Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan UMTAS Tasikmalaya (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS). Hai sahabat skul, diantara kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu kampus terbaik yang dimiliki Kota Tasikmalaya yaitu Universitas Muhammadiyah Tasikamalaya. Nah kali ini kami akan membahas daftar fakultas dan jurusan di UM Tasikmalaya sebagai bahan kalian dalam menentukan jurusan yang tepat. Untuk informasi lengkapnya simak ulasannya dibawah ya!!

Daftar Fakultas dan Jurusan UMTAS Tasikmalaya

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelum lanjut membahas daftar fakultas dan jurusan di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, mari pahami dulu pengertian dari jurusan dan fakultas.

1. Jurusan

Berdasarkan KBBI jurusan / program studi diartikan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dapat pula diartikan bahwa jurusan ialah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti halnya prodi Profesi Ners, Pendidikan Guru PAUD, Teknik Industri dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan KBBI fakultas diartikan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dapat pula diartikan bahwa fakultas ialah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti halnya Fakultas Ilmu Kesehatan yang didalamnya terdapat jurusan Pendidikan Dokter, Kedokteran Gigi, Ilmu Gizi dsb.

Sejarah UMTAS Tasikmalaya

Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya atau disingkatan UMTAS ialah salah satu universitas favorit bagi calon mahasiswa baru khususnya di Kota Tasikmalaya. Selain UNMUH Tasikmalaya, Provinsi Jabar rupanya masih memiliki perguruan tinggi terkemuka lainnya loh seperti UMC Cirebon, UNPER Tasikmalaya, Universitas Wiralodra dsb.

UMTAS ialah salah satu perguruan tinggi dengan status Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada dibawah lingkup salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah yang terbaik yang dimiliki Indonesia. UMTAS beralamatkan tepatnya di Jl. Tamansari KM 2,5, Mulyasari, Tamansari, Mulyasari, Kec. Tamansari, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia.

UMTAS merupakan bentuk peningkatan status dari sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Tasikmalaya yang didirikian tahun 2002 dengan melakukan peningkatan status dari  Akademi Keperawatan Muhammadiyah Tasikmalaya  menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Tasikmalaya.

Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tertanggal 17 Oktober 2014 dilakukan peningkatan status dari STIKes Muhammadiyah Tasikmalaya menjadi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Daftar Fakultas dan Jurusan UMTAS Tasikmalaya

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja berikut daftar fakultas dan jurusan di UM Tasikmalaya.

1. Fakultas Ilmu Kesehatan
  • D3 Keperawatan
  • D3 Kebidanan
  • S1 Ilmu Keperawatan
  • Profesi Ners

2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Teknologi Informasi
  • S1 Bimbingan dan Konseling
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • S1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik

3. Fakultas Teknik
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Lingkungan
  • S1 Teknik Pertambangan

Itulah tadi sedikit informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga ulasannya bisa membantu kalian dalam menemukan jurusan yang tepat. npsn, stikes, akreditasi, biaya universitas muhammadiyah tasikmalaya, akreditasi, logo, pmb, pendaftaran, beasiswa, s1 keperawatan di, rincian biaya kuliah umtas tasikmalaya. 
Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya!!
Baca :
Show comments