Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal TWK, TIU, TKP CPNS 2021 dan Pembahasan (PDF) Terlengkap

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Download Soal SKD TWK, TIU, TKP CPNS dan Pembahasan Terbaru. Kamu sedang mencari soal dan pembahasan CPNS untuk tes SKD terkait materi TWK, TIU, dan TKP?

Tenang saja sob, disini kami sudah memiliki beberapa soal dan pembahasan SKD CPNS terlengkap yang kami kumpulkan dari berbagai sumber di internet.

Dalam waktu dekat seleksi penerimaan CPNS akan kembali dibuka. Banyak cara bisa kita lakukan untuk mempersiapkan diri dan salah satunya adalah dengan melakukan banyak latihan soal untuk mengasah kemampuan tes tulis yang akan dihadapi.

SKD merupakan salah satu tahapan tes tulis yang harus kamu tempuh nantinya dalam seleksi CPNS.  SKD akan diujikan berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) yang artinya kamu akan mengerjakan tes ini secara digital.

Nah buat kamu yang ingin mengasah kemampuan tes SKD agar lebih terbiasa dengan tipe soalnya nanti, dibawah kami memiliki kumpulan soal dan pembahasan lengkapnya mulai dari test TKP, TIU, dan TWK yang dapat kamu unduh secara gratis.

Kumpulan Soal TWK, TIU, TKP CPNS dan Pembahasan

Sekilas Tentang Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah salah satu tahapan ujian yang harus kamu tmmpuh selama mengikuti seleksi CPNS. Dalam seleksi ini kamu para peserta akan diuji seputar pengetahuan dasar yang harus diketahui. SKD dibagi menjadi 3 materi ujian yakni TWK, TIU, dan TKP.

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK adalah sebuah tes yang harus kamu lalui dimana tujuan dari tes ini adalah untuk menilai penguasaan pengetahuan para peserta CPNS seputar bangsa Indonesia meliputi materi terkait Pancasila, UUD 1945, NKRI, dll.

2. Test Intelegensia Umum (TIU)

TIU adalah sebuah tes yang akan menguji kemampuan peserta dalam 3 aspek utama yakni numerik atau logika dalam berhitung, figural penalaran melalui media gambar, dan juga verbal atau logika dalam berbahasa.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TWK adalah sebuah tes yang akan menguji kemampuan peserta dalam menilai karakteristik atau kepribadian para peserta. Tidak ada jawaban benar atau salah disini, jadi kamu cukup pilih saja jawaban yang paling mendekati karaktermu.

Setiap materi ujian memiliki jumlah soal dan passing grade atau nilai ambang batas nya masing-masing. Pada tes SKD kamu akan mengerjakan sebanyak 110 soal dimana TWK terdiri dari 30 soal, TIU 35 soal, dan TKP 45 soal.

Untuk TWK dan TIU peserta akan mendapatkan nilai 5 untuk setiap soal dengan jawaban yang benar dan nilai 0 untuk jawaban salah. Sedangkan TKP penilaiannya menggunakan bobot nilai dari 1-5 untuk setiap opsi jawabannya dan diberi nilai 0 untuk jawaban yang tidak diisi. 

Untuk nilai ambang batas SKD berbeda tergantung formasi yang dipilih. Namun secara umum nilai ambang batas yang harus kamu tempuh adalah TWK 65, TIU 80, dan TKP 166.

Tahap Dalam Seleksi CPNS

Untuk kamu yang mau mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta CPNS, ada beberapa tahapan yang harus kamu tempuh sebelum akhirnya diangkat sebagai PNS. Adapun tahapannya adalah.

  1. Tahap Seleksi Administrasi
  2. Tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  3. Tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
  4. Tahap Integrasi penilaian dari hasil ujian SKD dan SKB
  5. Pengumuman Hasil Kelulusan
  6. Tahap Pemberkasan

Materi Apa Saja yang Diujikan?

Selain SKD kamu juga harus menempuh tes SKB, untuk detail materi yang akan diujikan kamu bisa melihatnya melalui list yang sudah kami sajikan dibawah.

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  3. Tes Intelegensia Umum (TIU)

2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

  1. Tes Keterampilan
  2. Psikotes
  3. Tes Wawancara
  4. Tes Substantif Bidang 

Link Download Soal dan Pembahasan TWK, TIU, TKP CPNS 2021

Disini kami akan menyajikan soal dan pembahasan dari setiap materi yang di ujikan dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Adapun soal yang kami sajikan diperoleh dari berbagai sumber di internet seperti website terpercaya, media sosial dan lain sebagainya.

Manfaatkan soal dan pembahasan CPNS ini untuk hal yang positif. Kamu bisa mengunduhnya langsung melalui link yang sudah kami sajikan dibawah secara gratis.

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Berikut merupakan soal dan pembahasan SKD TWK CPNS terlengkap dan terupdate. Kamu bisa klik tombol download dibawa untuk mendapatkan soal dan pembahasan lengkapnya.

DOWNLOAD

2. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Berikut merupakan soal dan pembahasan SKD TWK CPNS terlengkap dan terupdate. Kamu bisa klik tombol download dibawa untuk mendapatkan soal dan pembahasan lengkapnya.

DOWNLOAD

3. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Berikut merupakan soal dan pembahasan SKD TWK CPNS terlengkap dan terupdate. Kamu bisa klik tombol download dibawa untuk mendapatkan soal dan pembahasan lengkapnya.

DOWNLOAD

Baca juga:

        Kesimpulan

        Demikian soal dan pembahasan SKD CPNS yang bisa kami sampaikan. Manfaatkan dengan baik materi diatas untuk membantumu dalam menghadapi seleksi CPNS dalam waktu dekat.

        Bila ada saran dan masukan dari kalian, segera tulis di kolom komentar ya!! soal latihan tkp cpns 2019, 2018 dan pembahasan pdf, 30, kumpulan soal cpns tiu dan pembahasan pdf, 2021 beserta jawabannya, download contoh latihan soal skd cpns dan pembahasannya pdf gratis, kunci jawabannya.

        Show comments