Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Jurusan di STAI Miftahul Ulum Mukomuko (TERBARU)

Daftar Isi [show]

Soalskul.com - Daftar Jurusan di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Mukomuko. Hallo sahabat skul, melanjutkan pendidikan ialah salah satu tahapan yang banyak dilewati oleh setiap orang untuk memulai dalam mendapatkan sebuah kesuksesan. Salah satu tingkatan didunia pendidikan dengan skala tinggi adalah jenjang perkuliahan. Sebelum lanjut dalam menempuh studi dalam cakupan perkuliahan, ada beberapa hal yang mestinya dipikirkan bagi setiap calon mahasiswa baru, salah satunya yaitu memilih program studi dan fakultas dengan tepat dan cermat. Pada artikel ini kami akan menguraikan mengenai daftar program studi disalah satu sekolah tinggi di Bengkulu yaitu STAI Miftahul Ulum Mukomuko Bengkulu.

daftar jurusan di staimu mukomuko

Memahami Jurusan dan Fakultas

Sebelum masuk pada ulasan mengenai daftar program studi di STAI Miftahul Ulum Mukomuko, terlebih dahulu kami akan sampaikan sedikit referensi pengertian dari jurusan dan fakultas.

1. Jurusan

Ada beberapa sumber yang mendefinisikan jurusan, KBBI mendefinisikan jurusan sebagai "Bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yg bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, msl jurusan akuntansi, jurusan manajemen;". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Jurusan merupakan sebuah tempat yang didalamnya mempelajari ilmu yang lebih menjurus seperti prodi Kimia, Manajemen, Pendidikan Bahasa Jerman dsb.

2. Fakultas

Ada beberapa sumber yang mendefinisikan fakultas, KBBI mendefinisikan fakultas sebagai "Bagian perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan dan dipimpin oleh dekan". Dari penjelasan yang ditegaskan tadi, dapat kami simpulkan bahwa Fakultas adalah bagian dari universitas yang didalamnya menaungi jurusan yang sama dalam cakupan ilmunya. Seperti halnya Fakultas Teknologi Sipil dan Perencanaan yang didalamnya ada Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur dsb.

Supaya mempermudah kita dalam memahaminya, jadi Sekolah Tinggi (ITM Medan, UISU, UGM) menjadi wadah bagi banyak Fakultas (Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Sipil dan Perencanaan). Sedangkan Fakultas sendiri mewadahi untuk beberapa Jurusan yang memiliki satu frekuensi (Teknik Geologi, Teknik Pertambangan).

Sekilas Mengenai STAIMU Mukomuko

Tak mau ketinggal dengan provinsi lain yang memiliki kampus unggulannya masing-masing seperti halnya DKI Jakarta, Aceh, Jawa Barat dll, ternyata Provinsi Bengkulu juga memiliki beberapa kampus favorit seperti halnya STIKES Sapta Bakti, IAIN Curup, STIKES Al-Fatah dsb.

Bukan hanya kampus yang telah disebutkan tadi saja, rupanya Bengkulu masih memiliki kampus lainnya yang juga tak kalah favorit dari yang lain, kampus favorit tersebut adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Mukomuko atau sering disebut STAIMU Mukomuko.

STAIMU Mukomuko Bengkulu adalah satu dari sekian banyak sekolah tinggi yang bergerak dibidang keislaman dan memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Indonesia. Kampus ini beralamatkan tepatnya di Jl. Bengkulu - Muko-Muko, Sidodadi, Kec. Penarik, Kab. Mukomuko, Bengkulu, Indonesia.

STAI Miftahul Ulum merupakan sebuah sekolah tinggi yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Wonosobo. Didirikannya kampus ini didasarkan atas disetujuinya pendirian STAI Miftahul Ulum Mukomuko oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Kementerian Agama RI tertanggal 10 Juni 2010.

Daftar Jurusan STAIMU Mukomuko

STAI Miftahul Ulum Mukomuko Bengkulu hingga sekarang baru memiliki 2 buah program studi yang masih berjalan. Langsung saja berikut daftar prodinya.
  1. S1 Manajemen Dakwah
  2. S1 Manajemen Pendidikan Islam

Dengan prestasinya yang dimiliki, tentunya hal tersebut menjadikan tingkat persaingan di Sekolah Tinggi Agama Islam ini selalu melonjak naik dengan signifikan pada setiap tahun-tahun penyeleksian mahasiswa. Dengan adanya pembahasan ini harapan kami semoga bisa membuka wawasan kita mengenai prodi yang dibuka di STAIMU Mukomuko Bengkulu.

Jika kalian mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kalian ya
Baca :
Show comments