Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STIT Makrifatul Ilmi (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Apa kabar sahabat skul, melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya ialah salah satu tahapan yang banyak lalui oleh setiap orang untuk memulai dalam menggapai kesuksesan. Salah satu tingkatan didunia pendidikan tinggi adalah jenjang perkuliahan. Sebelum menempuh studi dalam cakupan perkuliahan, ada beberapa hal harus dipikirkan bagi setiap calon mahasiswa baru, salah satunya yaitu menentukan prodi dan fakultas dengan tepat dan cermat. Artikel ini akan kami sampaikan mengenai daftar program studi pada salah satu sekolah tinggi di Provinsi Bengkulu yaitu STIT Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan.

daftar jurusan di stit makrifatul ilmi

Memahami Jurusan dan Fakultas

Sebelum masuk pada topik yang akan kita bahas mengenai daftar program studi di STIT Makrifatul Ilmi, terlebih dahulu kami akan sampaikan sedikit referensi pengertian dari jurusan dan fakultas.

1. Jurusan

Ada beberapa sumber yang memberikan definisi kepada jurusan, KBBI mendefinisikan jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Ekonomi Syariah, Profesi Dokter, Kimia dsb.

2. Fakultas

Ada beberapa sumber yang memberikan definisi kepada fakultas, KBBI mendefinisikan fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Fakultas adalah bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya FISIP yang didalamnya ada Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Sosiologi dsb.

Supaya mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Sekolah Tinggi (Institut Teknologi Medan, Universitas Indonesia, UGM) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (FITK, FST, Fakultas Teknologi Mineral). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur).

Sekilas Mengenai STIT Makrifatul Ilmi

Tak kalah dengan provinsi lain yang memiliki kampus unggulannya tersendiri seperti halnya Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan dll, tentunya Provinsi Bengkulu juga memiliki jajaran kampus favorit seperti STAIMU Mukomuko, IAIN Bengkulu, STIKES Sapta Bakti dsb.

Bukan hanya kampus yang telah kami jabarkan tadi saja yang merupakan kampus favorit di Bengkulu, rupanya Bengkulu masih memiliki kampus lainnya yang juga tak kalah favorit dari yang lain, kampus favorit tersebut adalah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan atau sering disebut STIT MI Bengkulu Selatan.

STIT Makrifatul Ilmi adalah satu dari banyak perguruan tinggi yang bergerak dibidang keislaman yang memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. Affan Bachsin Rt 7 Kelurahan Pasar Mulia Pasar Manna Bengkulu Selatan, Indonesia. Kampus ini telah berdiri sejak 10 Mei 2017.

Daftar Jurusan STIT Makrifatul Ilmi

STITMI Bengkulu Selatan sampai sekarang baru memiliki 2 buah jurusan yang masih berjalan. Langsung saja berikut daftar prodinya.
  1. S1 Pendidikan Agama Islam
  2. S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Dengan prestasinya yang banyak, tentunya hal tersebut menjadikan tingkat persaingan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ini selalu melonjak naik dengan begitu signifikan disetiap tahun-tahun penyeleksian mahasiswa. Dengan adanya pembahasan ini harapan kami semoga bisa membuka wawasan kita terkait prodi yang dibuka di STIT Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. adalah, apa, wikipedia.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments