Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Olimpiade OSN IPA SD 2023 PDF dan Pembahasannya

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Hallo teman-teman semua, jumpa lagi nih bareng kita yang pastinya hadir dengan informasi menarik dan terupdate tentunya hehee. Dalam waktu dekat ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) akan kembali dilaksanakan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, OSN akan dilaksanakan untuk beberapa jenjang pendidikan di Indonesia termasuk SD/MI/Sederajat.

Buat para pelajar di Indonesia pasti sangat menantikan ajang OSN ini. Akan tetapi sebelum menghaapi OSN, kita harus banyak mempersiapkan diri salah satu nya dengan melakukan latihan soal OSN tahun-tahun sebelumnya.

Tujuan latihan soal ini dapat membantu kita memahami tipe soal yang akan di ujikan dalam OSN tahun ini. Dengan latihan soal tentu kita juga bisa semakin siap dan melatih pemahaman materi yang akan diujikan.

Pas banget nih pada artikel kali ini kami sudah mengumpulkan beberapa soal OSN tahun 2023 khususnya pada cabang lomba Ilmu Pengetahuan Alam jenjang SD/MI/Sederajat yang bisa kamu unduh dalam format PDF secara gratis.

Soal Olimpiade OSN IPA SD 2023 PDF dan Pembahasannya

Sekilas Mengenai Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD 2023

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah sebuah ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh Kementerian, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kompetisi OSN diikuti oleh semua jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Penyelenggaraan OSN dimulai dari tingkatan pertama yaitu OSN tingkat kabupaten/kota, provisnsi, hingga terakhir Nasional. OSN diperlombakan untuk para murid-murid perwakilan dari tiap sekolah dan daerah sampai akhirnya dilaksanakan OSN tingkat Nasional.

OSN atau Olimpiade Sains Nasional merupakan sebuah kompetisi dalam rangka meningkatkan prestasi dibidang sains. OSN sendiri diikuti oleh para siswa SD, SMP, dan SMA sederajat terpilih di seluruh Indoneisa.

Terdapat 2 bidang kompetensi yang dilombakan dalam OSN SD yang diselenggarakan tahun 2023 yaitu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Adapun jadwal pelaksanaan OSN tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada 8-9 Mei 2023, OSN tingkat provinsi pada 19-20 Juni 2023, dan OSN tingkat nasional pada 27 Agustus – 2 September 2023.

Adapun soal OSN tingkat kabupaten/kota SD untuk cabang IPA memiliki jumlah soal sebanyak 60 soal yang dibagi menjadi jenis soal mudah, sedang, dan sulit. Sedangkan untuk soal OSN tingkat provinsi IPA SD berjumlah 20 soal. Kemudian soal OSN IPA SD tingkat nasional sistemnya akan dibagi atas tiga jenis tes diantaranya tes teori 1 (25 soal), tes teori 2 (13 soal) dan tes eksperimen (6 soal).

Baca: Download Soal Olimpiade OSN Matematika SD 2023 dan Kunci Jawaban PDF

Download Soal OSN IPA SD 2023 dan Kunci Jawaban PDF

Dibawah ini kami telah membagikan beberapa soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) cabang IPA SD tahun 2023 beserta kunci jawaban dan pembahasannya dalam format PDF. Kamu bisa langsung download soal-soal tersebut dengan klik tautan yang tersedia kemudian ikuti setiap intruksi yang diberikan.

Download Soal OSN IPA SD 2023 PDF 1 >> KLIK DISINI

Download Soal OSN IPA SD 2023 PDF 2 >> KLIK DISINI

Download Soal OSN IPA SD 2023 PDF 3 >> KLIK DISINI

Download Soal OSN IPA SD 2023 PDF 4 >> KLIK DISINI

Baca: Download Soal OSN IPA SD Persiapan 2023 dan Kunci Jawaban PDF

Akhir Kata

Nah demikian yang bisa kami paparkan mengenai soal OSN IPA SD 2023. Kamu bisa mendapatkan soal tersebut dengan cara klik tautan diatas agar didapatkan soal dalam format PDF. Dengan rajin melakukan latihan soal OSN tahun-tahun sebelumnya, dapat dipastikan kita akan semakin siap menghadapi gelaran OSN tahun ini.

Semoga artikel ini cukup membantu kalian dalam mempersiapkan diri menjelang OSN tahun ini. Semoga sukses dan mendapatkan hasil yang terbaik ya!! download soal olimpiade osn ipa sd 2023 pdf dan kunci jawabannya, pembahasannya tingkat kabupaten, provinsi, online, doc, quizizz, juknis, silabus, aplikasi, latihan, simulasi, contoh soal osn sains ipa sd 2023.

Show comments