Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal AKM SD Kelas 1-6 Numerisasi dan Literasi Serta Jawabannya

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Download kumpulan contoh soal AKM Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD PDF. Kamu sedang mencari soal AKM SD untuk bahan latian para murid tapi tidak tau bagaimana contoh soalnya?

Kamu sudah datang di artikel yang tepat karena disini kami memiliki banyak sekali contoh soal resmi AKM SD lengkap khusus kelas 1, 2, 3, 4, 5, sampai 6 SD/MI juga tersedia.

Beberapa perubahan terus dilakukan pemerintahan untuk mencoba meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Hadirnya konsep AKM ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam melakukan penilaian mutu pembelajaran.

AKM adalah sebuah penilaian kompetensi dasar yang dibutuhkan para siswa dan siswi mulai dari tingkat SD hingga SMA guna bisa mengembangkan kapasitas diri mereka.

Kumpulan Soal AKM SD Kelas 1-6 Numerisasi dan Literasi Serta Jawabannya

Apa Itu AKM?

AKM merupakan singkatan dari Asesmen Kompetensi Minimum yang merupakan sebuah konsep baru dalam dunia pendidikan di indonesia yang dirancang guna mengukur capaian peserta didik berdasarkan kompetensi dasar seperti literasi dan numerisasi.

AKM sendiri merupakan salah satu instrumen yang ada di dalam Asesmen Nasional. Asesmen nasional sendiri bisa dibilang sebagau program evaluasi yang dicanangkan kementerian pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam negeri dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional terdiri atas 3 buah instrumen didalamnya diantaranya adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter serta Survey Lingkungan Belajar.

Level Pembelajaran AKM

AKM di khususkan untuk para murid yang berada di jenjang SD, SMP dan SMA. Setiap jengan memiliki level pembelajaran yang berbeda yang dibagi dalam 6 level. Adapun level pembelajaran dalam AKM diantaranya.

  1. Level 1: Kelas 1-2 SD
  2. Level 2: Kelas 3-4 SD
  3. Level 3: Kelas 5-6 SD
  4. Level 4: Kelas 7-8 SMP
  5. Level 5: Kelas 9 SMP - 10 SMA
  6. Level 6: Kelas 11-12 SMA

Materi dalam AKM

AKM dibagi menjadi 2 kompetensi dasar yaitu Numerisasi dan Literasi. Sedangkan literasi sendiri dibagi menjadi 2 kembali yaitu literasi fiksi dan informasi.

Numerisasi adalah sebuah kemampuan berpikir dengan memanfaatkan prosedur, fakta, dan alat dalam matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.

Literasi merupakan sebuah kemampuan guna memahami, menggunakan, mengevaluasi, hingga merefleksikan sebuah teks guna mengembangkan kapasitas para murid.

Adapun materi materi di setiap kompetensi AKM secara garis besar diantaranya adalah:

  1. Numerisasi: Bilangan, Geometri dan Pengukuran, Aljabar, Data dan Ketidakpastian.
  2. Literasi Teks Fiksi: Menemukan informasi, Memahami, mengevaluasi dan merefleksi.
  3. Literasi Teks Informasi: Menemukan Informasi, Memahami, Mengevaluasi, dan Merefleksi.

Download Kumpulan Contoh Soal AKM SD PDF

Dibawah ini kami sudah menghadirkan beberapa contoh soal AKM SD muali dari kelas 1-6 terlengkap yang disertai jawabannya yang bisa kamu download dalam format PDF. Untuk mendapatkan nya secara lengkap kamu bisa klik saja tautan dibawah ini.

1. Download Soal AKM SD Kelas 1 Terlengkap

Diabagian ini kami sudah menyediakan kumpulan soal dan pembahasan disertai jawabannya AKM SD kelas 1. Untuk mendapatkan contoh salnya secara lengkap kamu bisa klik tautan dibawah.

2. Download Soal AKM SD Kelas 2 Terlengkap

Diabagian ini kami sudah menyediakan kumpulan soal dan pembahasan disertai jawabannya AKM SD kelas 2. Untuk mendapatkan contoh salnya secara lengkap kamu bisa klik tautan dibawah.


3. Download Soal AKM SD Kelas 3 Terlengkap

Diabagian ini kami sudah menyediakan kumpulan soal dan pembahasan disertai jawabannya AKM SD kelas 3. Untuk mendapatkan contoh salnya secara lengkap kamu bisa klik tautan dibawah.

4. Download Soal AKM SD Kelas 4 Terlengkap

Diabagian ini kami sudah menyediakan kumpulan soal dan pembahasan disertai jawabannya AKM SD kelas 4. Untuk mendapatkan contoh salnya secara lengkap kamu bisa klik tautan dibawah.

5. Download Soal AKM SD Kelas 5 Terlengkap

Diabagian ini kami sudah menyediakan kumpulan soal dan pembahasan disertai jawabannya AKM SD kelas 5. Untuk mendapatkan contoh salnya secara lengkap kamu bisa klik tautan dibawah.

6. Download Soal AKM SD Kelas 6 Terlengkap

Diabagian ini kami sudah menyediakan kumpulan soal dan pembahasan disertai jawabannya AKM SD kelas 5. Untuk mendapatkan contoh salnya secara lengkap kamu bisa klik tautan dibawah.

Simpulan

Itulah tadi sedikit pembahasan dari kami tentang contoh soal AKM SD. semoga pembahasan diatas dapat membantu mu dalam menghadapi ujian AKM dalam waktu dekat ya!! Kamu bisa manfaatkan soal diatas sebagai bahan untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan tes AKM . download soal akm sd kelas 5, pdf, online, level 1, literasi, numerisasi, ipa, 2022, 2023.

Show comments