Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal PDF dan Cara Mengerjakan Tes Kecermatan Huruf Hilang

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Download Soal Psikotes Kecermatan Huruf Hilang. Dalam waktu dekat kamu akan melakukan psikotes tes kecermatan huruf hilang? Kamu ingin mengetahui bagaimana bentuk dan cara mengerjakan tes huruf hilang ini dengan mencari tau contoh soalnya?

Santai sob, disini kami akan membantumu menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi dengan menghadirkan contoh soal dan cara mengerjakan tes kecermatan khusus huruf hilang. Tak ketinggalan pula kami juga sudah menyertakan contoh soal yang bisa kamu unduh dan secara gratis.

Tes Kecermatan memang sering kali diujikan pada sebuah seleksi penerimaan seperti POLRI,TNI atau yang perusahaan swasta. Dalam tes kecermatan ada beberapa pengujian yang biasa di lakukan seperti kecermatan angka hilang, huruf hilang, ataupun simbol hilang.

Nah untuk kali ini kami akan membahas tentang tes kecermatan huruf hilang. Selengkapnya terkait contoh soal dan cara mengerjakannya ikuti terus pembahasan dibawah ya!!

Contoh Soal PDF dan Cara Mengerjakan Tes Kecermatan Huruf Hilang

Tentang Tes Kecermatan Huruf Hilang

Tes Kecermatan adalah salah satu tes yang biasa ada dalam psikotes. Tes ini membutuhkan ketelitian, konsentrasi, dan teknik yang baik untuk bisa memahami dan mengerjakan setiap soal dalam waktu yang cepat dan tepat.

Terdapat pengurangan nilai bila kamu salah menjawab dalam tes kecermatan ini. Jadi pastikan kamu tidak asal menjawab bila memang tidak yakin dengan jawabannya.

Jadi intinya dalam mengerjakan tes kecermatan seperti tes huruf hilang ini, kamu harus menjawab setiap soal dengan tepat dan cepat sebanyak-banyaknya.

Pada tes huruf hilang sendiri kamu diharuskan untuk mencari huruf yang hilang berdasarkan kunci yang sudah diberikan. Kamu harus mencari huruf mana yang tidak ada dalam kunci dan menentukan jawabannya dengan benar dan cepat.

Misalnya kunci menunjukkan huruf yakni ADKMV, dan dalam soal terdapat 4 angka yakni VAKM, maka huruf yang hilang adalah D.

Psikotes huruf hilang ini biasanya terdiri dari beberapa kolom lalu pada setiap kolomnya kamu akan diberi waktu untuk mengerjakan sekitar 1-2 menit.

Bila telah melewati batas waktu pengerjaan dalam keadaan belum selesai, itu tidak mengapa karena lebih baik disitu kamu lanjut saja mengerjakan pada kolom berikutnya.

Cara Mengerjakan Tes Kecermatan Huruf Hilang

Untuk mengerjakan tes kecermatan huruf hilang sebenarnya tidak jauh berbeda seperti kamu mengerjakan tes angka hilang atau simbol hilang. Adapun cara mengerjakannya adalah.

contoh soal tes huruf hilang

Gambar: Contoh soal tes huruf hilang

  1. Lihat 5 huruf sebagai kunci di bagian paling atas yakni “abfgc” yang diwakilkan dengan “ABCDE” secara berurutan.
  2. Lalu tabel dibawahnya merupakan soal yang harus dikerjakan yang berjumlah 10 soal.
  3. Untuk nomor 1, terdiri dari 4 huruf yakni “abfg”. Berdasarkan kunci diatas nya, berarti huruf yang hilang adalah “c” yang diwakilkan dengan huruf “E”. Jadi kamu bisa menuliskan huruf “E” nya disamping tabel untuk menjawabnya.
  4. Lakukan hal yang sama seperti diatas untuk soal yang lainnya.

Tes huruf hilang memang lama kelamaan memang mengalami modifikasi untuk lebih menyempurnakan cara yang dipakai. Modifikasi yang biasanya dilakukan adalah terkait cara menjawabnya seperti metode menjawab dengan menghitamkan angka yang hilang, melingkari angka yang hilang dan sebagainya.

Namun pada asarnya cara mengerjakan soal tipe ini sama yakni kamu harus menentukan angka mana yang tidak ada berdasarkan kunci yang diberikan.

Baca juga: Contoh Soal dan Cara Mengerjakan Psikotes Angka Hilang + File PDF

Download Contoh Soal Tes Huruf Hilang

Dibawah ini kami sudah sajikan beberapa contoh soal untuk bisa melatih skill mu dalam mengerjakan tes huruf hilang dalam waktu dekat agar semakin terlatih ketelitiannya dan kecepatannya. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui link dibawah ya.

Tes Huruf Hilang PDF 1 : DOWNLOAD

Tips Menyelesaikan Psikotes Huruf Hilang

Beberapa tips ini dapat kamu terapkan agar bisa menyelesaikan soal dengan nilai maksimal diantaranya.

  1. Kerjakan dengan cepat dan usahakan tepat.
  2. Jangan asal menebak bila tidak tau jawabannya.
  3. Usahakan stabil mengerjakan, mengatur nafas mu ampai soal terakhir.
  4. Konsentrasi dan tetap fokus pada soal dan kunci yang diberikan.
  5. Temukan metode mengerjakan soal yang paling nyaman seperti hafalkan kuncinya lalu cocokan dengan soal atau metode lainnya.
  6. Jangan hiraukan peserta lain.
  7. Usahakan banyaknya soal yang berhasil di jawaban pada setiap kolom minimal tetap sama dan meningkat lebih bagus.

Penutup

Itu tadi sedikit ulasan dari kami terkait cara mengerjakan tes kecermatan huruf hilang. Dalam tes ini kamu hanya harus mencari huruf mana yang hilang dalam soal berdasarkan patokan kunci yang telah diberikan. 

Demikian pembahasannya, semoga cukup membantumu dalam menyiapkan diri sebelum tes sesungguhnya. Nantikan ulasan menarik kami lainnya ya!! salin, file, download, tes huruf hilang pdf kecermatan polri, tni, online, secaba polisi, gratis.

Show comments