Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan UNPI Cianjur (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Putra Indonesia Cianjur. Hola sahabat skul, seneng banget rasanya bisa nulis lagi nih hehee. Melanjutkan pendidikan kejenjang perkuliahan merupakan keinginan semua orang. Namun sebelum lanjut berkuliah kebanyakan dari kita masih merasa kesulitan dalam memilih jurusan yang tepat.

Salah satu tips memilih jurusan yang tepat yaitu kita harus rajin melakukan survey jurusan di kampus-kampus yang menjadi pilihan kita nantinya. Nah untuk mempermudah kalian dalam melakukan survey tersebut, artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu kampus terbaik di Kabupaten Cianjur yaitu UPI Cianjur. Info lengkapnya bisa baca hingga halaman terakhir ya!!

Daftar Fakultas dan Jurusan UNPI Cianjur

Definisi Jurusan dan Fakultas

Pada bagian ini kami akan memberikan definisi singkat mengenai fakultas dan jurusan sebelum lanjut membahas pembahasan tentang list fakultas dan jurusan di UNPI Cianjur.

1. Jurusan

Berdasarkan KBBI jurusan didefinisikan "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dapat diartikan pula bahwa jurusan merupakan sebuah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti halnya prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Ekonomi Pembanguna, Teknik Mesin dsb.

2. Fakultas

Berdasarkan KBBI fakultas didefinisikan "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Dapat diartikan pula bahwa fakultas merupakan sebuah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti halnya FISIP yang didalamnya terdapat jurusan Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Sosiologi dsb.

Sejarah Singkat UNPI Cianjur

Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di Indonesia. Tercatat Provinsi ini telah mempunyai beberapa universitas tersohor seperti Universitas Nasional PASIM, UNIDA, UNSUR Cianjur dsb. Selain kampus tadi, tentunya Jawa Barat juga masih mempunyai kampus tenar lainnya loh seperti Universitas Putra Indonesia Cianjur atau disingkat UNPI.

UNPI adalah sebuah universitas yang berstatuskan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dimiliki Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. Dr. Muwardi Gg. Perjuangan No.66, Muka, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia.

Awal terbentuknya UNPI Cianjur dimulai dari didirikannya sebuah Yayasan Pendidikan Putra Indonesia (YPPI) pada tahun 1987. Nama yayasan ini sempat berubah beberapa kali mulai tahun 2011 ditubah menjadi Yayasan Pendidikan Putra Indonesia Cikundul (YPPIC), kemudian tanggal 21 Maret 2018 kembali dirubah menjadi  Yayasan Pendidikan Yuyun Moeslim Taher (YPYMT).

Awalnya yayasan ini hanya mengelola sebuah temat kursus kemudian seiring berjalannya waktu didirikanlah beberapa perguruan tinggi diantaranya Akademi Bahasa Asing (ABA) tahun 1991, Akademi Manajemen Informatika (AMIK) tahun 1992, Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) tahun 1995, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yahun 1998, dan terakhir Sekolah Tinggi Teknologi (STT) tahun 1999.

Setelah melewati waktu yang cukup panjang, akhirnya dilakukan penggabungan semua sekolah tinggi yang berada dibawah naungan Yayasan YPPI menjadi Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI tertanggal 26 September 2001.

Daftar Fakultas dan Jurusan UNPI Cianjur

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja berikut daftar fakultas dan jurusan di UNPI Cianjur.

1. Fakultas Sastra
  • S1 Bahasa dan Sastra Inggris

2. Fakultas Teknik
  • D3 Manajemen Informatika
  • S1 Teknik Infotmatika

3. Fakultas Ekonomi
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

4. Fakultas Ilmu Komunikasi
  • S1 Ilmu Komunikasi

Itulah tadi informasi singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga atikel ini bisa membantu kalian dalam memilih pilihan jurusan yang tepat sebelum berkuliah. jadwal kuliah kelas karyawan, pembayaran, biaya pendaftaran, beasiswa, akreditasi jurusan, biaya masuk kuliah unpi cianjur. 
Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments