Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Olimpiade OSN Ekonomi SMA 2023 dan Pembahasannya PDF

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Ekonomi SMA 2023 PDF beserta kunci jawaban dan pembahasannya lengkap mulai dari tingkat kabupaten/kota (OSN-K), provinsi (OSN-P) sampai dengan OSN tingkat Nasional.

Salah satu cabang loma atau bidang yang diperlombakan dalam OSN 2023 tingkat SMA sederajat adalah Ekonomi. Ekonomi menjadi salah satu cabang lomba dari 9 lainnya yang selalu diperlombakan setiap tahunnya.

Persaingan OSN setiap tahunnya pasti selalu ketat mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP hingga SMA. Tak heran bila persaingan OSN sangat ketat karena dalam OSN akan dipertemukan perwakilan terbaik dari seluruh daerah di Indonesia untuk nantinya ditentukan beberapa peserta terbaik dalam tingkat nasional.

Persaingan yang ketat membuat kita sebagai peserta OSN memerlukan perispan yang ekstra. Belajar mengerjakan soal-soal OSN tahun sebelumnya dapat dicoba sebagai ajang meningkatkan kemampuan diri dalam menghadapi olimpiade ini.

Melatih diri dengan mengerjakan soal-soal OSN tahun-tahun sebelumnya dapat membuat kita semakin terbiasa dan familiar dengan tipe soal yang kemungkinan akan diujikan. Latihan soal pun bisa menjadi tempat yang baik untuk mengasah pemahaman materi yang sudah kita pelajari.

Soal Olimpiade OSN Ekonomi SMA 2023 dan Pembahasannya PDF

Tinjauan Singkat Perihal OSN SMA 2023 (Ekonomi)

Olimpiade Sains nasional (OSN) merupakan ajang kompetisi tahunan yang diadakan lagi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kompetisi OSN ini diperuntukan bagi seluruh peserta di Indonesia mulai dari SD, SMP, sampai SMA sederajat.

OSN 2023 untuk jenjang pendidikan SMA/MA/Sederajat menyelenggarakan beberapa bidang kompetisi seperti Ekonomi, Astronomi, Kebumian, Geografi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, hingga Informatika.

Seleksi OSN SMA 2023 dimulai dari tingkat kabupaten/kota atau sering disebut (OSN-K) yang akan menyaring peserta didik terbaik disetiap kabupaten/kota di indonesia.

Nantinya mereka yang terbaik disetiap kabupaten/kota akan mewakili daerah nya masing masing dalam tahap seleksi selanjutnya yaitu OSN tingkat provinsi.

Kemudian dalam OSN tingkat provinsi (OSN-P) akan mempertemukan peserta terbaik dari perwakilan kabupaten/kota sehingga didapatkan peserta terbaik tingkat provinsi. 

Masing-masing perwakilan terbaik tiap provinsi kembali akan dipertemukan dalam tahapan seleksi OSN yang lebih tinggi yaitu OSN tingkat nasional yang bertujuan untuk menemukan siswa dan siswi terbak dalam sekala nasional.

Pada OSN SMA bidang Ekonomi terdapat beberapa materi atau kisi-kisi yang dapat dilihat dalam list dibawah.

  1. Konsep dasar ilmu ekonomi
  2. Masalah pokok dalam ekonomi
  3. Peran pelaku ekonomi dan kegiatan ekonomi
  4. Terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar
  5. Lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
  6. Bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia
  7. Konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
  8. Perkoperasian dalam ekonomi Indonesia
  9. Konsep manajemen
  10. Konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
  11. Konsep pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi serta permasalahan dan cara mengatasinya 
  12. Permasalahan ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi
  13. Indeks harga dan inflasi
  14. Kebijakan moneter & fiskal
  15. APBN & APBD dalam pembangunan ekonomi
  16. Perpajakan dalam pembangunan ekonomi
  17. Konsep dan kebijakan perdagangan internasional
  18. Kerjasama ekonomi internasional
  19. Akuntansi sebagai sistem informasi
  20. konsep persamaan dasar akuntansi
  21. Penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa & dagang
  22. Laporan keuangan dan perusahaan jasa
  23. Tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan jasa & dagang

Terdapat beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi bagi para peserta OSN Ekonomi 2023. Adapun beberapa syarat tersebut diantaranya peserta SMA kelas X dan XI, peserta memiliki nilai ekonomi, matematika, dan bahasa inggris yang baik, peserta belum pernah ikut pembinaan nasional seleksi kandidat IEO.

Baca: Kumpulan Soal OSN Astronomi SMA 2023 dan Pembahasannya PDF

Download Kumpulan Soal OSN Ekonomi 2023 PDF

Tanpa berlama-lama lagi langsung saja ini dia link download soal Olimpiade Sains nasional (OSN) Ekonomi SMA 2023 disertai pembahasan dan kunci jawabannya PDF mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Link Unduh Soal OSN 2023 Ekonomi 1 >> KLIK DISINI

Link Unduh Soal OSN 2023 Ekonomi 2 >> KLIK DISINI

Penting! Kumpulan soal yang sudah kami bagikan bersumber dari berbagai sumber terpercaya yang ada di internet. Tekan tautan diatas untuk mulai download soal OSN Ekonomi SMA 2023 PDF lalu ikuti setiap instruksi yang diberikan.

Baca: Pedoman dan Silabus OSN SMA 2024 PDF (RESMI)

Akhir Kata

Demikian saja soal dan pembahasan Olimpiade OSN SMA 2023 bidang ekonomi yang bisa kami sajikan dalam format PDF disertai kunci jawabannya mulai dari tahap seleksi tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

Terus pantau artikel kami ini karena kami akan terus berusaha mengupdate baik soal, kunci jawaban, hingga pembahasannya secara berkala. Semoga pembahasan kali ini bisa membantu kalian dalam mempersiapkan diri menjelang OSN tahun ini ya!! kisi-kisi, materi, prediksi soal olimpiade osn ekonomi sma 2023 dan pembahasannya pdf.

Show comments