Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di Politeknik Akamigas Palembang (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Politeknik Akamigas Palembang (PAP). Hallo sobat skul, bersekolah meyupakan sebuah tahap yang seringkali dilakukan oleh orang-orang sebagai batu loncatan untuk mendapatkan kesuksesan. Salah satu tingkatan pendidikan yang sering kita ketahui adalah perkuliahan. Untuk kita yang memiliki minat melanjutkan pendidikan dalam lingkup dunia kampus ini, ada hal-hal yang harus kita persiapkan pilihannya salah satunya adalah memilih jurusan dan universitas. Artikel ini akan kami hadirkan dengan ulasan yang isinya mengenai daftar program studi pada salah satu perguruan tinggi di Provinsi Sumatera Selatan yaitu Politeknik Akamigas.

daftar jurusan pap palembang

Memahami Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya dibagian ini kami akan memaparkan arti dari fakultas dan jurusan sebelum kita lanjut membahas topik utamanya tentang daftar jurusan di Politeknik Akamigas Palembang.

1. Jurusan

Ada beberapa sumber yang memberikan arti pada jurusan, yang tertulis di KBBI mendefinisikan jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Ilmu Hukum, Ekonomi Pembangunan, Pendidikan PKN dsb.

2. Fakultas

Ada beberapa sumber yang memberikan arti pada fakultas, yang tertulis di KBBI mendefinisikan fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Fakultas adalah bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknik yang didalamnya ada Jurusan Teknik Nuklir, Teknik Pertambangan, Teknik Otomotif dsb.

Supaya mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Sekolah Tinggi (Uniersitas Quality, IAIN Kerinci, UNAYA) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Ekonomi, Fakultas Filsafat, Fakultas Arsitektur dan Desain). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknologi Hasil Pertanian, Ilmu Tanah, Akuakultur).

Mengenai Politeknik Akamigas Palembang

Politeknik Akamigas Palembang atau biasa disingkat PAP Palembang merupakan sebuah sekolah tinggi yang beralamatkan tepatnya di Area Diklat Plaju, Jl. Kb. Jahe, Komperta, Kec. Plaju, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Politeknik ini berstatuskan sebagai sebuah perguruan tinggi swasta (PTS). Sumatera Selatan memiliki banyak sekali perguruan tinggi favorit seperti STIHPADA, STIE Dwi Sakti, UTP Palembang dsb. Politeknik Akamigas merupakan politeknik yang berfokus pada bidang / ilmu energi primer Minyak, Gas dan Batubara.

Politeknik Akamigas berada dibawah naungan Yayasan Karya Bangsa yang mana pendiriannya didasarkan atas SK Menteri Pendidikan Nasional RI tertanggal 28 September 2006. Peresmian pelntikan dan perkuliahan pertama kali  angkatan 2006/2007 dilakukan tanggal 13 Desember 2006 oleh Gubernur Sumatera Selatan kala itu dan beberapa tokoh penting lainnya.

Daftar Jurusan Politeknik Akamigas Palembang

Politeknik Akamigas Palembang sampai detik ini telah memiliki untuk 4 buah prodi yang masih aktif dibuka. Langsung saja berikut adalah daftar jurusannya.
  1. D3 Teknik Analisis Laboratorium Migas (TLM)
  2. D3 Teknik Pengolahan Migas (TPM)
  3. D3 Teknik Eksplorasi Produksi Migas (TEP)
  4. D3 Teknik Pertambangan Batubara (TPB)

Dengan prestasinya yang segudang dan pilihan jurusan yang bervariasi, tentunya hal tersebut membuat tingkat persaingan di STIHPADA selalu melonjak naik dengan signifikan disetiap tahunnya. Dibuatnya ulasan ini semoga bisa membuka pemahaman kita mengenai jurusan yang dibuka di STIH Sumpah Pemuda. teknik analisis laboratorium migas, kuliah pertambangan di palembang, pengumuman, jurusan, beasiswa, pendaftaran, akreditasi, biaya kuliah politeknik akamigas palembang swasta atau negeri, jakabaring, cepu.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments