Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIHPADA Palembang (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di STIH Sumpah Pemuda Palembang. Halo sobat skul, sekolah adalah sebuah tahap yang banyak dilakukan oleh orang-orang sebagai batu pijakan untuk mendapatkan kesuksesan. Salah satu tingkatan pendidikan yang umum diketahui adalah jenjang perkuliahan. Untuk kita yang memiliki minat melanjutkan pendidikan dalam lingkup perkuliahan, ada beberapa yang harus kita persiapkan pilihannya salah satunya adalah memilih jurusan dan universitas. Artikel ini akan kami hadirkan dengan ulasan yang isinya mengenai daftar program studi pada salah satu sekolah tinggi di Provinsi Sumatera Selatan yaitu STIH Sumpah Pemuda.

daftar jurusan stie stihpada palembang

Memahami Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya pada bagian ini kami akan menyampaikan arti dari fakultas dan jurusan sebelum kita lanjut membahas topik utamanya mengenai daftar jurusan di STIH Sumpah Pemuda.

1. Jurusan

Ada beberapa sumber yang memberikan arti pada jurusan, yang tertulis di KBBI mendefinisikan jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Hukum Keluarga Islam, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Arab dsb.

2. Fakultas

Ada beberapa sumber yang memberikan arti pada fakultas, yang tertulis di KBBI mendefinisikan fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Fakultas adalah bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Kedokteran yang didalamnya ada Jurusan Kedokteran, Profesi Dokter, Kedokteran Gizi dsb.

Supaya mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Sekolah Tinggi (UNAYA, ITB, UMUSLIM) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Bioteknologi, Fakultas Bisnis). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Desain Produk, Arsitektur).

Sekilas Mengenai STIHPADA Palembang

Tak mau tertinggal dari kota-kota lain seperti, Medan, Surakarta, Makassar dll yang merupakan daerah yang menyandang status sebagai daerah dengan sektor pendidikan yang terkenal di Indonesia, tentunya Kota Palembang yang berada di Provinsi Sumatera Selatan juga merupakan salah satu kota pendidikan terbaik. Sumsel memiliki kampus favorit seperti halnya STIE Dwi Sakti, UTP Palembang, STKIP Nurul Huda Sakaraja dsb.

Tak hanya kampus tadi saja yang merupakan sekolah tinggi unggulan yang Sumatera Selatan miliki. Provinsi ini juga masih memiliki kampus lainnya yang juga tak kalah favorit dari sebelumnya, kampus favorit tersebut merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda Palembang atau sering disingkat STIHPADA Palembang.

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum ini merupakan salah satu kampus dengan status PTS yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini beralamatkan di Jl. Sukabangun 2 No.mor 1610, Suka Bangun, Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Berdirinya STIHPADA merupakan prakarsa dari seorang tokoh masyarakat yang menggeluti dunia hukum yaitu (Alm) Prof. H. Abu Daud Busroh, SH. Kampus ini didirikan sejak tanggal 10 November 1995.

Nama yang disematkan pada kampus ini (Sumpah Pemuda) memiliki makna untuk selalu mengenang tekat para pemuda Indonesia yang selalu berjuang dengan pantang menyerah dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Daftar Jurusan STIHPADA Palembang

STIH Sumpah Pemuda Palembang sampai sekarang telah memiliki untuk 4 buah program studi yang masih aktif dibuka. Langsung saja berikut adalah daftar jurusannya.
  1. S1 Ilmu Hukum
  2. S2 Ilmu Hukum
  3. Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA)
  4. Pendidikan Khusus Pengacara Pajak (PKPP)

Dengan prestasinya yang segudang dan pilihan jurusan yang bervariasi, tentunya hal tersebut membuat tingkat persaingan di STIHPADA selalu melonjak naik dengan signifikan disetiap tahunnya. Dibuatnya ulasan ini semoga bisa membuka pemahaman kita mengenai jurusan yang dibuka di STIH Sumpah Pemuda. apa saja yang dipelajari di sekolah hukum, mengenal jurusan hukum di palembang, gedung, nama dosen, perpustakaan, logo, profil stihpada palembang, jurusan di, pendaftaran, akreditasi, biaya pendaftaran, masuk kuliah stihpada palembang, akreditasi sekolah tinggi ilmu hukum litigasi, sumpah pemuda.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments