Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Fakultas Dan Jurusan Universitas Tridinanti (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Fakultas dan Jurusan di Universitas Tridinanti Palembang (UTP). Hello Sahabat skul, untuk artikel yang akan dibawakan kali ini akan berbeda dari sebelumnya dimana sebelumnya banyak mengupas terkait soal dan pembahasan UTBK hingga UNBK. Nah kali ini kami akan membahas tentang daftar fakultas dan juga jurusan di hampir semua universitas di Indonesia. Universitas yang akan kami gali informasinya kali ini adalah salah satu universitas yang ada di Sumatera Selatan tepatnya di Kota Palembang yaitu UTP Palembang. Langsung saja simak pembahasannya.

daftar fakultas dan jurusan universitas tridinanti

Definisi Jurusan dan Fakultas

Sebelumnya mari kita pahami apa itu definisi dari fakultas dan juga jurusan.

1. Jurusan

Pengertian yang diberikan oleh KBBI memaparkan jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". dari penjelasan yang telah disebutkan diatas dapat diartikan juga bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti Ilmu Pemerintahan, Ilmu Kelautan, Farmasi dsb.

2. Fakultas

Pengertian yang diberikan oleh KBBI memaparkan fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan". dari penjelasan yang telah disebutkan diatas dapat diartikan bahwa Fakultas merupakan bagian dari universitas yang didalamnya menaungi berbagai jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Ekonomi yang didalamnya terdapat Program Studi seperti Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Keuangan Dan Perbankan dsb.

Agar mempermudah dalam memahaminya, jadi Perguruan Tinggi (UNMUL, ULM, STIE IBMI Medan) menjadi tempat untuk banyak Fakultas (Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Administrasi). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Agroteknologi, Agribisnis, Ilmu Tanah).

Sekilas Tentang Universitas Tridinanti Palembang

Palembang ialah sebuah kota yang terkenal dengan sektor pendidikannya. Palembang memiliki beberapa pilihan perguruan tinggi yang banyak diincar oleh calon mahasiswa seperti UPGRI Palembang, UNBARA, UNISKI dll. Bukan hanya kampus-kampus tadi saja yang menjadi rebutan bagi calon mahasiswa baru, tetapi Palembang juga masih memiliki kampus favorit lainnya yaitu Universitas Tridinanti Palembang atau lebih akrab disebut dengan singkatan UTP.

UTP adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hits yang dimiliki oleh Indonesia. Kampus ini beralamatkan di Jl. Kapten Marzuki No.2446, 20 Ilir D. III, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

Berdirinya kampus ini bermula dari berdirinya Yayasan Pendidikan Tridinanti Palembang tanggal 7 Februari 1977. Dilakukan perubahan nama yayasan dari sebelumnya menjadi Yayasan Pendidikan Nasional Tridinanti  Palembang tertanggal 31 Maret 1983.

Tak lama setelah perubahan tersebut akhirnya dibangunlah sebuah sekolah tinggi yang bernama Sekolah Tinggi Manajemen Dan Akuntansi (STMA) Tridinanti Palembang yang telah mendapatkan izin pendiriannya dari Kopertis Wilayah II tertanggal 11 Mei 1983.Setelah mempertimbangkan banyak hal dan melewati proses yang panjang, akhirnya STMA Tridinanti Palembang ditingkatkan statusnya menjadi Universitas Tridinanti Palembang tertanggal 2 Mei 1984.

Daftar Fakultas dan Jurusan Di Universitas Tridinanti

Hingga sekarang Universitas Tridinanti Palembang (UTP) telah membuka sebanyak 4 buah Fakultas yang terdaftar beberapa pilihan prodi yang lumayan lengkap mulai dari diploma, sarjana, hingga magister. Berikut adalah daftar Fakultas dan juga Jurusan yang ada di UTP Palembang.

1. Fakultas Ekonomi
  • D3 Keuangan dan Perbankan
  • D3 Manajemen Pemasaran
  • D3 Akuntansi
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi
  • S2 Manajemen

2. Fakultas Teknik
  • D3 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Arsitektur

3. Fakultas Pertanian
  • S1 Argoteknologi / Budidaya Pertanian
  • S1 Argobisnis / Sosial Ekonomi Pertanian

4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Itulah tadi pembahasan yang bisa kami berikan terkait daftar fakultas dan jurusan di UTP Palembang, semoga ulasan ini bisa memperkaya pemahaman kita terkait kampus ini. universitas di palembang, pendaftaran tridinanti wisuda, krs online utp, pemilik, magister manajemen, alamat, biaya pendaftaran universitas tridinanti palembang plg, logo, repository, beasiswa, akreditasi, biaya universitas tridinanti palembang.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments