan putri terbaik di seluruh Indonesia dibidang sains mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, hingga SMA atau sederajat.

Tingkat persaingan OSN sangatlah ketat karena para peserta merupakan perwakilan terbaik dari masing-masing daerah nya. Persaingan yang ketat ini menuntut para peserta untuk terus melatih diri agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal nantinya dalam OSN.

Melakukan latihan soal OSN tahun-tahun sebelumnya dapat dilakukan guna memberikan pemahaman kepada kita terkait tipe soal yang kemungkinan akan diujikan. Latihan soal pun bisa menjadi tempat yang baik untuk mengasah pemahaman materi yang sudah kita pelajari.

Untuk kalian yang sedang mencari soal OSN SMA cabang lomba kimia 2023, langsung aja yuk simak pembahasan kami dibawah ini.

Soal Olimpiade OSN Kimia SMA 2023 PDF

Sekilas Terkait OSN Kimia SMA/MA/Sederajat 2023

Pada tahun 2023, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek kembali menyelenggarakan ajang kompetisi sains yang paling bergengsi di Indonesia yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diperuntukan untuk para peserta jenjang pendidikan SD, SMP hingga SMA Sederajat.

Olimpiade Sains Nasional jenjang pendidikan SMA/MA/Sederajat tahun 2023 mempunyai mekanisme kompetisi yang tidak jauh berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Salah satu tujuan diselenggarakannya OSN untuk memberikan wadah bagi para peserta didik dalam memaksimalkan potensi mereka dalam bidang sains.

OSN SMA sederajat 2023 memiliki beberapa cabang lomba diantaranya Kimia, Ekonomi, Informatika/Komputer, Kebumian, Fisika, Matematika, Biologi, Astronomi,  dan Geografi.

Dalam penyelenggaraan OSN dilaksanakan secara berjenjang. Paling awal akan diselenggarakan dalam tingkatan sekolah atau OSN-S, dilanjutkan tingkat kabupaten/kota atau OSN-K, lanjut tingkat provinsi atau OSN-P, dan terakhir OSN tingkat nasional. OSN tahun 2023 bertemakan "Berprestasi Membangun Kolaborasi".

Bagi para pesertayang ingin berpartisipasi dalam OSN SMA 2023 cabang kimia, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu peserta merupakan peserta didik SMA kelas X atau XI, peserta memiliki nilai kimia, matematika dan bahasa inggris yang baik, peserta belum pernah mengikuti pelatihan tingkat nasional tahap ke-2 bidang kimia yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional.

Baca: Soal OSN Olimpiade Fisika SMA 2023 PDF dan Pembahasannya

Download Soal OSN Kimia SMA 2023 dan Pembahasannya PDF

Pada beberapa artikel sebelumnya kita sudah mempublish artikel terkait soal OSN SMA 2023 untuk cabang lomba matematika hingga fisika. Pada kesempatan ini kita akan kembali memaparkan pembahasan yang serupa.

Berikut link download soal OSN Kimia SMA 2023 disertai pembahasan dan kunci jawabannya PDF dari berbagai sumber di internet mulai dari cabang lomba tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Klik tautan dibawah untuk mengunduh nya.

Soal OSN Kimia SMA 2023 1 >> Download PDF

Soal OSN Kimia SMA 2023 2 >> Download PDF

Soal OSN Kimia SMA 2023 3 >> Download PDF

Baca: Pedoman dan Silabus OSN SMA 2024 PDF (RESMI)

Penutup

Kompetisi OSN selalu ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahunnya oleh para siswa dan siswi di Indonesia tak terkecuali jenjang pendidikan SMA/MA/Sederajat. Ajang kompetisi ini memang begitu populer dikalangan pelajar karena memiliki segudang keuntungan bagi para pesertanya.

Harapan kami semoga soal OSN kimia SMA 2023 yang telah kita bagikan diatas bisa dijadikan modal untuk kalian dalam mempersiapkan diri menjelang OSN tahun ini ya!! kisi-kisi, silabus prediksi, materi, contoh, download soal olimpiade osn kimia sma pdf dan pembahasannya, kunci jawaban.

Show comments