Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Olimpiade OSN IPS SMP 2023 dan Kunci Jawaban PDF

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Link download soal olimpiade OSN SMP IPS 2023 pembahasan dan kunci jawabannya pdf. Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu ajang kompetisi yang cukup populer di kalangan siswa dan siswi mulai dari SD, SMP hingga SMA.

OSN diselenggarakan untuk berbagai jenjang pendidikan salah satunya SMP/MTs/Sederajat. Salah satu cabang lomba yang diselenggarakan untuk jenjang pendidikan SMP adalah Ilmu Penetahuan Sosial (IPS).

Untuk meningkatkan kesiapan kita sebelum menghadapi OSN tahun ini, kita memang harus banyak mempersiapkan diri tak hanya dengan belajar akan tetapi juga bisa lewat mengerjakan soal OSN tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian nantinya kita akan lebih memahami terkait tipe soal yang kemungkinan akan diujikan sehingga kita akan lebih siap.

Nah buat kamu yang sedang mencari soal OSN SMP IPS tahun 2023, berikut kami sajikan dalam format PDF yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber di internet yang bisa kamu download secara gratis.

Soal Olimpiade OSN IPS SMP 2023 dan Kunci Jawaban PDF

Tentang OSN IPS SMP 2023

Olimpiade Sains Nasional atau disingkat OSN adalah salah satu ajang kompetisi dalam bidang sains yang setiap tahunnya diselenggarakan oleh Kemdikbud. OSN diperlombakan bagi para peserta lintas jenjang pendidikan diantaranya SD, SMP, dan SMA sederajat.

Bagi para siswa dan siswi yang berada dalam jenjang pendidikan SMP/MTs/Sederajat, dapat mengikuti kompetisi OSN ini dalam jenjang tersebut. OSN diselenggarakan secara berjenjang mulai dari OSN tingkat kabupaten/kota, OSN tingkat provinsi, dan OSN tingkat nasional.

Terdapat 3 jenis cabang lomba dalam OSN SMP tahun 2023 diantaranya Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Cabang lomba IPS memiliki beberapa lingkup materi diantaranya mencakup:

  1. Kondisi geografis Indonesia.
  2. Kondisi geografis dunia.
  3. Penyimpangan sosial.
  4. Interaksi manuasia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
  5. Dinamika interaksi sosial manusia dengan lingkungannya dalam konteks pembangunan di Indonesia.
  6. Mobilitas sosial.
  7. Pluralitas.
  8. Konflik dan integrasi.
  9. Pemenuhan kebutuhan manusia.
  10. Pelaku kegiatan ekonomi.
  11. Peran pelaku ekonomi secara individual.
  12. Kegiatan perekonomian secara keseluruhan.
  13. Pembangunan ekonomi.

Download Soal OSN IPS SMP 2023 dan Pembahasannya PDF

Berikut kami sajikan beberapa soal dan pembahasan OSN IPS SMP 2023 dan kunci jawabannya PDF yang telah kami peroleh dari berbagai sumber terpercaya di internet. Klik tautan dibawah lalu ikuti setiap intruksi pengunduhannya.

Soal OSN IPS SMP 2023 1 >> DOWNLOAD

Soal OSN IPS SMP 2023 2 >> DOWNLOAD

Soal OSN IPS SMP 2023 3 >> DOWNLOAD

Akhir Kata

Demikian sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai soal OSN SMP 2023 untuk cabang lomba Ilmu Pengetahuan Sosial. Semoga pembahasan kita kali ini bisa membantu kalian semua dalam menghadapi OSN tahun ini. Semangat dan sukses!! 60 latihan contoh prediksi bocoran soal osn ips smp 2023 pdf dan kunci jawaban tingkat kabupaten, provinsi, materi soal olimpiade osn ips smp dan pembahasannya.

Show comments