Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal OSN SMP 2023 IPA, IPS, Matematika

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Berikut link download kumpulan soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP 2023 untuk cabang Matematika, IPA, dan IPS beserta kunci jawaban dan pembahasan nya dalam format PDF yang bisa kamu unduh secara gratis. Kumpulan soal ini telah kami peroleh dari berbagai sumber terpercaya di internet. 

Buat par pelajar jenjang SMP/MTs/Sederajat di seluruh Indonesia pasti sangat menunggu ajang kompetisi OSN yang setiap tahunnya diselenggarakan. OSN memang menjadi trend kompetisi dibidang sains yang sangat populer di Indonesia sebagai ajang untuk mengharumkan sekolah dan daerah nya masing-masing.

Dari ribuan peserta yang ada di seluruh Indonesia nantinya akan disaring dan dipilih yang terbaik untuk mengikuti OSN tingkat Nasional. Persaingan yang ketat membuat kita harus melakukan banyak persiapan dengan memahami kisi-kisi yang diberikan, rutin belajar, dan rajin mengerjakan soal OSN tahun-tahun sebelumnya.

Buat kamu yang sedang mencari soal OSN SMP 2023, tim soalskul sudah memiliki kumpulan soal yang diserta kunci jawaban dan pembahasannya di bawah dalam format PDF. Untuk mendapatkan soal-soal tersebut yuk simak ulasan dibawah ini!!

Kumpulan Soal OSN SMP 2023 IPA, IPS, Matematika

Tentang OSN SMP Tahun 2023

Pada tahun 2023, kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) kembali diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , Riset dan Teknologi Sekretariat Jendral Melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Kompetisi OSN diselenggarakan dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik dalam bidang sains bagi jenjang pendidikan SD, SMP, SMA sederajat. OSN sebagai wadah dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran di bidang sains sehingga lebih kreatif dan inovatif.

OSN SMP tahun 2023 memiliki 3 cabang lomba yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tujuan dilaksanakan nya Olimpiade Sains Nasional jenjang SMP/MTs/Sederajat ini adalah untuk mewadahi kompetisi dalam bidang sains seperti Matematika, IPA, IPS bagi peserta didik dalam jenjang pendidikan SMP sederajat.

Sasaran peserta dalam OSN SMP 2023 adalah para siswa dan siswi yang berada dalam kelas 7 dan 8 pada saat nantinya mengikti OSN tingkat Kabupaten/Kota. Adapun para peserta termasuk seluruh pelajar di kabupaten/kota dalam lingkup 38 provinsi di Indonesia maupun WNI yang statusnya mengenyam pendidikan di luar negeri.

Terdapat 3 tingkatan dalam OSN SMP tahun 2023 yaitu OSN tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K), OSN tingkat Provinsi (OSN-P) dan OSN tingkat Nasional. Pada tahun 2023 lalu, pelaksanaan OSN-K dan OSN-P jenjang SMP dilaksanakan secara daring sedangkan OSN tingkat Nasional dilaksanakan secara luring.

Adapun jadwal pelaksanaan OSN SMP 2023 diantaranya:

  1. Pelaksanaan OSN-K: 16-17 Mei 2023
  2. Pelaksanaan OSN-P: 28-29 Juni 2023
  3. Pelaksanaan OSN tingkat Nasional: 27 Agustus-2 September 2023
Dalam pelaksanaan OSN SMP 2023, bentuk soal yang diujikan dalam OSN-K adalah pilihan jamak. 5 peserta terbaik di setiap kabupaten/kota berkesempatan melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu OSN-P. Kemudian bentuk soal untuk OSN-P adalah isian singkat.

Peserta yang lolos OSN tingkat Nasional adalah para peserta terbaik peringkat nasional yang berjumlah 114 orang untuk setiap cabang lomba. OSN tingkat nasional dilaksanakan selama 2 hari dimana hari pertama terdapat test teori untuk cabang IPS, test teori untuk cabang Matematika, dan test praktikum untuk cabang IPA. Kemudian hari kedua presentasi video untuk cabang IPS, tes teori untuk cabang matematika, dan test teori untuk cabang IPA.

Kumpulan Soal OSN SMP 2023 PDF Beserta Pembahasan dan Kunci Jawabannya

Dibawah ini kami telah memaparkan beberapa kumpulan soal-soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk jenjang pendidikan SMP tahun 2023. Soal yang telah kami kumpulkan berikut berasal dari berbagai sumber terpercaya di internet.

Disini kami telah menyediakn soal OSN SMP 2023 untuk cabang lomba IPA, IPS hingga MTK. pada beberapa soal ini juga telah kami lengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Soal-soal OSN SMP 2023 yang telah kami kumpulkan terdiri dari soal tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

Baca: Contoh Soal Termodinamika dan Pembahasannya

Download Kumpulan Soal OSN IPA SMP 2023 PDF

Pada bagian ini kami akan memaparkan link download soal OSN SMP 2023 dalam format PDF untuk cabang perlombaan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk mendapatkan kumpulan soal OSN IPA SMP 2023, cukup klik tautan yang tersedia dibawah.

DOWNLOAD

Download Kumpulan Soal OSN IPS SMP 2023 PDF

Pada bagian ini kami akan memaparkan link download soal OSN SMP 2023 dalam format PDF untuk cabang perlombaan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Untuk mendapatkan kumpulan soal OSN IPS SMP 2023, cukup klik tautan yang tersedia dibawah.

DOWNLOAD

Download Kumpulan Soal OSN Matematika SMP 2023 PDF

Pada bagian ini kami akan memaparkan link download soal OSN SMP 2023 dalam format PDF untuk cabang perlombaan Matematika. Untuk mendapatkan kumpulan soal OSN IPA MTK 2023, cukup klik tautan yang tersedia dibawah.

DOWNLOAD

Baca: Download File Pedoman dan Silabus OSN SMP 2024 PDF Resmi

Simpulan

Demikian tadi sedikit ulasan dari kami tentang soal OSN SMP 2023 untuk cabang IPA, Matematika, hingga IPS. Untuk mendapatkan soal-soal tersebut cukup klik tautan diatas maka kamu akan mendapatkan kumpulan soalnya yang lengkap disana. download soal-soal olimpiade osn matematika, ips, ipa smp 2023 pdf dan pembahasannya, kunju jawabannya, mtk, contoh soal osn smp 2023.

Show comments