Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download File Pedoman dan Silabus OSN SMP 2024 PDF Resmi

Daftar Isi [show]

Soalskul.com – Hallo sobat skull, balik lagi nih bareng kita yang pastinya hadir dengan informasi terupdate dari sumber terpercaya. Biar kami tebak nih, pasti kamu sedang mencari mencari pedoman dan silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk jenjang pendidikan SMP/MTs/Sederajat 2024 bukan?

Pas banget nih sob karena disini kami sudah mendapatkan file resmi untuk pedoman dan silabus OSN SMP 2024 yang dapat kamu unduh secara gratis dalam artikel ini.

Olimpiade Sains Nasional SMP merupakan ajang kompetisi dibidang sains yang terus diselenggarakan setiap tahun nya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

OSN SMP diselenggarakan untuk mendorong pengembangan minat dan bakat siswa di bidang sains, serta untuk memotivasi siswa agar terus belajar dan berprestasi dengan hadirnya kompetisi ini.

Pedoman dan Silabus OSN IPA 2024 Resmi

Sekilas Mengenai OSN SMP 2024

Olimpiade Sains Nasional atau biasa disingkat OSN merupakan ajang talenta dibidang sains yang diperuntukkan bagi seluruh siswa dan siswi terbaik di indonesia dalam berbagai jenjang pendidikan seperti SD, SMP hingga SMA.

OSN SMP/MTs/Sederajat merupakan salah satu ajang talenta bagi para siswa dan siswa untuk jenjang pendidikan SMP/MTs/Sederajat. OSN SMP diselenggarakan menyeluruh dari tingkat dasar hingga nasional diantaranya tingkat sekolah, kota, provinsi hingga nasional.

Balai Pengembangan Talenta Indonesia atau BPTI menjadi penyelenggara OSN dan berperan membantu Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dalam menjalankan tugas pengembangan prestasi talenta peserta didik.

Ajang OSN ini memiliki maksud guna menemukan dan mengembangkan siswa dan siswi berprestasi sehingga nantinya bisa ikut ambil bagian dalam perintis pembangunan dari sisi ilmu pengetahuan. OSN juga memiliki tujuan untuk menemukan peserta didik terbaik dari berbagai jenjang pendidikan untuk nantinya mewakili Indonesia dalam kompetensi sain tingkat Internasional.

Baca: Cara Download File Academia Edu Free Tidak Perlu Login

Adapun untuk Olimpiade Sain Nasional OSN untuk jenjang SMP/MTs/Sederajat, terdapat beberapa bidang dan cabang pelajaran yang akan dilombakan diantaranya:

  1. Matematika
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Ajang OSN SMP 2024 dilaksanakan secara bertingkat mulai dari tingkat sekolah, kota/kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional. Tingkatan ini merupakan urutan proses seleksi hingga nantinya didapatkan siswa dan siswi terbaik nasional.

  1. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Sekolah (OSN-S)
  2. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K)
  3. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi (OSN-P)
  4. Olimpiade Sains Nasional Tingkat Nasional (OSN-N)

Jadwal Pelaksanaan OSN SMP 2024

Olimpiade Sain Nasional (OSN) SMP 2024 dilaksanakan melaui seleksi secara bertingkat. Adapun jadwal pelaksanaan OSN SMP 2024 bisa disimak pada uraian dibawah:

  1. Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan OSN SMP 2024 = 16 - 19 Januari
  2. Pendaftaran Peserta = 22 Januari - 3 Maret
  3. Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN-K = 13 - 16 Maret
  4. Pelaksanaan OSN-K = 1 - 2 April 
  5. Pengumuman OSN-K = 15 April
  6. Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN-P = 1 - 4 Mei 
  7. Pelaksanaan OSN-P = 27 - 28 Mei 
  8. Pengumuman OSN-P = 6 Juni
  9. Virtual meeting dan penjelasan tes kinerja produksi video mandiri untuk cabang lomba IPS = Minggu ke-3 Juni
  10. Pelaksanaan OSN-N = 5 - 11 Agustus

Pedoman OSN SMP 2024

Pedoman OSN SMP 2024 dirancang untuk memberikan informasi mengenai OSN SMP 2024 seperti sarana dan prasarana, mekanisme, jadwal pelaksanaan, pembiayaan,persyaratan peserta, ketentuan pemenang, cabang lomba mata pelajaran dll. Berikut pedoma OSN SMP 2024 resmi yang telah dikeluarkan puspresnas.

PEDOMAN OSN SMP 2024 >> UNDUH

Silabus OSN SMP 2024

Silabus OSN SMP 2024 memberikan informasi terkait garis besar materi yang akan diujikan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2024. Berikut silabus OSN SMP 2024 resmi.

SILABUS OSN SMP 2024 >> UNDUH

Baca: Pedoman dan Silabus OSN SMA 2024

Kesimpulan

Dengan mengetahui pedoman dan silabus OSN SMP 2024, para peserta dan penyelenggaraan OSN bisa dilaksanakan dengan lebih maksimal dan siap. Pantau terus update terkait OSN SMP 2024 melalui website kami agar kalian tidak ketinggalan berita terbaru nya!! soal, kisi kisi osn ips, matematika, ipa smp 2023, 2024 tingkat kabupaten, kota, provinsi, nasional dan pembahasannya pdf, volume, permukaan tabung.

Show comments