Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STKIP Nurul Huda Sukaraja (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda Sukaraja. Hello sobat skul, melanjutkan pendidikan adalahsebuah step yang banyak dilalui oleh setiap orang sebagai awal mula untuk mendapatkan kesuksesan. Salah satu tingkatan didunia pendidikan adalah pada jenjang perkuliahan. Sebelum kita berkuliah, ada hal-hal yang seharusnya kita siapkan terlebih dahulu, salah satunya yaitu menentukan prodi dan fakultas dengan cermat. Artikel ini akan kami hadirkan dengan ulasan yang isinya mengenai daftar program studi pada salah satu sekolah tinggi di Provinsi Sumatera Selatan yaitu STKIP Nurul Huda.

daftar jurusan di stkip nurul huda sukaraja

Memahami Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya kami akan sampaikan sedikit referensi arti dari fakultas dan jurusan sebelum membahas topik utamanya mengenai daftar jurusan di STKIP Nurul Huda.

1. Jurusan

Ada beberapa sumber yang memberikan arti pada jurusan, yang tertulis di KBBI mendefinisikan jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Pendidikan Bahasa Arab, Sastra Prancis, Agroteknologi dsb.

2. Fakultas

Ada beberapa sumber yang memberikan arti pada fakultas, yang tertulis di KBBI mendefinisikan fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Fakultas adalah bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ilmu Komunikasi yang didalamnya ada Jurusan Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Sistem Informasi dsb.

Supaya mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Sekolah Tinggi (UMUSLIM, UNSAM, STMIK IBBI) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Kimia).

Sekilas Mengenai STKIP Nurul Huda Sukaraja

Bukan hanya daerah-daerah seperti Pekanbaru, Batam, Solo dll yang merupakan daerah dengan sektor pendidikan yang baik di Indonesia, tentunya Sumatera Selatan merupakan salah satunnya. Sumsel juga memiliki kampus favorit seperti halnya STKIP PGRI Lubuklinggau, POLSRI, UNSRI dsb.

Tak hanya kampus yang telah kita jabarkan tadi saja yang merupakan kampus unggulan Sumatera Selatan. Provinsi ini masih memiliki kampus lainnya yang juga tak kalah favorit dari yang s,ebelumnya kampus favorit tersebut adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda Sukaraja atau sering disingkat STKIP Nurul Huda Sukaraja.

berdirinya kampus ini dimulai dari berdirinya sebuah sekolah tinggi yaitu  Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIS) Nurul Huda Sukaraja oleh Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja pada tanggal 25 April 1996. Tanggal 27 Mei 1998 mendapat izin penyelenggaraan jurusan Pendidikan Agama Islam (S1) dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Nurul Huda Sukaraja.

Dengan izin operasional dari Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional RI tertanggal 30 November 2007 dan SK Dirjen Pendidikan Islam tertanggal 27 Oktober 2008, STIT Nurul Huda resmi dirubah statusnya menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda Sukaraja.

Daftar Jurusan STKIP Nurul Huda Sukaraja

STKIP-PGRI Lubuk Linggau sampai sekarang telah memiliki sebanyak kurang lebih 8 buah program studi yang masih aktif dibuka. Langsung saja berikut daftar prodinya.
  1. S1 Pendidikan Agama Islam
  2. S1 Pendidikan Teknologi Informasi
  3. S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
  4. S1 Pendidikan Fisika
  5. S1 Pendidikan Ekonomi
  6. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  7. S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Dengan prestasinya yang menumpuk ditambah pilihan jurusan yang bervariasi, tentunya hal tersebut membuat daya saing di STKIP Nurul Huda Sukaraja ini selalu melonjak naik dengan sangat signifikan disetiap tahun-tahun penyeleksian mahasiswa barunya. Dibuatnya ulasan ini semoga bisa membuka wawasan kita mengenai jurusan yang dibuka di STKIP Nurul Huda Sukaraja. dosen, pengumuman hasil tes, pmb, brosur, pendaftaran, siakad, akreditasi stkip nurul huda tanah merah.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments