Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan Universitas Nusa Putra (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Nusa Putra University (NPU) Sukabumi. Hello sobat skul, senang sekali bisa nulis lagi kali ini hehee. Pada tulisan kali ini ulasan kami akan berbeda dari biasanya dimana untuk artikel ini akan memaparkan ulasan tentang list fakultas dan program studi yang berada disalah satu kampus favorit yang ada di Kota Sukabumi yaitu NPU Sukabumi. Untuk lebih lengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

Daftar Fakultas dan Jurusan Universitas Nusa Putra

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelum lanjut mengenai list fakultas dan jurusan di Nusa Putra University, ayo pahami dulu pengertian dari jurusan dan fakultas.

1. Jurusan

Dari yang dituliskan dalam KBBI mengartikan jurusan yaitu "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dapat juga diartikan bahwa jurusan ialah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti halnya prodi Teknik Pertambangan, Ilmu Komputer, Pendidikan Bahasa Inggris dsb.

2. Fakultas

Dari yang dituliskan dalam KBBI mengartikan fakultas yaitu "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dapat juga diartikan bahwa fakultas ialah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti halnya Fakultas Teknik dan Desain yang didalamnya terdapat jurusan Teknik Arsitektur, Teknik Petrambangan, Teknik Mesin dsb.

Sejarah Universitas Nusa Putra

Nusa Putra Univesity atau biasa disebut dengan singkatan NPU ialah salah satu universitas favorit bagi calon mahasiswa baru khususnya di Kota Sukabumi. Selain NPU Sukabumi, Jawa Barat rupanya masih memiliki perguruan tinggi terkemuka lainnya lainnya loh seperti UNU Cirebon, ITB, UIKA dsb.

Universitas Nusa Putra merupakan salah satu perguruan tinggi dengan status Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik yang dimiliki Indonesia. NPU Sukabumi beralamatkan tepatnya di Jl. Raya Cibolang No. 21, Cibolang Kaler, Kec. Cisaat, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Sebelum namanya menjadi seperti sekarang, Universitas nusa putra pada awalnya bernama STT Nusa Putra dibawah naungan Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi. Kampus ini bermula dari sebuah Warnet (NSP.Net) dan kursus komputer (L2NSP) yang didirikan pada tahun 2002 yang diberinama Nusa Putra (NSP) di Sukabumi.

Selang 2 tahun tepatnya tanggal 15 Maret 2004 dibangunlah sebuah Yayasan Nusa Putra yang kemudian yayasan ini mendirikan Lembaga Pendidikan Nusa Putra (LPI-NSP). Yayasan mengalami perubahan nama pada tahun 2006 menjadi Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi.

Berdasarkan SK Mendiknas pada tahun 2006 didirikanlah Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra (STT-NSP) dibawah naungan Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi. Kemudian berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tertanggal 2 Februari 2018 dilakukan peningkatan satus dari STT Nusa Putra menjadi Universitas Nusa Putra / Nusa Putra University.

Daftar Fakultas dan Jurusan Nusa Putra University

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja berikut daftar fakultas dan jurusan di NPU Sukabumi.

1. Fakultas Teknik dan Desain
  • D3 Teknik Elektronika
  • D3 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Desain Komunikasi Visual
  • S2 Informatika

2. Fakultas Teknologi Informasi dan Komputer
  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Informatika

3. Fakultas Hukum dan Keguruan
  • S1 Hukum
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • S1 Akuntansi
  • S1 Manajemen

Demikian informasi singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga ulasannya bisa membantu kalian dalam menemukan jurusan yang tepat. pengumuman, struktur organisasi, rektor, pendaftaran, beasiswa, akreditasi, biaya kuliah universitas nusa putra sukabumi login, jurusan. 
Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments