Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal dan Cara Mengerjakan Psikotes Angka Hilang + File PDF

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Download Soal Tes Kecermatan Angka Hilang. Masih bingung bagaimana cara mengerjakan contoh soal tes kecermatan angka hilang yang sering di ujikan dalam beberapa psikotes?

Tenang saja sob, dibawah ini kami akan menjelaskan sedikit tentang contoh soal dan cara mengerjakan mengerjakan psikotes kecermatan angka hilang diserta contoh soal yang dapa kamu unduh sebagai media belajar.

Tes Kecermatan memang sering kali diikutkan dalam sebuah seleksi penerimaan seperti POLRI dan TNI. Dalam tes kecermatan ada beberapa tes yang biasa ujikan seperti kecermatan angka hilang, huruf hilang, hingga simbol hilang.

Nah untuk bagian ini kami akan ulas sedikit tentang tes kecermatan angka hilang. Selengkapnya ikuti terus pembahasan dibawah ya!!

Contoh Soal dan Cara Mengerjakan Tes Kecermatan Angka Hilang

Tentang Tes Kecermatan Angka Hilang

Tes Kecermatan membutuhkan ketelitian, konsentrasi, dan teknik yang baik untuk bisa memahami dan mengerjakan setiap pertanyaan dalam waktu yang cepat.

Dalam tes kecermatan ada pengurangan nilai bila kamu salah menjawab, jadi pastikan kamu tidak salah menjawab dan jangan asal menebak bila memang tidak yakin dengan jawabannya.

Jadi intinya dalam mengerjakan tes kecermatan seperti tes angka hilang ini, kamu harus menjawabnya dengan tepat dan cepat sebanyak-banyaknya.

Untuk tes angka hilang sendiri kamu diharuskan untuk mencari angka yang hilang dari deret angka yang disediakan. Kamu harus mencari angka mana yang tidak ada dan menentukan jawabannya dengan benar dan cepat.

Misalnya kunci menunjukkan 5 angka yakni 24681, dan dalam soal terdapat 4 angka yakni 2468, maka angka yang hilang adalah 1 dan kamu harus menuliskan angka 1 tersebut.

Psikotes Angka hilang ini biasanya terdiri dari beberapa kolom dan setiap kolomnya kamu akan diberi waktu sekitar 1-2 menit untuk menyelesaikananya.

Bila telah melewati batas waktu pengerjaan dalam keadaan belum selesai, itu tidak mengapa karena kamu disitu harus lanjut mengerjakan kolom berikutnya.

Cara Mengerjakan Tes Kecermatan Angka Hilang

Untuk mengerjakan tes kecermatan angka hilang gampang banget ko, yang penting kamu harus cermat dan teliti dengan kunci dan soal yang diberikan. Adapun cara mengerjakannya adalah.

contoh soal tes angka hilang

Gambar: Contoh tes angka hilang

  1. Lihat 5 angka sebagai kunci di bagian paling atas yakni 83127 yang diwakilkan dengan ABCDE secara berurutan.
  2. Lalu tabel dibawahnya merupakan soal yang berjumlah 15 soal.
  3. Untuk nomor 1, memiliki 4 angka yakni 8327. Berdasarkan kunci diatas nya, berarti angka yang hilang adalah 1 yang diwakilkan dengan huruf C. Jadi kamu bisa menulskan huruf C nya disamping tabel untuk menjawabnya.
  4. Lakukan hal yang sama seperti step nomor 3 untuk soal yang lainnya.

Tes angka hilang lama kelamaan memang sering dilakukan modifikasi seperti metode menjawab dengan menghitamkan angka yang hilang, melingkari angka yang hilang dan sebagainya.

Namun pada intinya cara mengerjakan soal tipe ini sama yakni kamu harus menentukan angka mana yang tidak ada berdasarkan kunci yang diberikan.

Baca juga: Contoh Soal PDF dan Cara Mengerjakan Tes Kecermatan Huruf Hilang

Download Contoh Soal Tes Kecermatan Angka Hilang

Untuk melatik kecepatan dan ketepatanmu dalam menyelesaikan tes angka hilang ini, kamu bisa berlatih dengan menggunakan beberapa soal yang bisa kamu unduh secara gratis di bawah.

  1. Tes Angka Hilang PDF 1: DOWNLOAD
  2. Tes Angka Hilang PDF 2: DOWNLOAD
  3. Tes Angka Hilang PDF 3: DOWNLOAD
  4. Tes Angka Hilang PDF 4: DOWNLOAD
  5. Tes Angka Hilang PDF 5: DOWNLOAD
  6. Tes Angka Hilang PDF 6: DOWNLOAD

Tips Mengerjakan Psikotes Angka Hilang

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisa menyelesaikan soal dengan nilai maksimal diantaranya.

  1. Kerjakan dengan cepat namun tepat.
  2. Jangan asal menebak bila tidak tau.
  3. Usahakan stabil mengerjakan dengan mengatur nafas hingga soal terakhir.
  4. Konsentrasi fokus pada soal dan kunci yang disediakan.
  5. Temukan metode mengerjakan soal yang tepat dan nyaman seperti hafalkan kuncinya lalu cocokan dengan soal.
  6. Jangan hiraukan peserta lain.
  7. Usahakan jawaban pada setiap kolom minimal stabil dan meningkat lebih bagus.

Penutup

Gampang kan cara mengerjakan soal tes angka hilang. Pada dasarnya tipe soal tes angka hilang lama kelamaan memiliki tipe soal dan cara menjawab yang ditingkatkan dan berbeda-beda. Namun pada dasarnya logika mengerjakannya sama yaitu mencari angka yang hilang dari kunci yang ada.

Semoga pembahasan diatas bisa kamu ikuti dengan mudah ya. nantikan ulasan menarik kami lainnya!! contoh soal kecermatan psikotes angka hilang polisi, polri pembahasannya pdf, online, tni.

Show comments