Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Olimpiade OSN IPA SMP 2023 dan Pembahasannya PDF

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Setelah sebelumnya kita telah membahas soal dan pembahasan OSN IPS SMP 2023 pada artikel sebelumnya, kali ini kami akan membahas tentang soal dan pembahasan OSN IPA SMP 2023. Dalam artikel ini kami menyediakan link download gratis dalam format PDF.

Dalam waktu dekat Olimpiade Sains Nasional akan kembali digelar. Olimpiade Sains Nasional rutin di selenggarakan setiap tahunnya mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, hingga SMA Sederajat.

Tak hanya OSN tingkat SD dan SMA saja yang memiliki tingkat partisipasi peserta yang tinggi, OSN tingkat SMP juga selalu ditunggu oleh para siswa dan siswi jenjang pendidikan SMP/MTs/Sederajat di seluruh Indonesia.

Sebelum menghadapi OSN tahun ini, kita memang wajib banget mempersiapkan diri dengan berbagai cara salah satunya dengan mengerjakan soal OSN tahun-tahun sebelumnya. Dengan melakukan latihan soal OSN tahun lalu, kita akan semakin siap dengan tipe soal yang kemungkinan akan dikeluarkan.

Salah satu cabang lomba dalam Olimpiade sains nasional tingkat SMP adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Buat kamu yang ingin lebih mempersiapkan diri dalam OSN SMP khususnya cabang lomba IPA tahun ini, langsung aja yuk belajar soal OSN IPA SMP 2023 ini.

Soal Olimpiade OSN IPA SMP 2023 dan Pembahasannya PDF

Perihal Kompetisi OSN IPA SMP 2023

Olimpiade Sains Nasional (OSN) ialah salah satu ajang kompetisi dalam bidang sains yang setiap tahunnya diselenggarakan oleh Kemdikbud. OSN diperlombakan bagi para siswa dan siswi di Indonesia lintas jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA sederajat.

OSN diselenggarakan secara berurutan mulai dari OSN tingkat kabupaten/kota, OSN tingkat provinsi, dan OSN tingkat nasional. Dalam OSN SMP tahun 2023, ada 3 cabang yang di perlombakan yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Cabang lomba IPA mempunyai beberapa lingkup materi seperti:

  1. Besaran, satuan dan pengukuran.
  2. Zat dan kalor.
  3. Energi.
  4. Gerak dan gaya.
  5. Fluida.
  6. Getaran, Gelombang dan bunyi.
  7. Cahaya dan optik.
  8. Kelistrikan dan kemagnetan.
  9. IPBA.
  10. Makhluk hidup dan lingkungannya.
  11. Keanekaragaman dan pengelompokan makhluk hidup.
  12. Organisasi kehidupan.
  13. Ekologi.
  14. Struktur dan fungsi tumbuhan.
  15. Sistem-sistem pada manusia dan hewan.
  16. Pewarisan sifat.
  17. Bioteknologi.
  18. Forensik.
  19. Eksperimen.

Download Soal OSN IPA SMP 2023 dan Kunci Jawaban PDF

Berikut soal OSN IPA SMP 2023 yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber di internet sekaligus kunci jawabannya. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis dalam format PDF dengan cara klik tautan yang tersedia dibawah.

Unduh Soal OSN IPA SMP 2023 1 PDF >> KLIK DISINI

Unduh Soal OSN IPA SMP 2023 2 PDF >> KLIK DISINI

Unduh Soal OSN IPA SMP 2023 3 PDF >> KLIK DISINI

Unduh Soal OSN IPA SMP 2023 4 PDF >> KLIK DISINI

Unduh Soal OSN IPA SMP 2023 5 PDF >> KLIK DISINI

Unduh Soal OSN IPA SMP 2023 6 PDF >> KLIK DISINI

Unduh Soal OSN IPA SMP 2023 7 PDF >> KLIK DISINI

Unduh Soal OSN IPA SMP 2023 8 PDF >> KLIK DISINI

Kesimpulan

OSN merupakan sebuah ajang kompetisi dibidang sains yang di selenggarakan oleh kemdikbud setiap tahunnya dan diperuntukan bagi siswa dan siswi jenjang pendidikan SD, SMP, hingga SMA di seluruh Indonesia.

Dengan soal-soal berikut, bisa menjadi bahan simulasi dan latihan kalian sebelum menghadapi OSN tahun ini. materi, bocoran, contoh latihan prediksi simulasi soal olimpiade osn ipa smp 2023 dan kunci jawaban, pembahasan fisika pdf.

Show comments