Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas dan Jurusan ISBI Bandung (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Hai sobat skul, sebentar lagi seleksi masuk perguruan tinggi akan kembali dilaksanakan nih, pasti banyak diantara kalian yang sudah mempersiapkan diri untuk mendaftaran diri ya hehee. Buat kamu yang kepengin melanjutkan studi di bangku perkuliahan, kalian wajib banget memilih jurusan yang tepat.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih jurusan yang tepat yaitu dengan mengamati diri kamu sendiri kira-kira kamu menyukai ilmu apa, masa depan seperti apa yang kamu harapkan, potensi apa yang kamu miliki dsb. Berikut kami berikan daftar fakultas dan jurusan di salah satu universitas terbaik di Provinsi Jawa Barat yaitu ISBI Bandung.

Daftar Fakultas dan Jurusan ISBI Bandung

Arti Jurusan dan Fakultas

Sebelum ayao kita pahami dulu pengertian dari fakultas dan juga jurusan dibawah sebelum lanjut membahas topik utamanya tentang daftar fakultas dan jurusan di ISBI Bandung.

1. Jurusan

Dari pengertian yang tersemat dalam KBBI, jurusan berarti "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Menurut pengertian KBBI tadi, maka dapat diartikan bahwa jurusan ialah sebuah wadah yang akan mendalami ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Desain Komunikasi Visual (DKV), Teknik Arsitektur, Pariwisata dsb.

2. Fakultas

Dari pengertian yang tersemat dalam KBBI, fakultas berarti "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". Menurut pengertian KBBI tadi, maka dapat diartikan bahwa fakultas ialah sebuah wadah yang menaungi beberapa jurusan yang setipe seperti Fakultas Seni Pertunjukan yang didalamnya terdapat jurusan Seni Musik, Seni Kriya, Seni Tari dsb.

Sekilas Tentang ISBI Bandung

Jawa Barat adalah sebuah daerah yang terkenal dengan sektor pendidikannya dimana provinsi ini telah menciptakan beberapa universitas unggulan seperti UNSIKA, UNPAD UPI dsb. Selain beberapa kampus-kampus yang telah disebutkan diatas, tentunya Jawa Barat masih memiliki kampus tenar lainnya loh yaitu Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung atau biasa disingkat ISBI Bandung.

ISBI Bandung ialah kampus yang ada di Indonesia yang berstatuskan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kampus ini beralamatkan di Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Berdirinya ISBI Bandung diawali dengan didirikannya sebuah lembaga pendidikan tinggi di Bandung yaitu Konservatori Tari (KORI) pada tanggal 31 Maret 1968. KORI kemudian ditingkatkan statusnya menjadi Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung  dengan dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebidayaan RI tahun 1970.

Peningkatan status kembali dilakukan dengan dikeluarkannya SK Presiden RI tahun 1995 menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung. Untuk mendukung percepatan dan perluasan pembangunan (MP3EI), maka STSI Bandung kembali mengalami peningkatan status menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung berdasarkan Peraturan Presiden tertanggal 25 Agustus 2014.

Daftar Fakultas dan Jurusan ISBI Bandung

Sekarang Institut Seni Budaya Indonesia Bandung sudah memiliki lebih dari 10 buah program studi yang masih aktif berjalan. Langsung saja ini merupakan list fakultas dan prodi yang ada di ISBI Bandung.

1. Fakultas Seni Pertunjukan
  • D4 Seni Tari Sunda
  • D4 Angklung dan Musik Bambu
  • S1 Seni Tari
  • S1 Seni Karawitan
  • S1 Seni Teater

2. Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • D3 Kriya Seni
  • D4 Tata Rias dan Busana
  • S1 Seni Rupa Murni

3. Fakultas Budaya dan Media
  • D4 Film dan Televisi
  • S1 Antropologi Budaya

4. Program Pascasarjana
  • S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni

Itulah tadi sedikit informasi yang kami harap bisa menjadi bermanfaat untuk kita semua. alamat, rektor, lokasi, syarat masuk, pendaftaran isbi bandung, logo, fakultas, mata kuliah, alumni, biaya, akreditasi, jurusan di isbi bandung jurusan film, dkv, biaya. 
Jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa share ke teman-teman kalian juga ya
Baca :
Show comments